Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Ta 2024-2025

Bingkaiberita.c0m- Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa disingkat PKM merupakan program yang diluncurkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti dalam rangka menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Program ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, dan tanggung jawab, membangun kerjasama tim, dan mengembangkan kemandirian dengan kegiatan yang kreatif dalam bidang yang ditekuni.

Secara umum, tujuan PKM adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi SDM yang berorientasi ke masa depanyang ditempa dengan pendidikan tinggi untuk menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila. Selain itu juga untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Tahun 2021 ini, PKM akan kembali digelar. Pada tahun 2020 pelaksanaan PKM dilakukan secara daring. Tahun 2021 ini PKM akan dilaksanakan secara blended, baik daring maupun luring.

Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa

Ada 8 skema yang akan dilaksanakan pada PKM tahun ini, yaitu PKM Riset (PKM-R), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Secara umum, keseluruhan skema PKM mensyaratkan bahwa peserta adalah mahasiswa pendidikan strata 1 (S1) dengan anggota 3-5 mahasiswa. Jadi pada tahun pelaksanaan PKM, peserta belum menjadi sarjana.

Topik PKM tidak dibatasi, tetapi diutamakan mengambil topik kekinian atau topik utama Sustainable Developmens Goals (SDGs). Mahasiswa diajak untuk menuju merdeka kampus, misal berinteraksi ddengan masyarakat di luar kampus baik masyarakat pengusaha (orientasi profit) maupun masyarakat non profit.

Berikut Kriteria untuk masing- masing skema PKM:

  1. PKM Riset (PKM-R)

Inti kegiatan PKM-R adalah pengamatan mendalam berbasis pada iptek dalam rangka mengungkap informasi baru. PKM ini bisa dibuat sesuai dengan bidang ilmu, tetapi lebih dianjurkan untuk lintas bidang. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, artikel ilmiah, dan/atau produk program. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Kewirausahaan (PKM-K)

Inti kegiatan PKM-K adalah menghasilkan produk iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa. PKM ini tidak terikat pada bidang ilmu. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, dan produk usaha. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM)

Inti kegiatan PKM-PM adalah menghasilkan solusi iptek bagi mitra non profit, baik secara teknologi atau manajemen. PKM ini tidak terikat pada bidang ilmu. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, dan/atau produk program. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI)

Inti kegiatan PKM-PI adalah menghasilkan solusi iptek bagi mitra profit, baik secara teknologi atau manajemen. PKM ini bisa dibuat sesuai dengan bidang ilmu, tetapi lebih dianjurkan untuk lintas bidang. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, dan/atau produk program. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Karsa Cipta (PKM-KC)

Inti kegiatan PKM-KC adalah menghasilkan karya yang berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional. PKM ini bisa dibuat sesuai dengan bidang ilmu, tetapi lebih dianjurkan untuk lintas bidang. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, dan prototipe atau produk fungsional. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)

Inti kegiatan PKM-GFK adalah isu SDGs dan isu nasional. PKM ini bisa dibuat sesuai dengan bidang ilmu, tetapi lebih dianjurkan untuk lintas bidang. Output yang diharapkan meliputi laporan kemajuan, laporan akhir, dan video yang diunggah ke Youtube. Pendanaan untuk skema ini antara 5-10 juta rupiah.

PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Inti kegiatan PKM-R adalah membuat karya tulis yang memuat ide berupa perubahan di masa depan. PKM ini tidak terikat bidang ilmu. Output yang diharapkan berupa artikel ilmiah yang memuat konsep perubahan atau pengembangan. Pendanaan untuk skema ini berupa insentif 3 juta rupiah.

PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Inti kegiatan PKM-R adalah menulis artikel ilmiah yang diperoleh dari hasil kegiatan akademik mahasiswa . PKM ini bisa dibuat sesuai dengan bidang ilmu, tetapi lebih dianjurkan untuk lintas bidang. Output yang diharapkan berupa artikel ilmiah. Pendanaan untuk skema ini berupa insentif 3 juta rupiah.

Alur perjalanan seluruh skema PKM akan bermuara pada PIMNAS dan menghasilkan e-proceeding, kecuali PKM-AI. PKM-AI telah berwujud artikel ilmiah sehingga tidak relevan didiskusikan dalam PIMNAS. Namun PKM-AI nantinya akan diterbitkan dalam bentuk e-journal atau jurnal ilmiah.

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Ta 2024-2025 | Annisa Halimatus Sadiyah | 4.5