Biaya kuliah STPN D4

Advertisement

Bingkaiberita.com -Perguruan tinggi kedinasan memang menjadi pilihan tepat bagi para lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) namun siapa sangka jika tidak semua perguruan tinggi kedinasan ini harus ikatan dinas, atau dengan kata lain setelah mereka lulus menjadi sarjana vokasi diterima langsung Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kampus yang berada di Yogyakarata ini salah satu contoh sekolah kedinasan yang tidakn menerapkan ikatan dinas, mereka bisa leluasa memilih mau bekerja dibidang kantor BUMN, BUMD, Kantor pertanahan ataupun di dinas lainnya yang membutuhkan keahliannya.

Karena STP Tidak Berikatan dinas, maka para taruna dan taruninya harus membiayai kulian STPN secara mandiri. STPN sudah lahir sejak 1963 tahun silam yang awalnya bernama Akademi Agraria yang bisa dibilang sebagai sekolah kedinasan tertua di Indonesia. Sekolah yang ada di Badan Pertanahan Nasional ini berada di Jalan tata Bhumi no 5, Banyuaraden, Gamping Sleman.

Program studi di STPN secara terperinci membuka dua program diploma atau sekolah vokasi, yang pertama untuk sekolah program diploma satu dengan prodi pengukuran dan pemetaan kadastral dan kedua adalah program stuid pertanahan untuk Diploma 4.

Berapa Biaya Kuliah STPN D4?

Tentunya program studi diploma empat ini biaya kuliah STPN D4 berbeda dengan program diploma satu yang notabene kami ambil dari portal resmi stpn.ac.id yang mana untuk toal studinya blom diupdate oleh portal masih tahun 2015 silam, namun masih bisa digunakan untuk refrensi kedepannya.

 1.Program Studi Diploma IV Pertanahan

NoUraianBiaya (Rp.)
1BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER I 8.860.000
2BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER II5.850.000
3BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER III6.450.000
4BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER IV5.755.000
5BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER V5.580.000
6BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VI4.680.000
7BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VII5.755.000
8BIAYA PENDIDIKAN SEMESTER VIII6.820.000
Total49.750.000


Keterangan:

  1. Biaya belum termasuk biaya lain-lain swakelola Taruna .
  2. Tarif dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perubahan peraturan yang berlaku.

Berapa Biaya Asrama STPN?

Karena STPN merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi dengan konsep boarding school maka semua taruna dan taruninya harus tinggal di asrama ST{N sehingga Pembelajaran dapat optimal dan fokus akan pendidikan karakter dan kecedasannya sehingga mampu melahirkan taruna dan taruni yang handa dalam wajah dan masa depan agraria di Indonesia}

Apakah STPN Gratis?

Seperti yang kami singgung diatas bahwa saat ini STPN tidak berikatan dinas sehingga mereka secara bebas menentukan untuk bertanggung jawab secara mandiri tentang masa depannya. Dan Kementerian Agraria tidak menjamin yang masuk STPN bisa langsung menjadi CPNS karena mereka harus melalui dan mengikuti tes CPNS seperti mahasiswa lainnya.

Apakah Lulusan STPN Langsung Jadi PNS?

Seperti yang ada di persyaratan pendaftaran STPN bahwasanya mereka yang mendaftar diwajibkan untuk menulis surat pernyataan bahwasannya mereka tidak menuntut untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Karena STPN sudah tidak berikatan dinas dan tidak gratis mereka harus membiayai kulaih secara mandiri.

sumber:penerimaan.stpn.ac.id

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Biaya kuliah STPN D4 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5