Pendaftaran Festival Video Edukasi Kihajar Tahun 2023-2024

Bingkaiberita.com – Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan kompetisi Festival Video Edukasi (FVE) Kihajar . Tahun ini tema yang diangkat yaitu Berkarya Penuh makna Membangun Karakter Bangsa yang Berbudaya, Nasionalis, dan Religius.

Kompetisi ini dibuka untuk umum, pelajar, dan guru. Secara lebih rinci berikut kategori dalam FVE Kihajar tahun 2021:

  1. Festival Film Pendek Pendidikan Karakter yang dibuka untuk mahasiswa/ umum
  2. Festival Film Pendek Pendidikan Karakter yang dibuka untuk pelajar
  3. Festival Video Pembelajaran Tematik SD yang dibuka untuk guru pada seluruh jenjang Pendidikan
  4. Festival Iklan Layanan Masyarakat yang dibuka untuk umum

TOTAL HADIAH Festival Video Edukasi

Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 189.000.000,00. Masing- masing kategori akan dipilih Juara 1,2,3, Harapan 1,2,3, dan 9 nominasi karya terbaik.

Ketentuan Umum

  1. Kompetisi FVE Kihajar  dibuka untuk umum dengan kategori yang telah ditentukan dan pendaftar dapat mengikuti kompetisi secara perorangan atau kelompok.
  2. Peserta yang mendaftar FVE Kihajar  tidak dipungut biaya pendaftaran.
  3. Peserta diperbolehkan mengirim maksimal 2 karya pada setiap kategori yang dipilih. Karya yang dikirimkan merupakan hasil karya yang diproduksi maksimal dalam 3 tahun terakhir.
  4. Peserta harus mengirimkan karya pribadi yang original buatan sendiri dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai.
  5. Setiap karya yang dikirimkan tidak boleh menyinggung SARA, non partisan, dan tidak mengandung unsur politik.
  6. Khusus kategori Video Pembelajaran yang diikuti oleh guru, durasi karya yang dikirimkan adalah 5 sampai 10 menit.
  7. Kategori Video Pembelajaran dapat diikuti seluruh guru dari seluruh jenjang Pendidikan. Namun, materi video hanya dibatasi materi tematik SD.
  8. Dalam kategori Video Pembelajaran, karya berisi tentang pembelajaran tematik SD/MI dengan materi sesuai pada kurikulum 2013 dengan melampirkan RPP dan silabus sesuai dengan materi yang diangkat.
  9. Khusus kategori iklan layanan masyarakat Pendidikan yang diikuti oleh umum, durasi karya yang dikumpulkan anatar 30 detik hingga 1 menit.
  10. Tema yang dapat digunakan dalam Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan yaitu: Merdeka belajar, toleransi, anti korupsi, pelestarian budaya, literasi, atau semangat di era new normal.
  11. Dalam kategori Film Pendek Pendidikan yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa/ umum, karya yang dikumpulkan berupa video fiksi pendek. Jadi bukan video dokumenter, dokumentasi, atau vlog pribadi.
  12. Karya yang dikirimkan oleh peserta belum pernah diikutkan dalam FVE sebelumnya dan tidak terikat kontrak perjanjian dengan pihak manapun. Baik itu organisasi maupun event lomba yang lain. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai.
  13. Karya yang dikirimkan tidak melanggar hak cipta, baik materi isi maupun konten pendukung seperti animasi, musik, dan foto. Peserta wajib menyertakan sumber materi yang digunakan dalam pembuatan karya.
  14. Peserta mengizinkan BPMTPK menggunakan video yang dikirim dalam FVE Kihajar tahun 2021 untuk dipublikasikan (menggunakan dan menyebarluaskan melalui berbagai media) dengan hak cipta milik peserta yang membuatnya. Publikasi dimaksudkan untuk kepentingan Pendidikan maupun sebagai bahan ajar Pendidikan, baik sebagian atau seluruh karya. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai.
  15. Pegawai Pusdatin Kemendikbud dan BPMTPK dilarang ikut serta sebagai peserta FVE Kihajar Tahun 2021.
  16. Pajak hadiah ditanggung pemenang.
  17. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Pendaftaran Festival Video Edukasi

BPMTPK telah membuka pendaftaran untuk mengikuti kompetisi FVE Kihajar  sejak tanggal 1 April. Pendaftaran dapat dilakukan dengan:

  1. Mengirim format pendaftaran via WhatsApp dengan format Kategoripeserta*judul*nama peserta*asal/sekolah/kampus ke nomor 082242458968. Untuk asal peserta umum/ mahasiswa diisi nama kabupaten/kota/kampus, untuk guru dan pelajar diisi dengan nama sekolah

Contoh: Pelajar*Menggapai Asa*Fatimah*SMAN 2 Bandung

Peserta yang telah mendaftar melalui WA akan dikonfirmasi dengan diberikan nomor pendaftaran.

Selanjutnya buka laman gg/registrasi_online_fve2. Kemudian isi formulir dengan lengkap.

  1. Peserta juga dapat melakukan pendaftaran di laman kemdikbud.go.id.
  2. Peserta mengirimkan karya sebelum batas waktu maksimal yang telah ditentukan. Karya yang dikirimkan sebagai berikut:
  3. Karya beresolusi tinggi minimal HD berasio 16:9 atau widescreen minimal beresolusi 1280×720 px. Format file berupa .AVI, .MOV, .MKV, atau .MP4.
  4. File yang berisi sinopsis karya
  5. File yang berisi data teknis pendukung (behind the scene, tim produksi, foto, catatan proses kreatif)
  6. File berisi silabus dan RPP khusus bagi kategori video pembelajaran
  7. Peserta melengkapi persyaratan administrasi berupa:
  8. Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi. Formulir dapat diunduh di kemdikbud.go.id. Alamat ditulis lengkap untuk keperluan pengiriman sertifikat FVE.
  9. Surat pernyataan bermaterai. Formulir dapat diunduh di kemdikbud.go.id.
  10. Scan identitas peserta (KTP/Kartu mahasiswa/Kartu pelajar)
  11. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang menyertakan fotokopi NPWP dan fotokopi halaman pertama buku rekening bank atas nama peserta.

Nama yang tertera dalam identitas, buku rekening, dan NPWP harus sama dan sesuai dengan nama peserta yang mendaftar FVE Kihajar  (termasuk dengan ejaannya).

  1. File lomba dan file kelengkapan administrasi seluruhnya dibuat dalam satu folder dengan nama folder berformat NOMOR PESERTA_JUDUL KARYA_NAMA PESERTA
  2. Folder yang berisi karya dan kelengkapan administrasi tersebut dikirim ke email atau link drive panitia FVE Kihajar tahun  yaitu festivalvideoedukasi@gmail.com
  3. Pendaftaran kompetisi ini dibuka sejak 1 April hingga 1 September
  4. Pengiriman karya maksimal pada 10 September .
  5. Penjurian FVE Kihajar tahun  akan dilakukan dalam 2 tahap yaitu:
  6. Seleksi oleh tim BPMTPK kemendikbud untuk memilih 15 nominasi terbaik per kategori
  7. Penilaian akhir yang akan dilakukan oleh dewan juri untuk menentukan juara 1,2,3, dan harapan 1,2,3.

Pengumuman Pemenang akan dilakukan melalui laman fve.kemdikbud.go.id pada akhir Oktober tahun 2021.

sumber: fve.kemdikbud.go.id

Pendaftaran Festival Video Edukasi Kihajar Tahun 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5