Login pip.kemdikbud.go.id Cek Penerima Bantuan PIP SD, SMP, SMA

Advertisement

Bingkaiberita.com– Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program pemerintah  yang dicanangkan untuk para peserta didik yang saat ini mengenyam pendidikan mulai SD/SMP/SMA ataupun pendidikan non formal dari paket A hingga paket C  yang tergolong miskin dan rentang miskin untuk membantu anak mendapatkan pelayanan pendidikan sampai tamat di pendidikan menengah.

Login PIP.Kemdikbud.go.id merupakan salah satu website resmi dari kementerian pendidikan yang menyediakan informasi seputar penyaluran dana program bantuan pendidikan (PIP). Apakah anda termasuk bagian dari bantuan pendidikan pemerintah? boleh jadi anda mendapatkan bantuan pemerintah melalui dana PIP, namun selama ini anda tidak mendapatkan dana tersebut. Bisa anda cek diwebsite resmi tersebut.

 

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program pemerintah dalam layanan pendidikan yang bekerjasama dengan Kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian sosial, dan kementerian agama.

 

Melalui program bantuan pendidikan inilah, pemerintah sudah berkontribusi lama dalam mencegah para siswa yang miskin dan rentan miskin untuk tidak putus sekolah. Sehingga mereka dapat merasakan pendidikan dan melanjutkan pendidikannya sampai pendidikan menengah. Melalui program tersebut siswa miskin juga  diharapkan dapat membiayai pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Dalam pelaksanaannya saat ini, dana bantuan PIP diberikan kepada para siswa yang memiliki KIP atau Nomer Kartu Indonesia Pintar yang nantinya siswa harus menghubungi pihak operator sekolah untuk memasukkan nomer KIP tersebut kedalam Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Bagi siswa yang tidak memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) meskipun dari keluarga yang tidak mampu, maka mereka tidak dapat menerima bantuan tersebut karena dana bantuan Pendidikan PIP ini hanya diberikan oleh yang berhak menerima, jadi satu siswa miskin mendapatkan satu KIP.

 

Siswa juga dapat membawa Kartu Keluarga Sejahtera  bagi yang akan mendaftar ke lembaga pendidikan yang dipilihnya.

 

Jika kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tidak dimiliki orang tua, maka si orang tua tersebut harus meminta Surat keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT ataupun RW untuk melengkapi syarat pendaftaran KKS tersebut.

 

Besaran DANA Program Indonesia Pintar

 

Adapun dana program indonesia pintar yang didapatkan oleh peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:

 

1. Jenjang pendidikan tingkat SD/MI/Paket A akan mendapatkan uang sebesar 450 ribu pertahun

2. Jenjang pendidikan tingkat SMP/MTS/Paket B akan mendapatkan uang sebesar 750 ribu pertahun

3. Jenjang pendidikan tingkat SMA/SMK/MA/Paket C akan mendapatkan uang sebesar 1 juta pertahun

 

 

Dana Bantuan PIP yang akan diberikan oleh peserta didik dapat digunakan untuk membiaya biaya pribadi, melengkapi peralatan perlengkapan sekolah atau kursus, digunakan untuk uang saku, biaya transportasi, biaya praktik , uji komptensi dan lainnya.

 

Cek Penerima Bantuan PIP

CEK Penerima PIP

Bagi anda yang memiliki KIP dan Masuk dalam golongan  penerima bantuan dana PIP bisa cek ke program Si Pintar dari kemdikbud dengan cara sebagai berikut

 

pertama, silahkan anda login https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn

 

kedua, masukkan data NISN yang anda miliki

 

ketiga, masukkan tanggal lahir

 

keempat, silahkan anda masukkan nama ibu kandung.

 

Kelima, silahkan anda tekan tombol cek datanya.

 

Jika anda penerima dana bantuan PIP maka akan keluar atau muncul nama anda yang mendapatkan bantuan tersebut.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Login pip.kemdikbud.go.id Cek Penerima Bantuan PIP SD, SMP, SMA | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5