Pendaftaran STPN Ta 2021, 2022 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional )

Advertisement

Pendaftaran STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional )-  Stpn atau dikenal dengan sekolah tinggi pendidikan ikatan dinas yang bersistem asrama. sekolah tinggi ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai karakter berbeda dengan kuliah-kuliah lainnya yang ada karena memang STPN merupakan sekolah ikatan dinas yang berada dibawah kementerian pertanahan. STPN ini terletak di Daerah Istimewa  Yogyakarta tepatnya di Jalan Tata Bumi No 5 Gamping sleman Yogyakarta  55293.

Pendaftaran STPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional atau yang sering disebut dengan STPN ini adalah salah satu  sekolah yang mahasiswanya tidak langsung diangkat calon pegawai negeri sipil, melainkan lulusan mahasiswa harus melaporkan ke dinas pertanahan untuk jalur magang, dan mereka harus mendaftarkan cpns apabila memang ada pendaftaran cpns pada lingkungan dinas pertanahan.

Memang saat ini banyak permasalah yang terjadi pada bagian pertanahan, mulai dari perengketaan tanah akibat hak milik, penipuan pertanahan dan lain sebagainya sehingga para lulusan dari stpn dapat menjadi pioner pertama dalam menyelesaikan masalah tersebut dalam hal pertanahan.  Jangan sampai mereka ikut berpartisipasi dalam hal tindak kriminal dalam pertanahan.

STPN

A. Penerimaan STPN 2021

Penerimaan STPN dapat dilihat infonya melalui website resminya yang ada di stpn.ac.id sebagai salah satu info yang resmi, sehingga website ini sebagai salah satu penunjang bagi anda yang belum mengetahui secara jelas bagaimana terkait dengan info STPN.

Salah satu keunggulan dari sekolah yang berikatan dinas adalah Ketika lulus dari Sekolah tersebut bisa langsung terjun ke Kantor Dinas Bagian Pertanahan, Yang Mana Sekolah ini sudah berubah nama dari Akedemi Agraria menjadi sekolah tinggi pertanahan dengan maksud dan tujuan yang sesuai dengan keahliannya.

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ini bersistemkan Asrama.  Para Mahasiswa diwajibkan untuk tidur dan makan dilingkungan asrama selama satu tahun, pendidikan ini sudah berlangsung sejak lama sesuai dengan bidang keahlian dan kemandiriannya.

asrama mahasiswa STPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional mempunyai 2 Program Fakultas  yaitu Program D1 untuk  Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dan Program D1v dengan jurusan Manajemen pertanahan dan jurusan perpetaan. Selain dari kedua program tersebut tidak ada lagi karena sekolah ini adalah sekolah ikatan dinas.

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional pada Tahun Akademik 2019, 2020, 2021 membuka pendaftaran Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dengan ketentuan sebagai berikut:

 

B. Persyaratan Pendaftaran STPN

  1. Lulusan SMA/SMU atau Madrasah Aliyah Jurusan IPA dan SMK/STM Jurusan Bangunan, Survey Pemetaan, Komputer, Geologi Pertambangan dan/atau jurusan yang linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
  2. Usia maksimum 23 tahun pada tanggal 31 Agustus 2018.
  3. Nilai rata-rata mata pel ajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima).
  4. Tinggi badan minimum, Perempuan: 160 cm, Laki-laki: 165 cm.

C. Jadwal Pendaftaran STPN 2021

  1. Pendaftaran Online Tanggal XX Juni s.d. XX Juni 2021
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tanggal XX Juli 2021

Selengkapnya dibawah ini:

NOTahapanTanggal
1Pendaftaran online, pengisian formulir online4 juni- 2 juli
dan pembayarannya
2Pengumuman hasil seleksi administrasi,3-5 juli
Jadwal Ujian CBT, dan Cetak kartu ujian
3Pelaksanaan Ujian tes Komputer (CBT)12 s/d 17 juli
4Pengumuman hasil Kelulusan CBT19 juli
5Tes Kesehatan, kesemaptaan, wawancara dan validasi berkas21-24 juli
6Pengumuman tahap akhir25 juli
7Registrasi Online26 s/d 31 juli
8Masuk Asrama
Prodi Diploma 126-27 agustus
Prodi Diploma 4februari 2022
9Pengenalan kehidupan kampus taruna baru1-4 sep
10Perkuliahan prodi d4 dan d1 online20-Sep
11Latihan dasar kedisiplinan (Latsardis) Prodi D4Feburari 2020

 c.1. Tanggal Pendaftaran STPN

KEGIATANTANGGAL
UJIANPENGUMUMAN
Ujian Tertulis Juli Juli
Ujian Kesehatan,  Stereoskopis dan Wawancara September  September
Ujian Fisik/JasmaniSeptember

NB: Apabila ada perubahan jadwal akan diumumkan kemudian.

 

D.    Tutorial Pendaftaran STPN Jogja

  1.   Pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.stpn.ac.id atau www.ptb-stpn.ac.id/jalum
  2. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus membaca dengan seksama Ketentuan umum, Syarat-syarat dan Alur Pendaftaran yang dimuat di halaman depan Aplikasi PCT STPN Online(www.ptb-stpn.ac.id).
  3. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN  harus mempunyai akun email yahoo atau gmail.
  4. Calon Peserta PCT STPN mendaftarkan email ke Aplikasi PCT STPN Online.
  5. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran PCT STPN melalui email yang sudah terdaftar.
  6. Calon Peserta PCT STPN membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,- (seratus tujuh puluh lima  ribu rupiah). berdasarkan PP No.128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan BPN RI dengan mencantumkan nama pendaftar dan nomor tagihan.
  7. Pembayaran ditujukan kepada: Bendahara Penerimaan STPN Yogyakartanomor rekening: 137-0076676671Bank Mandiri Cabang Godean.
  8. Pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PCT D-I PPK-STPN 2014, Nama Pendaftar dan Nomor Tagihan. Contoh Pengisian Slip dapat diunduhdi sini.
  9. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id/jalum);
  10. Calon Peserta PCT STPN : ( Bagi yang sudah mengunggah bukti pembayaran akan menerima pemberitahuan username dan password yang bisa digunakan untuk Login dan mengisi formulir pendaftaran)
  11. Calon Peserta PCT STPN mengisi dan mencetak formulir, surat pernyataan, dan label map pada Aplikasi PCT STPN Online.
  12. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnya kepada :
  13. Pada bagian luar Amplop berkas harus ditempel Label Map yang dicetak dari Aplikasi PCT STPN Online.
  14. Berkas Pendaftaran harus masuk Kotak Pos 1216 Yogyakarta 
  15. Calon Pendaftar PCT STPN dapat memperoleh informasi tanggal penerimaan berkas oleh Panitia melalui Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id/jalum) dengan Login ke Aplikasi dan menggunakanmenu  Status Berkas.

     16. Berkas yang dikirim selain kepada alamat di atas (Kotak Pos 1216 Yogyakarta), tidak akan diproses.

17.Berkas pendaftaran terdiri dari:

  • Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  • Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun ) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu)  lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
  • Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
  • Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program DI PPK STPN , termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yang ditandatangani di atas meterai (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.

18.   Seluruh isi berkas pendaftaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan.

19.   Berkas pendaftaran yang telah diterima oleh Panitia dan Biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diminta kembali.

20.   Berkas yang dikirim harus lengkap, panitia tidak melayani berkas susulan.

 

E. Berkas Dokument Pendaftaran STPN

Nah, berkas apa saja yang nantinya diunggah di sistem pendaftaran STPN? adapun berkas dokument yang harus diunggah dan dipersiapkan sejak sekarang adalah hasil SCAN yang berupa

1. Dokument yang berupa SCAN Asli Ijazah SMA dan Transkrip nilai bagi Program Studi Diploma 4 dan upload di kolom rapor kelas X Semester 1
2. Dokument yang berupa SCAN Asli KTP dan kartu keluarga
3. Dokument yang berupa SCAN Asli Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK)
4. Dokument yang berupa SCAN Asli Surat Pernyataan tidak menuntuk diangkat menjadi CPNS bermateri 10 ribu
5. Dokument yang berupa SCAN Asli surat pernyataan bahwa data yang diisikan adalah benar dengan materai 10 ribu
6. Dokument yang berupa SCAN Asli Surat pernyataan wajib tidak hamil sampai dengan semester akhir dan tidak menikah selama menjalani masa pendidikan dengan materi 10 ribu

 

F.     Pelaksanaan Pendidikan dan Ujian

Pelaksanaan Ujian

Ujian Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral terdiri dari:

  • Ujian Tertulis
  • Ujian Kesehatan
  • Ujian Stereoskopis
  • Ujian Wawancara
  • Ujian Fisik /Jasmani

Lokasi Ujian bertempat di Yogyakarta.

Biaya Ujian Kesehatan dan Ujian Fisik/Jasmani dibebankan pada Peserta Ujian.

Pelaksanaan Pendidikan

Pelaksanaan pendidikan akan diawali dengan kegiatan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan, dilanjutkan perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September

Selama mengikuti pendidikan Taruna wajib tinggal di Asrama Taruna Bhumi STPN dan mentaati peraturan yang berlaku.

F. Biaya Kuliah STPN

Biaya pendidikan sebesar Rp. 49.750.000,-. (Empat puluh sembilan  juta tujuh ratus lima puluh  ribu rupiah). (untuk porgam pendidikan diploma empat)

Sedangkan untuk program diploma satu biaya pendidikan sebesar Rp. 12.505.000 (dua belas juta, lima ratus ribu lima ribu rupiah)

 1.Program Studi Diploma IV Pertanahan

NoUraianBiaya (Rp.)
1BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER I 8.860.000
2BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER II5.850.000
3BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER III6.450.000
4BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER IV5.755.000
5BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER V5.580.000
6BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VI4.680.000
7BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VII5.755.000
8BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VIII6.820.000
Total49.750.000

2. Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral

NoUraianBiaya (Rp.)
1BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER I3.810.000
2BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER II 8.695.000
Total12.505.000

Keterangan:

  1. Biaya belum termasuk biaya lain-lain swakelola Taruna .
  2. Tarif dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perubahan peraturan yang berlaku.

 Catatan

Taruna Program Studi D-I PPK STPN bukan Taruna Ikatan Dinas. Dengan demikian lulusan Program Studi dimaksud tidak secara otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

G. Gaji Lulusan STPN

STPN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan namun bukan ikatan dinas sehingga bagi lulusnnya tidak menjadi pegawai negeri sipil. Namun, maksud kedinasan disini langsung ditempatkan di Kantor BPN dengan Status Magang atau honor. Mahasiswa STPN harus melapor dahulu ke Kantor Wilayah BPN masing-masing daerah untuk bekerja dan juga dapat mengikuti ujian tertulis CPNS, tapi maksud dari kedinasan tersebut seorang mahasiswa tidak ada yang nganggor tetap bekerja pada kantor pertanahan.

Untuk Gaji Lulusan STPN sesuai dengan honor daerah tempat magang pada wilayah kantor Pertanahan biasanya pegawai honor ini dibayar sebulan mungkin kurang dari 2 jutaan, sesuai dengan honor daerah masing-masing.

H. Prospek Lulusan

1. Dapat mengikuti tes CPNS ataupun PPPK yang ditempatkan sesuai formasi yang ada di kementerian ATR/BPN
2. Mendirikan kantor jasa Surveyor Kadastral berlesensi
3. Bekerja pada kantor sebagai surveyor yang berlesensi
4. bekerja di Kantor Jasa Penilai Publik
5. bekerja pada kantor pejabat pembuat akta tanah
6. Bekerja pada BUMn atau BUMN pengelola aset tanah dan properti
7. Pengusaha Jasa layanan Bidang Agraria
8. Bekerja pada pengembang properti

Sekolah tinggi pertanahan nasional ini sebentar lagi akan membuka pendaftaran STPN tunggu apalagi silahkan anda buka website resminya untuk info selanjutnya http://stpn.ac.id. Mungkin sampai sekarang belum ada info resmi dari Pihak STPN sendiri terkait dengan pendaftaran penerimanaa mahasiswa baru, Mari Kita Tungu Info selengkapnya untuk penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah kedinasan STPN.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Pendaftaran STPN Ta 2021, 2022 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5