Biaya Masuk Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Bingkaiberita.com – Al-mukmin Ngruki Solo merupakan salah satu lembaga pendidikan islam berbasis pondok pesantren terbaik di Solo. Lembaga ini didirikan oleh beberapa orang perintis Ustadz Abdullah Sungkar, Ustadz Abu Bakar Ba’asyir, Ustadz Abdullah Baraja’, Ustadz Yoyok Rosywadi, Ustadz H. Abdul Qohar Daeng Matase dan Ustadz Hasan Basri, BA dan diasuh oleh Ustadz Abu Bakar Ba’asyir yang dikenal sebagi seorang kyai Kharismatik berideologi islam yang namanya dikenal seantero dunia.

Profil Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Dari catatan profil sejarah awal pondok, awalnya memang bermula dari sebuah kegiatan pengajian yang diselenggarakan habis shalat dzuhur di Masjid Agung Surakarta oleh para da’i dan mubaligh. Pekembangan jamaah pengajian yang begitu pesat membuat para da’i berinisiatif untuk membangun sebuah madrasah diniyah yang berada di Jalan Gading Kidul 72 A Solo.

Karena pengajian tersebut didukung oleh Radio Dakwah Islam, maka madrasah semakin pesan dan berinisiatif untuk mengasramakan para siswa madrasah tersebut dalam sebuah lembaga pendidikan pesantren. Bahkan pendidikan pondok pesantren di Zaman dahulu telah memiliki banyak andil dalam membantu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya pada tanggal 10 maret 1972 lahirlah sebuah lembaga pendidikan Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo di Jalan Gading Kidul no 72 A Solo dibawah sebuah yayasan pendidikan Islam dan Asuhan Yatim Al-Mukmin. Karena banyaknya santri dan pesatnya pondok, maka sarana prasarananyapun terbatas selang dua tahun berikutnya ada yang memberikan wakah tanah dari KH. Abu Umar untuk dibangun pesantren dan sampai saat ini digunakan di Dukuh Ngruki, Kelurahan Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Kurikulum Pengajaran Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo mengusung kurikulum dari Gontor dengan menggunakan sistem Kuliyatul Mu’allimin Al Islamiyah dengan sistem Mu;adalah yang mana kurikulumnya berbeda dengan kurikulum dari kementerian agama namun tetap menggunakan pembelajaran pengetahuan umum lainnya.

Selain didukung dengan kurikulum madrasah KMI Gontor, karena tokoh ulamanya adalah alumni Gontor maka selain itu di Ponpes Al-Mukmin Ngruki juga diperkuat dengan sistem tahfidz al-Qur’an bahwa santinya harus hafal alqur’an 30 juz.

INFO Pendaftaran Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Pendaftaran ondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo dibagi menjadi dua gelombang, yaitu pada bulan November dan bulan maret yang dilaksanakan secara daring atau online melalui portal resmi Ponpes Almukmi Ngruki. Adapun waktu pendaftaran berdasarkan gelombang adalah sebagai berikut

Pendaftaran PONPES NGRUKI gelombang 1

Pendaftaran dibuka secara daring (http://psb.almukminngruki.or.id)
Dibuka Tanggal 01 November s.d. Januari 2021.
Tes dilaksanakan bulan Januari . (dilaksanakan serentak. jika keadaan tidak memungkinkan akan dilaksanakan secara daring)
Hasil tes diumumkan bulan Januari.
Daftar ulang dilaksanakan bulan Januari

Pendaftaran PONPES NGRUKI gelombang 2

Pendaftaran dibuka secara daring (http://psb.almukminngruki.or.id)
Dibuka jika masih tersedia kuota.
Tes dilaksanakan bulan Maret . (dilaksanakan serentak. jika keadaan tidak memungkinkan akan dilaksanakan secara daring)
Hasil tes diumumkan bulan Maret .
Daftar ulang dilaksanakan bulan Maret

Biaya Masuk Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Calon santri setelah melakukan pendaftaran online di portal resmi seperti diatas diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya admnistrasi sebesar 300.000 yang ditrasfker ke rekening YPI Almukmin. Setelah mereka lolos tahap seleksi mereka masih melakukan pembiayaan pendaftaran ulang yang nantinya digunakan untuk membayar uang pembangunan pondok, spp pondok, uang asrama, infak dan lain sebagainya dengan biaya 11 juta sampai dengan 12 juta rupiah dengan rincian per gelombangnya sebagai berikut:

Gelombang I

1. PPIM PUTRA : Rp. 11.785.000,-
2. PPIM PUTRI : Rp. 11.895.000,-
3. TKS PUTRA : Rp. 11.960.000,-
4. TKS PUTRI : Rp. 12.070.000,-
5. PERSAMAAN PUTRA : Rp. 12.020.000,-
6. PERSAMAAN PUTRI : Rp. 12.130.000,-

Gelombang II

1. PPIM PUTRA : Rp. 12.285.000,-
2. PPIM PUTRI : Rp. 12.395.000,-
3. TKS PUTRA : Rp. 12.460.000,-
4. TKS PUTRI : Rp. 12.570.000,-
5. PERSAMAAN PUTRA : Rp. 12.520.000,-
6. PERSAMAAN PUTRI : Rp. 12.630.000,-

NB: Biaya diatas bisa berubah sewaktu-waktu setiap tahunnya dan bisa anda jadikan acuan untuk menyekolahkan anak ke pesantren terbaik yang ada di solo.

Persyaratan Pendaftaran Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo

Bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anak putrinya setelah lulus SD ataupun setelah lulus SMP maka mereka bisa memilih jenis pendaftarannya sebagai berikut

Lulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah mereka masuk Kategori PPIM dengan biaya sebagaimana telah kami sampaikan diatas

Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTS) mereka masuk kategori Takhasus dengan biaya seperti diatas

Lulusan Dari Pesantren Lain dari kelas 3 KMI maka akan dilaksanakan Persamaan SLTA dengan pembiayaan seperti diatas.

Dan Harus menyiapkan beberapa berkas persyaratan selain pembayaran uang administrasi dengan formulir yang didapatkan secara online

Menyerahkan Surat Pernyataan (3 lembar).
Menyerahkan foto copy KK (3 lembar).
Menyerahkan foto copy Akte Kelahiran (3 lembar).
Menyerahkan foto copy Ijazah (1 lembar)
Menyerahkan Surat Keterangan Kepala Sekolah bahwa benar-benar siswa kelas VI SD/MI atau benar-benar siswa kelas IX SLTP/MTs.
*) Bagi pendaftar Persamaan SLTA wajib menyerahkan Surat Keterangan benar-benar santri beserta kelas terakhir yang diikuti.

Selanjutnya bagi yang lolos tes dengan materi seleksi seperti membaca al qur’an hafala surat pendek, doa harian dan wawancara kesehatan, serta menulis arab atau imla, matematika, tes kesehatan dan psikotes selanjutnya para santi yang lolos harus melakukan daftar ualng dengan biaya seperti diatas dengan melakukan via transfer bank ke nomor rekening : 033401001763567 bank : BritAma
Atas Nama : YPI ALMUKMIN ajib mengirim slip setoran ke WA (08564 7574 676) atas nama Ust Solihin.

Demikianlah informasi yang kami dapatkan dari sumber resminya terkait dengan Biaya Masuk Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencarikan pendidikan islam untuk anak anda saat ini. Informasi biaya lain terkait dengan pondok silahkan anda klik Pondok Pesantren Terbaik di Solo

sumber: https://www.almukminngruki.or.id/

Biaya Masuk Pondok Pesantren (ponpes ) Islam Al-Mukmin Ngruki Solo | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5