Puasa Ramadhan Rukun Islam ketiga

Advertisement

Puasa Ramadhan 2013

Bingkaiberita.com–  Puasa Ramadhan 2013, Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim laki-laki maupun prempuan mulai dari terbit fajar sampar terbenamnya matahari dengan syarat-syarat dan ketentuan tertentu. Bulan puasa ini adalah salah satu bulan penuh barakah, rahmat dan ampunan dari 11 bulan yang lainnya. Bulan yang ditunggu-tunggu kedatanganya oleh orang-orang mukmin yang akan melaksanakan ibadah wajib yang telah termaktub dalam rukun islam setelah ibadah shalat.

Puasa Ramadhan merupakan Rukun Islam 3

Islam memiliki rukun-rukun dalam beragama, terutama dari rukun islam dan rukun iman rukun-rukun tersebut merupakan salah satu syarat terpenting manusia untuk masuk kedalam agama islam. Agama islam ini adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW sebagai penyempurnaan dari agama-agama lainnya.  Agama yang di bawa oleh Nabi-Nabi terdahulu atau disebut agama tauhid ini adalah agama yang memerintahkan untuk menyembah satu tuhan akan tetapi masih banyak masyarakat awam madinah yang menyembah asnam atau patung-patung yang dibuat dari batu menyerupai bentuk-bentuk hewan. Kedatang islam di Negri Arab tidak langsung diterima begitu saja, Mereka berdakwah dengan cara bersembunyi sembunyi dan tidak langsung berdakwah secara terang terangan. Dalam agama islam rukun-rukun Iman dibagi menjadi 6 yang pertama kali adalahPuasa Ramadhan 2013

  • Rukun Iman Pertama adalah Iman Kepada Allah
  • Rukun Iman kedua adalah Iman Kepada Nabi-Nabi Allah
  • Rukun Iman ketiga adalah Iman kepada Malaikat
  • Rukun Iman keempat adalah Iman kepada Wahyu-wahyu Allah
  • Rukun Iman kelima adalah Iman kepada  hari kiamat
  • Rukun Iman keenam adalah Iman kepada Qodho dan Qadar

dari kelima point rukun iman diatas iman kepada Allah merupakan salah satu rukun yang wajib untuk dipercaya karena arti iman sendiri adalah percaya dengan sepenuh hati.  Iman manusia di dunia ini bagaikan daun yang tipis tidak terselimuti oleh sesuatu yang kokoh karenadaun akan bisa goyang apabila diterpa angin yang kencang, Iman seseorang demikian apabila ada sesuatu hal yang besar yang datang maka tidak langsung menghadap sang pencipta yaitu Allah malah pergi ke dukun atau paranormal untuk meminta bantuannya hal semacam itu adalah salah satu perbuatan syirik atau menduakan Allah secara tidak langsung. Adapun rukun yang wajib setelah rukun iman atau percaya bahwa rukun diatas benar benar ada ketika kita mau masuk islam disuruh untuk mempercayai 6 rukun islam diantaranya sebagai berikut:

  • Rukun Islam Pertama adalah Mengucapkan Syahadat
  • Rukun Islam kedua adalah Shalat
  • Rukun Islam ketiga adalah Puasa
  • Rukun Islam keempat adalah zakat
  • Rukun Islam kelima adalah Pergi haji bagi yang mampu

Puasa termaktub dalam rangkaian rukun islam yang ke tiga setelah Shalat. Orang yang sudah masuk islam harus memperhatikan dan wajib mengerjakan beberapa rukun -rukun islam diatas khususnya setelah orang mengucapkan kalimat syahadat setelah itu harus mengerjakan ibadah Shalat yang memiliki qaidah qaidah dan gerakan -gerakan sendiri dalam mengerjakannya yang dimulai dari iftitah sampai dengan salam.

Islam merupakan salah satu agama yang paling banyak di minati oleh masyarakat indonesia dan beberapa negara di timur tengah sudah menganggap bahwa negara mereka adalah negara islam dengan menggunakan sistem sistem yang telah ada di Al-quran akan tetapi masih ada salah satu sistem pemerintahan islam yang belum digunakan yaitu sistem khalifah dimana sistem ini mampu menjadikan sebuah masyarakat yang makmur dan tidak banyak ada pertentangan dan perselisihan seperti yang telah di terapkan oleh Rasullulah Muhammad SAW Karena antara umat beragama satu dengan yang lainnya terdapat toleransi kerukunan beragama.

Puasa ramadhan merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang wajib dilaksanakan dengan niat yang tulus dan mengharapkan ridho Allah SWT. Dalam Ramadhan tersebut terdapat salah satu rahmat yang besar, berkah dan pengampunan dosa setelah kita melakukan ibadah selama 30 hari penuh  puasa maka umat islam diwajibkan untuk berzakat karena kelengkapan seseorang dalam puasa adalah berzakat. Puasa ramadhan di Indonesia ini membawakan dampak positif bagi kalangan-kalangan pedagang dan beberapa kalangan lainnya karena pada saat itulah orang beramai ramai untuk menyambut datangnya waktu puasa dan setelahnya dan Akan tetapi dalam penentuan waktu hari berpuasa di Indonesia masih sangat kurang karena banyak perbedan-perbedaan pendapat dalam menentukan hari dalam berpuasa di bulan ramadhan. Jadwal Puasa Ramadhan yang ada pada pemerintahan tidak lagi digunakan karena ada yang menggunakan rukyah dan menggunakan perhitunga hari atau disebut dengan cara hisab dalam islam.

Demikianlah ulasan kami tentang Puasa Ramadhan yang merupakan salah satu rukun islam ketiga dari rukun-rukun islam lainnya semoga menjadi amal untuk memperbaiki amal-amal kita yang rusak dan menjadikan salah satu amal yang dapat menghapus dosa-dosa kita baik disengaja maupun perbuatan dosa yang tidak disengaja.

 

 

 

 

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Puasa Ramadhan Rukun Islam ketiga | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5