Harga sembako melambung tinggi, beras jenis IR 2 dijual Rp 11.000/kg

Bingkai Finance–  Harga sembako melambung tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat dan peningkatan harga jual dimulai secara bertahap sejak 9 februari harga beras sudah merangkak naik keatas dari berbagai jenis beras dari kualitas rendah, menengah sampai dengan kualitas premium.  Harga jenis beris IR2 yang semula dibanrol dengan harga  Rp 8.500/kg merangkak naik menjadi Rp. 11 ribu rupiah sedangkan untuk beras jenis premium yang semua seharga 10 ribu rupiah menjadi 13 ribu.

Harga Sembako melambung tinggi

Harga Sembako melambung tinggi

Krisis sembako mulai terjadi pada pemerintahan Jokowi yang hingga saat ini baru pertama kali harga beras naik sampai dengan 30%. Di ukur dari  pasokan beras yang masuk ke daerah jakarta yang semual beras masuk kepedagang dari seribu sampai dua ribu ton perhari namun yang masuk ke DKI Jakarta cuma sampai 500 ton saja perharinya sedangkan untuk kebutuhannya biasanya DKI jakarta sampai dengan 3 ribu ton.

Hal ini dipicu karena belum ada meratanya panen di daerah-daerah pemasok beras  dari luar jakarta seperti Demak dan jawa barat yang harus menanggung pasokan beras yang kurang di Pasar Induk CIpinang sehingga naiknya harga beras saat ini sudah wajar. Jikalau kenaikan harga beras sampai dengan 30%  dan secara bertahap akan terus merangkak naik hingga musim panen disejumlah daerah merata.

Masyarakat saat ini harus menunggu harga beras kembali normal sedangkan untuk Bulog atau beras  Sembako yang telah diselenggarakan pada 16 februari 2015 yang lalu tidak efektif karena tidak melibatkan pedagang beras. Untuk Bulog sendiri dibandrol dengan harga Rp 7.400/k dan sudah dikemasi sebanyak 5 Kg untuk Bulog yang berkualitas medium sedangkan untuk beras premium dijual dengan harga 9 ribu rupiah.

Indonesia Sebagai kepualauan Agraris yang penduduknya sebagian besar adalah petani harus Import Beras dari Luar Negri Sungguh tidak disangka Akan terjadi Krisis Sembako di Pasar Induk Jakarta, Pasti hal itu akan membuat malu pemerintah karena baru kali ini terjadi. Dari masa Soekarno sampai Masa Joko Widodo Baru kali ini harga beras naik hingga 30% dan terjadi kekurangan pasokan beras.

Harga sembako melambung tinggi, beras jenis IR 2 dijual Rp 11.000/kg | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5