Pendaftaran dan Kriteria Fasilitator Sekolah Penggerak

Bingkaiberita.com -Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi membuka pendaftaran bagi akademisi, praktisi pendidikan, konsultan, pengawas, pensiuna, Widyaiswara, kepala seolah hingga guru untuk melakukan pendaftaran fasilitator Sekolah Penggerak.

Fasilitator sekolah penggerak ini sebagai salah satu perwujudan dari implementasu kurikulum yang saat ini diterapkan oleh menteri pendidikan yang baru. Dengan adanya fasilitator penggerak ini nantinya akan melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap lembaga sekolah dalam mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Selanjutnya seorang fasilitator akan mendampingi tiga sampai dengan delapan sekolah dalam satu kabupaten selama minimalnya setahun. Nah, apa saja kriteria untuk fasilitator sekolah penggerak ini simak selanjutnya?

Kriteria Fasilitator sekolah Penggerak

1. Fasilitator merupakan warga negara Indonesia yang baik

2. Memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit maupun puskesmas setempat.

3. Berusia maksimal 30 tahun sampai engan 65 tahun.

4. Terbiasa dalam penggunaan aplikasi dan internet serta emiliki pengalaman paling tidak dua tahun dalam program pendampingan

5. Semangat dalam kolaborasi, semangat perbaikan dan mampu berkomunikasi dengan lisan dan tulisan

6. Memiliki kunjungan lapangan serta tidak memilik peran sebagai asesesor, pengajar praktik, pendaftar calon guru penggerak.

7. Melakukan pengisian pakta integritas.
8. Mengunggah surat keterangan dokter dari dokter rumah sakit, puskesmas, rumah sakit dll

Bagi yang berminat untuk melakukan pendaftaran menjadi fasilitator sekolah penggerak silahkan anda daftar secara online di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/fasilitator/

Fasilitator ini memiliki perang penting dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh guru, kepala sekolah maupun penilik, disampikan mengembangkan juga mengkolaborasikan antara pemangku kepengtingan yang ada di kabupaten dengan ekosistem yang ada di lembaga sekolah. Sementara itu dengan adanya fasilitatorini kemajuan pembelajaran akan selalui dimonitoring sehingga sesuai dengan arah dan tujuannya.

Dibuka mulai bulan maret hingga bulan mei mendatang untuk rekrutmen fasilitator sekolah penggerak dan pastikan anda bukan dari calon guru penggerak, aseseor maupun pengajar.Tunggu apalagi masih ada tiga bulan lamanya pendaftaran ini dibuka siapa tahu anda ingin mencoba menggerakan lembaga sekolah yang mana nantinya akan mendampigi guru dan kepala sekolah sebagai seorang fasilitator.

 

Pendaftaran dan Kriteria Fasilitator Sekolah Penggerak | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5