http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Absensi Kehadiran Guru Online TA 2020/2021

Advertisement

Bingkaiberita.com – akhirnya tanggung jawab operator sekolah tambah satu lagi dengan pengisian data kehadiran guru dan tenaga pendidik melalui pengisian data yang ada di website http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id atau bisa juga diakses melalui http://223.27.144.195:2017/ Sebagai link alternatif jika website protal tidak ditemukan. Nah, bagaimana dengan pengisian data guru-guru di sekolah yang kurangnya sumber listrik dan internet. Kemungkinan besar mereka bisa mengisinya kapan saja tanpa harus memperhatikan hal-hal yang menyulitkan untuk diri sendiri dan yang pastinya anda bisa akses aplikasi SIM kehadiran guru melalui website tersebut.

Login DHGTK

Admin Pusat Telah memberikan 8 Link Login DHGTK Online Kemdikbud Dengan banyaknya pengunjung yang akses Aplikasi SIM Kehadiran Guru Online ini sehingga server mati anda bisa mengakses link artenatifnya di http://223.27.144.195:2017/ dan dipastikan anda sudah singkronisasi untuk dapodik versi terbaru 2018 yang bertujuan agar data yang telah anda sinkron di dapodik bisa langsung diterima aplikasi sehingga datanya sudah masuk diwebsite resminya. Namun, saat ini data kehadiran belum dapat diakses baru persiapan rilis dan masa uji coba

Cara Isi Absen Sim Kehadiran Guru di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

Jika dua aternatif link tersebut tidak bisa diakses karena padatnya server maka kamu bisa memilih link alternatif untuk absen kehadiran guru secara online di beberapa indeks protokol atau IP berikut ini:

  1. http://223.27.144.195:414/
  2. http://118.98.166.188/index.php
  3.  http://223.27.144.195:212/
  4.  http://223.27.144.195:2017/
  5. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php

Daftar Hadir Online

Dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini, semua dibuat online. Baik absensi online dengan daftar kehadiran online yang tersigkronisasi dengan fingerprint dan beberapa hal lainnya yang semakin lama, pengawasan seorang guru semakin maju. Dengan kata lain dengan hadirnya perkembangan internet kementerian pusat dapat mengawasi guru di seluruh Indonesia yang sudah memiliki fasilitas serupa dapat dengan mudah dikontrol.

Daftar Hadir gtk

Nah, bagi anda yang menjadi operator sekolah untuk login Sim Kehadiran guru ini yang dilakukan adalah memliki koneksi internet yang cepat dan komputer yang memiliki spesifikasi yang mumpuni tentunya dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka browser internet google chrome atau lainnya dengan akses di link ini: http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php

SIM Kehadiran Guru

Kedua setelah anda akses silahkan anda isikan usrname dan password seperti yang digunakan ketika masuk dapodik atau SDM data kemdikbud dengan berikut kode captcanya.

Ketiga setelah data kehadiran terbuka silahkan untuk memilih menu tombol Kehadiran dan akan terlihat profil sekolahnya

Keempat apabila di data kehadiran belum muncul daftar buat hadirnya silahkan anda klik tombol buat daftar hadir dan tombol refreshnya selanjunya anda simpan.

Kelima. Nah jika aplikasi SIM sudah ada datanya silahkan anda klik daftar menu guru yang akan diberi absen dengan mengklik setiap hari sesuai dengan tanggal kehadirannya dan apabila ada guru ang sedang izin ke luar kota ataupun sakit dan cuti lainnya silahkan anda input surat izin untuk dinas yang telah ditanda tangani kepala sekolah.

Keenam jika anda iziin silahkan anda lapirkan surat izinnya dengan melengkapi data-data seperti nomer surat, perihal surat, tanggal surat, tanda tangan, NIP, Jabatan, Jenis Izin, Mulai Tanggal, Selesai tanggal dan Keterangan setelah itu disimpan. Apabila anda merasa belum paham dengan beberapa hal yang saya sebutkan diatas, dibawah ini saya akan memberikan ulasan singkatnya:

Cara Isi Absen DHGTK Online Kemdikbud

Setelah data yang anda isi sudah sesuai dengan data kehadiran silahkan anda klik tombol sipan dengan laporan data anda ke server pusat. Silahkn anda lihat diagaram tersebut untuk semester baru untuk tahun ini untuk pengisian data aplikasi sim kehadiran guru. Nah, itulah cara pengisian data sim kehadiran guru. Apabila operator sekolah belum mengetahuinya silahkan anda sebarkan info ini.

Manajemen Hadir Gtk

Namun, sayangnya manajemen hadir gtk melalui absensi online ini membuat sesuatu yang baru bagi sekolah yang notabene belum tersentuh layanan online dan kemudian mereka memang harus menjalani apa adanya. Karena memang sekolah-sekolah di daerah tersebut memang notabene harus dianak tirikan karena kondisi lapangann yang sulit dijangkau sehingga hadir ditengah masyarakat kita dengan membentuk program guru garis depan. Meskipun program terebut sudah berhenti dan menjadi PPPK yang notabene belum dapat menyelesaikan maslah yang ada di lapangan. Manajemen hadir gtk memang sangat diperlukan bangsa ini mengingat honorer di daerah yang semakin lama semakin tua dengan gaji yang sangat minim, mereka harus diperhatikan dengan program PPPK. Namun, dari pada itu para PPPK mereka juga harus menikmati bagaimana mengajar di daerah 3T yang notabene sangat kurangnya guru di daerah 3T tersebut. Guru kurang apalagi fasilitas yang tidak memadai.

Dhgtk kemdikbud

Daftar Hadir Online Guru dan Tenaga Kepndidikan atau sering disingkat dengan istilah DHGTK yang dimiliki oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yang difungsikan sebagai salah satu cara monitoring pusat sebagai pengawasan guru agar tertib dalam menjalankan tugas di lapangan. Monitoring tersebut sesuai dengan yang telah dicanangkan oleh kementerian agar mutu peserta didik kedepannya dapat lebih baik

hadir gtk v1

Perlu anda ketahui bahwasannya saat ini hadir gtk v1 sudah di redirect ke aplikasi webbase hadir gtk versi dua sehingga sudah tidak ada lagi input atau sinkronisasi kehadiran manual di versi pertama, namun hal itu sangat menyusahkan bagi sekolah yang berada di daerah 3T yang mana mereka belum memiliki fasilitas jarinagan internet maupun fasilitas komputer. Apalagi untuk listrik mereka masih menggunakan sollarcell bagi yang memilikinya bagi yang tidak  mereka belum memiliki listrik hanya menggunakan lilin untuk penerangannya.

http hadir gtk kemdikbud go id v 2

Bagi sekolah yang sudah menerapkan finger prin bisa mensinkronisasikan aplikasi geisha dengan finger print pada masing-masing sekolah sehingga pada versi dua hadir gtk dapat dengan mudah dikirimkan ke pusat. Adapun linknya adalah sebagai berikut ini http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/

hadir gtk v2

Nah, untuk hadir gtk v2 ini merupakan salah satu aplikasi online daftar hadir yang menghubungkan perangkat software fingerprint dengan aplikasi online yang langsung dikirimkan ke pusat, Bagi sekolah yang belum ada jaringan internet atau di daerah 3T belum berlaku hadir gtk atau absen online, dan operator dapat mengisi daftar hadir onlinenya untu kversi pertama. Bagi yang menggunakan hadir gtk v2 biasanya mereka yang notabene berada di kota sehingga aplikasi dan mesin fingerprint dapat terkoneksi dengan baik

Aplikasi hadir gtk

Aplikasi hadir gtk ini tidak sama seperti di dapodik sekolah, dimana aplikasi dapodik dituntun menggunakan aplikasi offline, sehingga operator dapat mengisi dan mensinkronkannya layaknya aplikasi microsoft excel, word,  atau bisa dibilang aplikasi pc. Sedangkan untuk aplikasi hadir gtk dibuat aplikasi webbase atau yang beroerientasi pada koneksi server atau koneksi internet seperti simpkb dan masih banyak lagi aplikasi webbase yang dimiliki oleh kemdikbud.

 

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Absensi Kehadiran Guru Online TA 2020/2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close