Pendaftaran RESMI SNMPTN Online Ta 2020/ 2021

Advertisement

SNMPTN merupakan salah satu seleksi pendaftaran masuk favorite ke jenjang perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online di situs resmi di SNMPTN.ac.id , kami akan membahas pendaftaran SNMPTN secara online yang dilakukan setiap tahunnya untuk kemudahan para siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA/MAK sedrajad untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Informasi ini ditujukan kepada para siswa SMA sedrajad untuk mengetahu cara daftar online SMPTN  yang akan kami ulas  secara gamblang dan rinci untuk tahun ini,  untuk SNMPTN beralamat di situs www.snmptn.ac.id sebagai halaman resmi pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi di seluruh Indonesia. SMA atau sekolah menengah atas adalah jenjang pendidikan akhir dari pendewasaan, setelah usai sekolah menengah atas ini, anda akan mendapatkan berbagai tantangan di dalam menghadapi pendidikan.

Semua hal diawali dengan pendaftaran baik dari jenjang pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai dengan jalur pendaftaran perguruan tinggi  di seluruh Indonesia dengan pendaftaran dan perjalanan dari titik nol sampai dengan tanggung jawab yang lebih besar sampai ke jalur pernikahan dan mempunyai anak. Anak kitapun sama harus melalui jalur pendafataran pendidikan sehingga beban hidupnya kita harus tanggung jawab terhadap masa depan anak kita nantinya.

Pendaftaran Jalur Masuk Perguruan Tinggi berbeda saat anda mendaftarkan diri ketika masa sekolah dulu, anda harus berpikir sendiri dan mendaftarkan sendiri sesuai dengan jurusan yang anda minati nantinya supaya kedepannya anda menjadi orang  yang lebih sukses dari orang tua anda sekarang ini. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah menilai kualitas universitas berdasarkan atas pemeringkatan universitas terbaik dari beberapa versi pemeringkatan dunia, atau melihat beberapa orang lulusan dari universitas tersebut. Anda akan menemukan Universitas Gajah Mada menjadi favorit universitas di Indonesia bahkan dunia mengakuinya dan  kedua adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada di Depok Jawa Barat sebagai universitas yang mampu meluluskan mahasiswa terbaik di Indonesia dan selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB)dan Terakhir adalah Institut Pertanian Bandung (IPB). Tentukan niat dari sekarang, jurusan apa yang anda sukai  dan perguruan mana yang hendak anda tujukan.

Salah satu program  studi dan jurusan yang paling banyak diminati oleh warga negara Indonesia saat ini adalah program kedokteran, ekonomi, hukum dan teknik, banyak dari kawan mahasiswa yang mengeluh ketika sudah berada pada jurusan yang mereka tidak sukai dan mendapatkan program nomer dua setelah program pertama tidak lolos  alhasil mereka salah jurusan dan harus menempuh program studi sampai dengan lulus sarjana strata satu.  Salah satu jalur masuk terfaforit untuk menembus pintu perguruan tinggi adalah dengan melalui pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, Beasiswa Bidik Misi SNMPTN. Meski mereka harus berjuang untuk menggapai nya dengan membuka buku-buku soal.

Namun, meski jalur  pendaftaran SNMPTN sudah tidak lagi membantu anda dalam menyelesaikan masalah atau tidak lolos seleksi masuk, anda masih mempunyai kesempatan untuk berjuang di jalur penerimaan seleksi mahasiswa baru seperti SBMPTN atau jalur masuk mandiri. SNMPTN ini  adalah salah satu jalur undangan yang dilakukan untuk sekala nasional dari universitas di Seluruh Indonesia yang dilakukan secara bersamaan dan dimulai pada bulan- bulan januari sampai dengan  maret. Oleh sebab itu pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh universitas di Sulurh Indonesia untuk mendapatkan mahasiswa yang berkompetensi dalam bidang prestasi akedemiknya.

Banyak  siswa yang belum mengetahui secara jelas karena mereka kurang rajin membaca baik itu membaca petunjuk pendaftaran maupun membaca buku-buku yang menyangkut tetnatng pendaftaranya sehingga mereka ketinggalan informasi tetang cara mendaftar perguruan tinggi melalui  jalur masuk SNMPTN. Bagi anda yang kurang membaca usahakan agar lebi rajin membaca dan tidak malas membaca karena syarat lulus ujian adalah rajin membaca. Namun, ada juga yang belum dapat membaca karena kurangnya akses informasi secara online karena berada di daerah pedesaan terpencil yang belum masuk internet pedesaan.

Namun, yang paling penting saat ini adalah rajin belajar dan tidak malas dan bosan untuk membaca sehingga informasi yang diterima akan secara mudah di dapatkan,  Bagi yang sudah membaca secara jelas, bagi adik-adik yang akan lulus di tahun ini usahakan juga menginformasikan kepada teman-teman yang lain baik di share di sosial media maupun dari mulut ke mulur agar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negri ini dapat diterima oleh kalangan khalayak ramai dari putra-putri Indonesia yang berada di kelas 12 SMA.

Perlu diingat bahwa SNMPTN adalah jalur masuk resmi masuk perguruan tinggi negeri atau PTN melalui jalur Undangan, bagi yang tidak menerima undangan masuk perguruan tinggi negri ini dipastikan akan tidak dapat mendaftarkan diri. SNMPTN adalah jalur masuk PTN bagi siswa yang berprestasi bagi siswa yang unggul dalam akedemik. Berbeda dengan SBMPN (seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negri) ini bukanlah dari jalur undangan semua siswa dapat melakukan pendaftaran masuk PTN sebelum diadakan Seleksi Mandiri untuk PTN dan PTS.

Tata cara pendafatran SNMPTN cukuplah Mudah tidak sesulit pada tahapan SNMPTN Bidik Misi yang harus mengkonfirmasikan kepada kepala sekolah. Anda cuku menanyakan kepada pihak sekolah  khususnya kepala sekola untuk melakukan pendaftaran mellaui situs atau web resmi dari SNMPTN dengan mengkiuti prosedur dan langkah –langkah  dari situs pendaftaran SNMPTN, adapun untuk langkah-langkah pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut ini:

  • Siswa yang dapat mendaftar jalur SNMPTN adalah siswa yang mendapatkan Undangan dari pihak Sekolah dan  selanjutnya akan diberikan NISN dan Pasword untuk Verifikasi data PDSS dari kepala sekolah.
  • Bagi siswa yang sudah diundang untuk mendaftarkan SNMPTN sebaiknya lakukanlah Login diwebsite resmi SNMPTN yang berada di snmptn.ac.id  dengan NISN dan password yang telah diberikan oleh pihak sekolah
  • Siswa harus melaengkapi semua prosedur yang telah disediakan oleh situs SNMPTN dengan menentukan jurusan dan Program yang diminati sesuai dengan Undangan yang diterima.
  • Harus membaca secara lengkap dan rinci persyaratan dan ketentuan PTN yang dituju.
  • Bagi yang mengambil jurusan Olah rag dan Seni harus melampirkan document portofolio yang dapat anda lihat secara rinci di Situs SNMPTN
  • Anda harus menyimnpan data-data yang sudah anda tulisakan diwebsite dan mencetak kartu peserta dan bukti pembayaran yang syah yang kemudian ditunjukkan ketika mengikuti test.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan pendaftaran snmptn secara online bagi anda yang sudah mendapatkan undangan resmi dari pihak sekolah untuk mengikuti jalur SNMPTN sebagai berikut ini:

 

PTN WILAYAH I SITUS RESMI
Pendaftaran Online UNSYIAH www.unsyiah.ac.id
Pendaftaran Online UNIMAL www.unimal.ac.id
Pendaftaran Online UNIMED www.unimed.ac.id
Pendaftaran Online USU www.usu.ac.id
Pendaftaran Online UNP www.unp.ac.id
Pendaftaran Online UNAND www.unand.ac.id
Pendaftaran Online UNRI www.unri.ac.id
Pendaftaran Online UIN SUSKA www.uin-suska.ac.id
Pendaftaran Online UNJA www.unja.ac.id
Pendaftaran Online UMRAH www.umrah.ac.id
Pendaftaran Online UNSRI www.unsri.ac.id
Pendaftaran Online UBB www.ubb.ac.id
Pendaftaran Online UNIB admisi.unib.ac.id
Pendaftaran Online UNILA www.unila.ac.id
Pendaftaran Online IAIN Raden Fatah www.radenfatah.ac.id
Pendaftaran Online UNJ www.unj.ac.id
Pendaftaran Online UI simak.ui.ac.id
Pendaftaran Online UIN Jakarta www.uinjkt.ac.id
Pendaftaran Online IPB admisi.ipb.ac.id
Pendaftaran Online UPI www.upi.edu
Pendaftaran Online ITB usm.itb.ac.id
Pendaftaran Online UNPAD www.unpad.ac.id
Pendaftaran Online UINSGD www.uinsgd.ac.id
Pendaftaran Online UNTIRTA www.untirta.ac.id
Pendaftaran Online UNTAN scmb.untan.ac.id
PTN WILAYAH II SITUS RESMI
Pendaftaran Online UNSOED www.unsoed.ac.id
Pendaftaran Online UNNES www.unnes.ac.id
Pendaftaran Online UNDIP www.undip.ac.id
Pendaftaran Online UNS spmb.uns.ac.id
Pendaftaran Online IAIN Walisongo www.walisongo.ac.id
Pendaftaran Online UNY www.uny.ac.id
Pendaftaran Online UGM um.ugm.ac.id
Pendaftaran Online UIN-SUKA www.uin-suka.ac.id
PTN WILAYAH III SITUS RESMI
Pendaftaran Online UNESA www.unesa.ac.id
Pendaftaran Online ITS smits.its.ac.id
Pendaftaran Online UNAIR ppmb.unair.ac.id
Pendaftaran Online UNIJOYO pmb.trunojoyo.ac.id
Pendaftaran Online UINSBY www.uinsby.ac.id
Pendaftaran Online UM www.um.ac.id
Pendaftaran Online UB www.ub.ac.id
Pendaftaran Online UIN Malang www.uin-malang.ac.id
Pendaftaran Online UNEJ www.unej.ac.id
Pendaftaran Online UNUD ujianmasuk.unud.ac.id
Pendaftaran Online UNDIKSHA www.undiksha.ac.id
Pendaftaran Online UNRAM www.unram.ac.id
Pendaftaran Online UNDANA www.undana.ac.id
Pendaftaran Online UNPAR www.upr.ac.id
Pendaftaran Online UNLAM www.unlam.ac.id
Pendaftaran Online UNMUL www.unmul.ac.id
Pendaftaran Online UBT pmb.borneo.ac.id
PTN WILAYAH IV SITUS RESMI
Pendaftaran Online UNM www.unm.ac.id
Pendaftaran Online UIN Alauddin www.uin-alauddin.ac.id
Pendaftaran Online UNHAS www.unhas.ac.id
Pendaftaran Online UNTAD www.untad.ac.id
Pendaftaran Online UHO www.uho.ac.id
Pendaftaran Online UNG baak-psi.ung.ac.id
Pendaftaran Online UNIMA unima.ac.id/pmb
Pendaftaran Online UNSRAT www.unsrat.ac.id
Pendaftaran Online UNPATTI www.unpatti.ac.id
Pendaftaran Online UNICEN www.unicen.ac.id
Pendaftaran Online UNKHAIR snmptn.unkhair.ac.id
Pendaftaran Online UNIPA www.unipa.ac.id
Pendaftaran Online UNMUS pmb.unmus.ac.id

 

Adapun persiapan yang harus anda siapkan untuk mengikuti test pendaftaran SNMPTN adalah melengkapi beberapa berkas yang dipersiapkan untuk mengikuti test selai dari kartu peserta yang telah dicetak  dan bukti pembayaran, selain itu anda juga harus ingat jadwal dan waktu pendaftaran seleksi test dan tempat test yang sudah tertera di kartu peserta anda. Adapun beberapa berkas yang harus anda bawa ketika ujian masuk test seleksi SNMPTN adalah sebagi berikut:

  1. Anda harus membawa Tanda Pengenal Asli yang sudah ad untuk Kartu Tanda Penduduk yang asli
  2. Membawa C1 atau Kartu Keluarga yang Asli
  3. Membawa Kartu Peserta Ujian SNMTN yang sudah dicetak dari website resmi
  4. Harus Membawa Ijazah atau SKHU bukti bahwa anda sudah lulus Sekolah yang sudah Dilegalisir dan Asli.

Nah untuk Informasi Pendaftaran SNMPT terkait dengan jadwal dan kelengkapan pendaftaran SNMPT secara Online anda harus ingat beberapa jadwal SNMPTN secara lengkap dari  Pengisian PPDBN sama Pengumuman Hasil selelsi Test Masuk SNMPTN

Jadwal Penting SNMPTN 

Pengisian PDSS Data Sekolah dan Siswa dilaksanakan pada tanggal 22 Januari –  8 Maret
Pendaftaran SNMPTN Online dilaksanakan pada tanggal 13 Februari sampai dengan  15 Maret
Proses Seleksi SNMPTN akan dilakasanakan pada tanggal 16 Maret sd 8 Mei
Pengumuman hasil Seleksi Pendaftaran SNMPTN online pada tanggal 9 Mei
Bagi yang sudah lulus , segera untuk mendaftarkan ulang di PTN yang anda tujukan pada tanggal seleksi 9 Juni 2015 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN

Nah, Mulai dari sekarang bagi  adik-adik yang mendapatkan jalur undangan untuk melakukan test atau diundang untuk mengikuti jalur masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN usahakan untuk belajar dengan sungguh-sungguh baik dari test tertulis dan test wawancara. Dan usahakan anda jangan lupa berdo’a agar dimudahkan disetiap yang akan anda hadapi agar benar benar nantinya lulus SNMPN sesuai dengan program studi yang telah anda pilih sebelumnya dalam pendaftaran SNMPTN Online 

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pendaftaran RESMI SNMPTN Online Ta 2020/ 2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close