Biaya Masuk Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Solo

Bingkaiberita.com – Pondok Pesantren As Salam Solo merupakan salah satu pesantren yang ada di Solo sebagai salah satu lembaga pendidik terbaik dengan sistem modern yang didirikan sejak tahun 7 Agustus 1982 oleh H Abdullah Marzuki dan Hj Siti Aminah Abdullan yang berada dibawah naungan sebuah yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta.

Profil Pondok Pesantren Assalam Solo

Mengenal lebih jauh ponpes assalam solo yang dibangun oleh yayasan majelis pengajian islam surakarta. Pertama didirikan adalah lembaga Madrasah Diniyah Awaliyah. Seiring perkembangan waktu dan zaman bahwa yayasan ini akhirnya memutuskan membangun sebuah pondok pesantren yang awal namanya adalah ponpes punggawan dan akhirnya berubah menjadi seperti saat ini yaitu Ponpes Assalam

Banyak orang yang mengenal bahwa ponpes assalam ini berada di kota solo, namun sebenarnya ponpes ini berada di Kabupaten Sukoharjo.

Pesantren Assalam Solo

Assalam Solo adalah salah satu pesantren dengan sistem modern yang menggabungkan dua unsur penting di dalam dunia pendidikan dan kepesantrenan yaitu kurikulum nasional (umum) dan kurikulum kepondokan yang berisi tentang ulumul qur’an, hadist, usulfiqh, fiqh dan lainnya.

Pesantren assalam ini dibuka untuk jalur jenjang pendidikan untuk lulusan sekolah dasar maupun untuk sekolah menengah pertama, yaitu untuk jenjang pendidikan MTS dan MA.
Selain itu para santri juga harus dapat berbahasa asing yang harus digunakan adalah bahasa arab maupun inggris dengan ditunjang oleh beberapa fasilitas yang ada

Fasilitas Pondok Assalam Solo

Menariknya pondok assalam ini memiliki fasilitas yang berbeda dengan pondok lainnya dalam mevasilitasi jenis kegiatan ekstrakulikuler. fasilitas lainnya memang seperti ponpes lainnya dengan fasilitas dapur, masjid, kamar yang bagus dengan alas sewa beda yang berbeda dengan menggunakan ranjang tingkat kasur setebal 15 cm sehingga nayaman untuk beristirahat yang mana satu kamar hanya digunakan dua orang atau lima orang saja tidak terlalu banyak orangnya dibandingkan dengan pesantren gontor yang mana satu kamarnya digunakan untuk 40 santri.

Untuk penujuang kegiatan ekstrakulikuler pesantren menyediakan sebuah teleskop utama untuk kegiatan observatori Astronomi.

Keunggulan Ponpes Assalam Solo

Berbeda dengan ponpes lainnya. Pondok pesantren assalam benar-benar memfasilitasi santrinya terlihat dari kegiatan ektrakulikulernya yang memang berbeda seperti observatorium Astronomi yang mana para santri dibekali dengan alat teleskop selain dari pada itu

Pondok pesantren ini memiliki seragam baju khas warna batik hijau untuk membentuk keseragaman para santri. Selain itu juga kamar yang cukup bagus menjadi salah satu keunggulan dan pertimbangan para orang tua untuk menyekolahkan di ponpes assalam ini.

Selain dari kegiatan ekskul ilmu falak di pesantren Asslam solo ini juga hadir kelas internasional dan kelas intensif kuliyatul qur’an wal hadist dalam mencetak para hafidz alqur’an dan hadis dengan beberapa materi sains dengan pengantar bahas Inggris.

Biaya Masuk Ponpes Assalam Solo

Setiap calon santri yang ingin mendaftar mereka wajib membayar biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah sebelum mereka lolos menjadi santri. Namun setelah mereka diterima setelah melakukan pendaftaran online di portal resminya mereka wajib membayar biaya daftar ulang dengan biaya sekitar 19 juta rupiah sudah termasuk dengan SPP 1 bulan, uang semester, uang buku setahun, iuaran, biaya ta’aruf atau orientasi, paket failitas kamar, seragam, dana kesahatan dan lainnya.

Sedangkan bagi yang sudah masuk dan menjadi santri mereka wajib melakukan daftar ulang untuk jenjang pendidikan kelas 8 MTS sampai dengan kelas 12 MA dengan rincian sebagai berikut

Informasi selengkapnya anda bisa langsung kontak ke nomor ponpes assalam sebagai berikut

NOJenis PembayaranBiaya
1SPP Bulan Juli2,5 juta
2Buku 1 tahun1,45 juta
3Ujian Mid/SMT 1 tahun450 ribu
4Ta’aruf dan Orientasi50 ribu
5Iuran MPP 1 tahun200 ribu
6Dana Kesehatan500 ribu
7Pakaian Olahraga150 ribu
Jumlah5,3 juta

Info Lengkap & Lokasi Pondok Pesantren Assalam

Alamat: Kartasura, Jalan Garuda Mas, Pabelan, Sukoharjo – Surakarta, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57102
(0271) 718741

sumber: https://assalaam.or.id/

Demikianlah informasi kami terkait biaya pondok pesantren di solo semoga menjadi acuan bagi para orang tua untuk dapat menyekolahkan anak di sekolah pesantren terbaik di jawa tengah ini.

Biaya Masuk Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Solo | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5