“KTP Status Wiraswasta”, Apakah Untuk Suami yang tidak punya kerjaan Tetap?

Bingkaiberita.com – Belakangan ini viral seorang suami yang tidak memiliki pekerjaan, dengan  menumpang hidup istri yang bekerja atau disebut dengan mokondo. Istilah ini berbalik dengan wanita yang tidak mau berkorban namun ingin sesuatu atau disebut dengan momekdo. Kebanyakan Suami tidak mau jikalau disebut dengan bapak rumah tangga melainkan banyak menyebutkan dirinya sebagai wiraswasta di bagian status kartu tanda penduduknya.

Namun, sangat disayangkan suami tersebut merupakan sarjana filsafat dari lulusan kampus terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia yang belakang ini memperlakukan istrinya tidak baik-baik saja, hingga viral seorang istri yang berstatus dokter harus melaksanakan tugasnya sebagai tulang punggung keluarga dengan beban hutang dari Suaminya yang bergaya hidup Hedonisme dengan hutang mobil dan motor, sehingga sang istri yang mendapatkan perlakukan yang tidak baik harus lari dan kabur dan meminta perlindungan karena perbuatan bejat suaminya.

Menjadi suami memiliki peran dan tanggung jawab yang tinggi, baik sebagai imam keluarga, sekaligus menjadi tulang punggung keluarga, tidak sedikit yang mengeluhkan bahwa peran suami di dalam rumah tangga  tidak sama dengan teori yang anda dan tentunya ada juga istri yang harus membanting tulang mencari nafkah untuk mencukupi keluarganya dan hal itu semua tak terlepas dari sebuah alasan.

Beberapa alasan  yang memang kerap kali menjadi tak biasa adalah ketika seorang istri diterima sebagai pegawai negeri sipil di luar pulau namun anak-anaknya harus ditugaskan ke suami yang notabene seorang suami memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah, meskipun sang suami belum memiliki pekerjaan tetap alias masih honor sehingga pekerjaan suami harus dikorbankan. Dan banyak alasan lain,  yang ada di dalam rumah tangga  dan tak habis diselesaikan. Apalagi ada sebuah peraturan dari pemerintah agar ASN tidak pindah tugas apalagi jikalau suaminya tidak bekerja, mengurus anak-anak hingga mereka memiliki dampak stres dan akhirnya cenderung ke arah yang tidak diinginkan seperti

Seorang Suami yang direndahkan

Saat peran menafkahi istri dan anak-anak ini diambil perannya karena beberapa alasan, tidak sedikit suami yang tidak bekerja atau mereka bekerja serabutan ketika anak tumbuh dewasa sehingga mereka bisa bekerja jikalau ada proyek dan ketrampilan yang dimiliki dan tidak segan seorang istri yang merendahkan suami di dalam rumah karena tidak bekerja hanya mengurus anak.

Seorang Suami yang disepelekan

Padalah pola asuh anak adalah kewajiban seorang istri, namun ketika perannya tergantikan oleh suami karena memang urusan masalah keuangan yang bertopang ke arah istri karena memiliki peran bagus ini kepala keluaga dianggap sepele. Sehingga dinilai orang yang tidak memiliki pendidikan karena hanya mengurus rumah tangga

Seorang yang dianggap Negatif

Jika anda adalah seorang suami yang menumpang tinggal dengan istri maka orang-orang yang ada di lingkungan masyarakat tempat anda tinggal baik dari mertua, saudara bahkan orang lain akan menilai anda sebagai seorang suami yang dikenal dengan istilah mokondo ini

Seorang suami yang mendukung istrinya sebagai pegawai negeri atau sebagai pegawai swasta yang memiliki karier bagus ini akan menurunkan sebuah cerita,  bahwa anda harus membaca cerita novel dengan judul “Harvey York” yang ada di novel online, seorang suami yang dianggap Suami Menumpang oleh mertuanya, namun memiliki kekayaan yang berlimpah.

Kondisi ini memang tidak serta merta harus dipandang dengan kaca mata sebelah. Seorang harus mengetahui apakah orang tersebut benar-benar menumpang ataukah ada alasan lainnya seorang suami harus menjalankan tugas dari istrinya sebagai bapak rumah tangga.

Mengganti Status di E KTP

Apalagi dalam status e KTP yang dimiliki orang  dengan statusnya tak memiliki pekerjaan tetap,  dan seorang suami yang seperti ini memiliki elemen perubahan data yang susah untuk diprediksi , adakalanya setelah anaknya dewasa nanti suami tersebut dapat mencari nafkah mebanting tulang dengan pekerjaan baru, karena dalam pekerjaan yang ada di kartu keluarga seorang dapat mengajukan permohonan perubahan dengan melampirkan kartu keluarga, formulir dari dinas kependudukan ataupun surat keterangan dari instansi atau lembaga perusahaan untuk dapat mengirimkan perubahan elemen data pekerjaan yang baru dan  bisa dipilih dalam pekerjaan status di kartu tanda penduduk

Dalam hal ini dinas kependudukan telah memasukan pilihan sebanyak 99 pekerjaan yang dapat dipilih oleh seorang warga, baik yang tidak bekerja, mengurus rumah tangga hingga menjadi presiden sekalipun, namun ada yang belum termasuk didaftar itu seperti bekerja sebagai blogger atau konten kreator yang saat ini pekerjaan tersebut telah menjadi pilihan banyak orang setelah lahirnya media sosial seperti tiktok, instagram, facebook hingga blogger.

 

 

“KTP Status Wiraswasta”, Apakah Untuk Suami yang tidak punya kerjaan Tetap? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5