Pendaftaran Ujian Masuk Sarjana S1 D3 Undip Ta 2023-2024

um.undip.ac.id — PMB UNDIP, Pendaftaran UNDIP Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNDIP, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur UM UNDIP, Bidikmisi, Universitas Diponegoro, UNDIP

Universitas Diponegoro  merupakan salah atu kampus terfavorit yang ada di pulau jawa, setelah anda mendapatkan hasil ujian nasional akan lebih baik anda mengenal sedikit kampus yang akan anda pilih, sebelum anda melangkah lebih jauh untuk melakukan pendaftaran menjadi calon mahasiswa baru Universitas Diponegoro akan lebih baiknya anda mengenal seluk beluk secara singkat terkait kampus ini.

Pendaftaran UM UNDIP
Selayang Pandang UNDIP
Diponegoro merupakan salah satu nama pejuang yang ada di Indonesia yaitu Pangeran Diponegoro, mengambil nama dari seorang pahlawan diharapkan UNDIP menjadi salah satu kampus terbaik dalam bidang penelitian. UNDIP terletak di Kota Semarang Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1957, Memang sudah agak lama kampus tersebut berdiri ditanah semarang sehingga, lokasi kampusnya tersebar di Kota Semarang dan Jepara. adapun fakultas dan program studi yang ada di Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu kampus unggulan yang ada di UNDIP, fakultas ini memiliki beberapa Program Studi yaitu Kedokteran Umum, Keperawatan, Gizi, Dokter Spesialis, Magister Biomedik, Magister Ilmu Gizi, dan Magister Keperawatan.
Fakultas Teknik adalah salah satu fakultas yang paling diminati oleh para pelajar SMA ataupun SMK karena terkait dengan ketrampilan. Untuk program Studi yang tersedia untuk fakultas teknik ini adalah seperti Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perancangan Wilayah Dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, dan Teknik Siskom.
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Oseanografi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, dan Ilmu Kelautan
Fakultas Sains dan Matematika terdiri dari Program Studi Matematika (S1, S2), Biologi (S1, S2), Kimia (S1, S2), Fisika (S1, S2), Statistika (S1), Informatika (S1), dan Insel (D3).
Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen (S1 dan S2), IESE (S1), Akuntansi (S1), Doktor Ilmu Ekonomi (S3), MAKSI (S2), dan MIESP (S2).
Fakultas Peternakan dan Pertanian. Jurusan Peternakan terdiri dari D3 MUP, S1 Peternakan, S2 MIT, dan S3 DIP. Jurusan Pertanian terdiri dari S1 Agribisnis, S1 Agroekotek, S1 Tek Pangan, dan S2 Agribisnis.
Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum (S1, S2, S3), dan Kenotariatan (S2).
Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Magister Susastra (S2), Magister Linguistik (S2), Magister Ilmu Sejarah (S2), Sastra Inggris (S1), Sastra Indonesia (S1), Sejarah (S1), Ilmu Perpustakaan (S1), Sastra Jepang (S1), Antropologi Sosial (S1), Kearsipan (D3), Bahasa Inggris (D3), Perpustakaan dan Informasi (D3), dan Bahasa Jepang (D3)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Doktor Administrasi Publik (S3), Doktor Ilmu Sosial (S3), Magister Ilmu Administrasi (S2), Magister Ilmu Komunikasi (S2), Magister Ilmu Politik (S2), Ilmu AdministrasiPublik (S1), Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi (S1), Administrasi Bisnis (S1), Hubungan Internasional (S1). Hubungan Masyarakat (D3), Pertanahan (D3), Keuangan Daerah (D3), Manajemen Pemasaran (D3), Administrasi Perkantoran (D3).
Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (S1), Biostatistik dan Kependudukan (S1), Epidemiologi dan Penyakit Tropik (S1), Kesehatan Lingkungan (S1), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S1), Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (S1), Magister Promosi Kesehatan (S2), Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Magister Kesehatan Lingkungan (S2), dan Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (S3).
Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi.

Itulah gambaran singkat terkait dengan sekilas universitas diponegoro, fakultas dan program studi yang ada di Universitas Diponegoro, Sekilas tentang pendaftaran anda sebaiknya mengetahu secara pasti kapan dibuka pendaftaran dan bagaimana langkah mendaftar agar menjadi calon mahasiswa baru universitas diponegoro sesuai dengan program studi yang anda pilih, Untuk info lebih lengkap silahkan anda baca panduannya sebagai berikut:

Jadwal Test & Jalur UM UNDIP

Untuk masuk di Universitas Diponegoro menjadi mahasiswa baru dapat melalui berbagai cara. Adapun untuk penerimaan mahasiswa baru dapat melalui  jalur sebagai berikut.

Pendaftaran UM UNDIP Jalur SNMPTN

Untuk penerimaan masuk jalur SNMPTN UNDIP hanya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi disekolah dengan mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah dengan menunjukakan prestasi setiap semesternya  melalui dua cara pengisian  data di PDSS oleh kepala sekolah selanjutnya dapat dilakukan melalui website resmi yang berada di www.snmptn.ac.id

Pendaftaran UM UNDIP Jalur SBMPTN

Bagi yang tidak diterima di jalur SNMPTN bagi siswa yang memiliki prestasi dengan daya saing yang tinggi dapat melakukan pendaftaran melalui jalur ujian seleksi bersama untuk perguruan tinggi negeri  dengan menentukan pilihan di Universitas Diponegoro (UNDIP) sesuai dengan piliha program studi Info lebih lanjut bisa anda buka Pendaftaran SBMPTN.

Pendaftaran UM UNDIP Jalur Mandiri

Selain Untuk Pendaftaran Ujian SNMPTN & SBMPTN UNDIP ta   seleksi juga dilakukan melalui ujian mandiri yang akan  Diselenggarakan  biasanya diselenggarakan pada bulan Mei  Dan Secara umum persyaratan Ujian Mandiri salah satunya adalah sebagai berikut: Siswa pendaftaran merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2016, 2015 dan 2014. yang memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi.

Pilihan Seleksi dan Biaya Pendaftaran

SAINTEK (IPA) : 2 pilihan program studi SAINTEK. Biaya Pendaftaran Rp.300.000 (Lokal Semarang) dan Rp 375.000 (Bagi peserta tes yang memilih lokasi luar Semarang)
SOSHUM (IPS) : 2 pilihan program studi SOSHUM. Biaya Pendaftaran Rp.300.000 (Lokal Semarang) dan Rp 375.000 (Bagi peserta tes yang memilih lokasi luar Semarang)
CAMPURAN (IPC): 3 pilihan program studi (SAINTEK+SOSHUM). Biaya Pendaftaran Rp.350.000 (Lokal Semarang) dan Rp 425.000 (Bagi peserta tes yang memilih lokasi luar Semarang)
Proses Verifikasi/Pengesahan Peserta Ujian

Proses verifikasi/pengesahan pendaftaran akan dilaksanakan 1 jam sebelum Ujian tertulis Persyaratan untuk verifikasi : kartu ujian, kartu identitas, FC Ijazah/Surat keterangan lulus. Verifikasi/pengesahan pendaftaran dilakukan di ruang ujian setelah peserta duduk sesuai nomor peserta Ujian

Materi Ujian Mandiri yang akan diujikan pada hari H adalah sebagai berikut:

  • untuk Jurusan SAINTEK (IPA) materi yang akan diujikan adalah : Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia-
  • Untuk Jurusan SOSHUM (IPS) materi yang akan diujikan adalah: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, IPS Terpadu (Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi), Bahasa Inggris, Kewarganegaraan,
  • Untuk Jurusan Campuran( IPC)  , materi yang akan diujikan adalah: Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika,Kimia

Jadwal Ujian Tulis : 4 Juni 2016

SAINTEK (IPA) 07.30-08.00 WIB Verifikasi & Pengisian Biodata pada LJU
08.00-10.30 WIB Kemampuan SAINTEK
SOSHUM (IPS) 12.45-13.00 WIB Verifikasi & Pengisian Biodata pada LJU
13.00-15.30 WIB Kemampuan SOSHUM
CAMPURAN (IPC) 07.30-08.00 WIB Verifikasi & Pengisian Biodata pada LJU
08.00-10.30 WIB Kemampuan SAINTEK
11.00-12.45 WIB Istirahat
12.45-13.00 WIB Pengisian Biodata pada LJU
13.00-14.30 WIB Kemampuan SOSHUM

Lokasi Ujian Tertulis: Semarang, Jepara,Yogyakarta,Jakarta,Bekasi,Tangerang,Cibubur,Bandung,Surabaya,Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarbaru, Batam, Bandar Lampung, Balikpapan,Bontang,Denpasar,Mataram,Makasar. Bagi yang dinyatakan lolos akan akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016. Bagi yang sudah diterima maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan Pendaftaran ulang peserta  pada tanggal 2-13 Juli 2016

Tata Cara Pembayaran UNDIP

a. Melalui internet banking bank mandiri, bank BNI :

Lakukan login ke Situs Bank Mandiri dengan User ID dan PIN Internet Banking Bank Mandiri Saudara. Atau langsung ke >> Sini
Pada menu utama, pilih menu ‘Bayar’ kemudian pilih menu ‘Pendidikan’.
Pada combo box ‘Dari Rekening’, pilih rekening Saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi.
Pada combo box ‘Penyedia Jasa’, pilih 10004 Universitas Diponegoro.
Masukkan ‘No. PIN’ (11 digit) yang telah didapat pada pendaftaran ‘get pin’ pada kotak isian No_peserta/NIM/Bill_Key yang tersedia kemudian klik ‘Lanjutkan’
Kemudian identitas anda akan muncul beserta biaya pendaftaran yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda (v).
Jika data telah sesuai, klik tombol ‘ Lanjutkan’.
Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari Token PIN Mandiri lalu klik tombol ‘Kirim’.
b. Pembayaran lewat ATM (Bank Mandiri dan BNI) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

ATM Bank Mandiri :
1. Pilih menu ‘Pembayaran’.
2. Pilih ‘Pendidikan’.
3. Masukkan kode perusahaan: 10004 (Universitas Diponegoro) kemudian tekan ‘BENAR’.
4. Masukkan No. PIN (11 digit) (sebagai bill key) yang didapat dari pendaftaran.
5. Tekan tombol ‘BENAR’.
6. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran anda kemudian tekan ‘1’ jika data telah sesuai.
7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
8. Transaksi telah selesai.

ATM Bank BNI ’46 :

1. Pilih menu ‘Pembayaran’
2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih ‘Student Payment Center’
3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode
4. Tekan tombol ‘BENAR’.
5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.
7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
8. Transaksi telah selesai.

Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI’46 / BTN / Mandiri/ BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM Undip. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank. Peringatan penting : Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa dilakukan melalui TELLER

sumber resmi dari: um.undip.ac.id

Pendaftaran Ujian Masuk Sarjana S1 D3 Undip Ta 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5