Pengajuan NUPTK Bagi Tenaga Kependidikan Lulusan SMA

NUPTK atau singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan tidak hanya dimiliki oleh seorang guru, melainkan juga tenaga administrasi sekolah yang notabene mereka adalau lulusan dari Sekolah Menengah Atas ataupun Kejuruan.

Untuk Pengajuan NUPTK lulusan SMA memang hampir sama dengan cara mengajukan NUPTK bagi lulusan Satrata Satu namun beberapa problematikan yang harus dihadapi oleh tenaga administrasi sekolah dari lulusan SMA selain dari jaringan yang tidak setabil atau Dinas Pendidikan yang jauh, satu hal yang penting adalah dokument yang tidak lengkap karena tenaga administrasi tersebut hanya memiliki ijazah lulusan SMA sederajad.

Nah, kesempatan kali ini kami akan memberikan solusi agar para operator dapat mengakalinya sehingga dokumen yang diajukan bisa lengkap dan bisa mendapatkan NUPTK. Karena memang tenaga administrasi sekolah masih boleh dari lulusan SMA sedangkan untuk Guru harus dari lulusan Strata Satu dan wajib memiliki ijazah S1. Bagi yang sudah terlanjur sejak dahulu mengajar yang masih lulus SMA mereka dapat mengajukan beasiswa bantuan S1 dari kemdikbud dengan login simpkb.

Pengajuan NUPTK Bagi Lulusan SMA

https://www.bingkaiberita.com/syarat-pengajuan-nuptk-non-pns/

Bagi yang hendak mengajukan NUPTK, yang perlu dipersiapkan adalah beberapa dokument berkas yang sudah diSCAN seperti SK Asli Penugasan dari Dinas Pendidikan, KTP ASLI yang sudah di SCAN, IJAZAH SD yang sudah di SCAN, Ijazah SMA yang sudah Di SCAN dengan ukuran masing-masing dokument tidak lebih dari 2 M dengan bentuk PDF. Setelah syaratnya sudah dipersiapkan maka para operator bisa langsung mengajukan di Verval NUPTK

Pertama , Silahkan anda persiapkan laptop dan internet untuk mengakses link pengajuan nuptk yang dapat dikunjungi di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Kedua, Kemudian operator login SSO dengan menggunakan akun data Dapodik.

Ketiga, Di Dashboard Verval NUPTK anda pilih menu “pengajuan NUPTK” Maka akan terlihat semua daftar guru dan tenaga administrasi yang belum memiliki NUPTK

NUPTK

Keempat, Setelah itu silahkan anda klik tenaga administrasi yang sudah mengumpulkan persyaratan dokument yang anda minta dalam bentuk pdf tersebut dengan mengklik tombol ajukan PTK dan muncul laman berkas yang harus anda unggah.

Kelima, Silahkan anda unggah seluruh dokument yang diminta, namun ketika dihadapkan pada dokument S1/ atau Diploma 4 anda bisa unggah kembali Ijazah SMA, sehingga ijazah anda upload atau unggah sebanyak dua kali

Cara Pengajuan NUPTK

Keenam, silahkan anda pastikan seluruh dokument sudah benar pengunggahnya, kemudian anda ajukan NUPTK bagi tenaga administrasi yang lulus SMA tersebut. Ada beberapa tenaga kependidikan di sekolah selain administrasi yang bisa diajukan NUPTKnya.

Verval NUPTK

Ketujuh, silahkan anda lanjutkan untuk menunggu proses penerbitan NUPTK hingga Selesai di approve oleh beberapa lembaga.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang saat ini akan melakukan Pengajuan NUPTK bagi Tenaga Administrasi Sekolah lulusan SMA. Dan semoga anda tecerahkan dengan tutorial ini.

Pengajuan NUPTK Bagi Tenaga Kependidikan Lulusan SMA | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5