Pendaftaran PPGJ Program Sertifikasi Guru Kemenag Melalui SIMPATIKA

Bingkaiberita.com- Direktur Jendral Pendidikan Islam dari Kementerian Agama Republik Indonesia telah melaksanakan Program Proesi Guru dalam Jabatan untuk guru yang bekerja di lingkungan Kementerian Agama.

Sama halnya dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan yang telah melakukan pendaftaran PPGJ pada sim pkb, Kemenag pada tahun ini membuka PPGJ bagi guru honorer dan pns yang telah mengabdi selama beberapa tahun dengan tata cara dan persyaratannya sesuai jabatan yang telah diemban paling sedikit sudah menjadi guru sejak sebelum 31 Desember 2015

Adapun beberapa tahapan dan persiapan dalam mengikuti pendidikan sertifikasi guru ini sesuai dengan pemetaan linieritas, pendaftaran dan seleksi administrasi dan akademik. Dan persyaratan untuk mendaftarkan diri adalah sebagai berikut ini:

1. Pendaftar harus melakukan pendaftaran online melalui website simpatika yanga ada di http://simpatika.kemenag.go.id
2. Adapun beberapa hal yang wajib diketahui adalah dengan mengupload ijazah yang telah discan yang bukan fotocopy
3. Perguruan tinggi yang didaftar adalah sesuai dengan program studi yang telah diakreditasi oleh Banpt, jika perguruan tingginya belum terdaftar maka dapat diupload bersamaan dengan ijazah dengan melampirkan surat keterangan dari kopertais
4. Bagi ijazahnya dari luar negeri silahkan melakukan penyetaraan ijazah ke dirjen pendidikan islam, yang diupload dengan ijazah dari luar negeri tersebut.
5.Silahkan anda pilih sesuai dengan jurusan dan linieritas sesuai dengan Ijazah Strata satu.
6. Bagi yang menggunakan ijazah yang tidak tercantum pada linieritas kualifikasi atau ijazah palsu makan akan tertolak secara otomatis.
7. Bagi guru yang mengajar tidak sesuai dengan linieritas agar melakukan pendaftar PPG sesuai dengan ijazah yang linier.
8. Pelaksanaan PPGJ Kemenag ini dilakukan secara online dengan test pedagogik, test potensi akademik, tesst bidang studi dan test bakat dan minat
9. Bagi guru yan tahun sebelumnya belum lulus dalam tahap seleski dapat mendaftarkan ulang pada tahun ini.
10. Kemenag akan mengatur tempat ujian kompetensi untuk pelaksanaan seleksi akademik.
11. Bagi guru yang telah mencapai nilai passing grade, maka mereka wajib mengisi kuota peserta PPG.

Untuk daftar linieritas PPGJ sesuai dengan PPG guru Kemenag anda bisa lihat pada gambar berikut ini:

Anda juga dapat donwload file daftar linieritas PPGJabtan sesuai dengan pelaksanaan PPG dalam Jabatan bagi guru Madrasah adalah sebagai berikut ini: disini

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kepada anda, supaya menjadi acuan dan refrensi bersama dalam mendaftarkan diri pada program sertifikasi.

Pendaftaran PPGJ Program Sertifikasi Guru Kemenag Melalui SIMPATIKA | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5