China Blokir Layanan Google

China Blokir Layanan Google– Negara yang mempunyai segudang ilmu ini kembali memblokir layanan dari Google mulai dari google maps, drive google, google docs, google mail dan beberapa yang berkenaan dengan google karena dianggap  dengan adanya google maka rakyat yang tidak senang pada kepemerintahan baru akan mengkritisi melalui berbagai macam sarana dan fasilitas search engine ini dan cina mengupayakan dalam kepemerintahan yang baru ini agar berjalan dengan mulus tanpa ada ganjalan dari beberapa pihak yang kurang senang dengan kepemerintahan yang baru.

google cina

Kasus Pemblokiran layanan Google ini memang sudah kerap terjadi di cina karena cina merupakan salah satu negara yang dapat meniru apapun yang ada didunia ini karena kecanggihannya tersebut cina membuat berbagai macam teknologi yang sangat mirip dengan produksi asal amerika dan asal jepang namun memiliki kualitas yang lumayan. Dalam dunia internet saja mereka mempunyai layanan sendiri seperti Baidu yang merupakan search engine Lokal Nomer satu di Cina dan yang kedua adalah  Easou yang memiliki pangsa pasar kedua di Cina dan yang terakhir adalah google inc karena cina memiliki suatu sistem kontrol  yang ketat dalam dunia internet.

Pada hari jum’at kemarin layanan google di blokir semuanya terlihat setelah google mengecek traffic yang berada di Cina. Seperti dikutip pada salah satu berita kompas bahwa traffic yang menuju ke google akan diarahkan ke IP  59.24.3.173  Tapi Ip tersebut tidak ada apa apanya. Pengecekkan google tersebut dipaparkan bahwa turunnya traffic mereka diperkirakan tidak ada masalah yang menganggu koneksi atau jaringan yang menuju ke cina. mereka tidak menemukan masalah apapun.

Dengan adanya sistem kontrol dalam memperketat internet yang masuk ke Cina  tersebut cina akan memutuskan search engine mereka untuk masuk ke bursa saham pada tahun 2013  dan Cina menargetkan mendapat 3 miliar dollar amerika serikat  pada penawaran perdana di IPO. Bagaimana dengan negara kita Indonesia apakah Indonesia berani   memblokir layanan google sendiri dan membuat search engine baru seperti layaknya cina? berikan tanggapan anda tentang hal ini:

 

China Blokir Layanan Google | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5