Formasi 1 Juta ASN, Rekrutment Guru Honorer Jadi ASN PPPK 2023-2024

Bingkaiberita.com – Guru Honorer dan tenaga honorer yang sudah lewat ambang batas Pendaftaran CPNS bisa jadi Aparatur Sipil Negara PPPK .

Kesempatan emas ini akan diberikan kepada ujung tombak pendidikan yang masih berstatus honorer dengan kuota 1 Juta Guru untuk menjadi Aparatur Sipil Negara baik mereka yang mengajar di Sekolah Swasta maupun Negeri yang masuk di Data Pokok Pendidikan. Ataupun lulusan Pendidikan Profesi Guru yang tidak mengajar sekalipun.

Pendaftaran Seleksi PPPK ini tidak hanya untuk semua guru honorer melainkan bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) sekalipun dapat mengikuti seleksi guru menjadi Aparatur Sipil Negara dengan skema Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kontrak.

Setiap pelamar PPPK akan diberi kesempatan selama 3 kali ujian tes PPPK. Dan para pelamar juga sudah dibekali dengan kisi-kisi materi pembelajaran yang dapat dipelajari. Apabila pada ujian tahap pertama gagal masih ada dua kali ujian tes kembali untuk mengulangnya pada tahun yang sama. Sehingga setahun akan diberi kesempatan 3 kali. Anggarannyapun sudah disediakan, sehingga untuk daerah tak perlu khawatir mengajukan kebutuhan formasi.

Menurut data yang diambil dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bahwasanya jumlah guru ASN hanya 60 % dari kebutuhan yang seharusnya 100 persen hingga dalam kurun waktu 5 tahun ini terus menurun sehingga pelayanannya ke siswa tidak maksimal, Tinggi rendahnya kualitas guru inipun yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Selain itupun banyak guru honorer yang memiliki kompetensi yang baik namun tidak terjamin hidupnya. Melalui PPPK inilah mereka dapat dengan baik memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik sehingga dapat memperbaik kesejahteraan bagi paa guru honorer di berbagai wilayah Indonesia dengan cara membuka rekrutmen guru PPPK.

Sementara itu kementerian telah menempuh koordinasi, integrasi dan sinkornisi antar lembaga, kementrian dengan memetakan kebutuhan pegawai, alokasi, anggaran gaji pppk dan pengusulan formasi serta segala proses pelaksanaan penerimaan PPPK ini di tahun depan.

Rencana Seleksi Guru PPPK ini tidak dibatasi Kuotanya, semua guru yang hendak mendaftarkan diri untuk menjadi PPPK diperbolehkan sehingga tidak harus mengantri atau menunggu pendaftaran. Pemerintah hanya membatasi jumlah guru yang akan diterima tersebut sebanyak 1 juta guru.

Pada tahap pertama kemarin yang daftar di PPPK hanya sekitar 200 ribu pelamar sedangkan untuk kebutuhan Indonesia masih butuh banyak guru dan pemnda harus mengajukan formasi guru sebanyak-banyaknya untuk Jalur PPPK ini yang anggarannya nanti tidak ditanggung oleh Pemda melainkan dari pemerintah Pusat.

Kesempatan ini diberikan kepada guru honorer maupun lulusan PPG yang tidak mengajar sehingga memberikan ruang kesempatan yang adil untuk membuktikan kompetensi mereka sudah sejauh mana untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Masa Mendatang. sumber: kompas.com

Formasi 1 Juta ASN, Rekrutment Guru Honorer Jadi ASN PPPK 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5