Memaknai Hari Pahlawan 10 November di Indonesia

Bingkaiberita.com – Hari pahlawan 10 November 1945 diperingati sebagai pertempuran besar antaa pihak tentara Indonesia dengan pasukan Asing setelah dikumandangkan proklamasi pada 17 Agustus. Peringatah peristiwa tanggal 10 November 1945 merupakan pertemuran terberat dalam sejarah dalam menyingkirkan kelompok kolonialisme dari Indonesia. Banyak pejuang yang gugur dan taknpa menyerah untuk merebut kota surabaya dari bangsa penjajah yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Semenjak itulah penjajahan diatas muka bumi Indonesia harus dihapuskan dan sekarang kita sebagai generasi penerus bangsa memperingatinya dengan upacara hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 november. Adapun tatacara pedoman memperingatinya dengan berbagai kegiatan diantaranya sebagai berikut ini:

Peringatan Hari pahlawan dilakukan dibebragai daerah termasuk pusat ibukota Indonesia. Adapun kegiatan-kegiatan pusat pada Hari pahlawan adalah sebagai berikut ini:

Kegiatan utama dilakukan di Istana Negara dengan penganugrahan Gelar pahlawan Nasional dengan ziarah ke taman makam pahlawan Nasional Utama Kalibata dilanjutkan dengan Tabur Bunga dilaut.

Kegiatan Pokok Peringatan Hari pahlawan 10 nopember seperti berikut ini:
– Dalam memperingati hari pahlawan dilakukan upacara bendera untuk Instansi Pemerintah maupun non pemerintah, termasuk lembaga pendidikan untuk membacakan amanat menteri sosial
– Dalam memperingati hari pahlawan diperingati pengibaran bendera satu tiang penuh dilingkungan penduduk setempat
– Dalam memperingati hari pahlawan secara serentak untuk mengheningkan cipta pada tanggal 10 november selama 60 detik sekaligus malamnya disambut oleh pidato menteri sosial tanggal 9 november pada pukul 19 di TVRI.

Rangkaian kegiatan lainnya dalam memperingati hari pahlawan adalah

– Wisata Sejarah
– Jelajah Kapal Kepahlawanan
– Doa bersama
– Pentas Seni
– Jalan sehat kebangsaan
– Olimpiade kepahlawanan
– Ziarah Wisata.

Untuk Kegiatan- Kegiatan di perwakilan Indonesia di Luar Negeri (Keduataan Besar Indonesia) adalah dengan acara peringatan hari pahlawan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada dengan tema peringatan ” Perkokoh Persatuan membangun negeri.”

Adapun pedoman dan peringatan Selamat hari Pahlawan dan logo peringatan hari pahlawan dapat anda unduh disini. Demikianlah beberapa urian singkat terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan di Indonesia ketika memperingati hari pahlawan.

Memaknai Hari Pahlawan 10 November di Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5