Sudah Tarawih, Witir. Bolehkah Lakukan Shalat Tahajud? Begini Kata Buya Yahya

Bingkaiberita.com – Banyak pertanyaan seputar bulan Ramadhan saat ini, terkait dengan Shalat tahajud di Bulan Ramadhan. Tidak ada salahnya untuk menanyakan ke Ahlinya yaitu Buya Yahya.

Sebagian orang langsung pulang selepas shalat tarawih dilaksanakan, dan ada pula yang mengerjakan Sholat Witir di Akhir Malam selepas Shalat Tahajud. Dan sebagian orang lagi mengerjakan Shalat Witir di Awal Malam setelah Sholat Tarawih. bagaimana dengan hukum mengerjakan sholat witir diawal dan diakhir waktu sebelum sahur.

Buya Yahya menjelaskan bahwa melaksanakan shalat Tahajud diperbolehkan dilaksanakan, meskipun sebelumnya sudah melaksanakan sholat witir di Awal Waktu setelah tarawih.

Namun, beliau menegaskan bahwa setiap muslim tidak boleh melaksanakan lagi sholat witir dua kali dalam semalam ini. Contohnya selepas isya’ ada seorang muslim yang melakukan tarawih setelah sholat isya’ dan diakhiri Witir. Sebelum makan sahur muslim tersebut melaksanakan Shalat Tahajud dan menutupnya dengan witir. Hal ini tidak diperbolehkan untuk dilakukan witri dua kali. Nah anda bisa lihat dari kisah riwayat hadist dua ini

Sahabat rasullulah yang bernama Abu Bakar senang melakukan sholat witir di awal waktu sebelum tidur sedangkan Sahabat lainnya yang bernama Umar bin Khatab lebih memilih untuk mengerjakan Sholat Witir di Akhir waktu setelah sholat Tahajud. Ada perbedaan diantara keduanya dan Rasulullah tidak mempersalahkannya. Namun kedua Sahabat tersebut melakukan Shalat Witir sekali saja.

Pertama, Witir yang dikerjakan sebelum tidur atau diawal waktu adalah boleh. Lakukan shalat tahajud sebanyak-banyaknya tanpa melakukan sholat witir kembali

Kedua, Witir yang dikerjakan diakhir waktu setelah bangun sholat tahajud juga sangat dianjurkan karena Umar bin Khatab melakukan penutupan dengan Sholat witir setelah mengerjakan shalat tahajud.

Semoga umat muslim yang budiman dapat mengerjakan dan memperbanyak amalan Sunnah yang lain di Bulan Ramadhan ini. Amin….

Sudah Tarawih, Witir. Bolehkah Lakukan Shalat Tahajud? Begini Kata Buya Yahya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5