Biaya Bulanan Pondok Pesantren Gontor

Bingkaiberita.com – Pondok Modern Darussalam atau yang lebih dikenal dengan Pondok Gontor merupakan salah satu ponpes yang terletak di Desa Gontor, Kabupaten Ponorogo Jawatimur

Banyak wali siswa yang ingin memasukkan anaknya ke ponpes gontor karena terbilang sudah sukses mencetak alumni yang dikenal oleh masyarakat. Pesantren ini menerapkan dua penguasaan bahasa asing untuk aktivitas keseharianya yaitu bahasa arab dan inggris selain itu juga dikenal sebagai tempat yang memiliki dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi

Untuk biaya masuk gontor terbilang lebih murdah dibandingkan dengan biaya pesantren di Jakarta atau di beberapa boardingschool lainnya. Karena memang tidak lebih dari 10 juta rupiah mereka sudah bisa memasukkan anaknya di pesantren ini.

Biaya Bulanan Pondok Pesantren Gontor

Seperti ditempat lainnya. Pesantren ini juga mengharuskan santrinya untuk membayarkan biaya spp setiap bulannya yang secara rinci mereka membayar uang makan setiap bulan sekaligur membayar iuran asrama dan sekolah.

Sesuai dengan situs portal gontor.ac.id yang diakses pada tanggal 22 mei 2022 bahwa biaya bulanan pondok gontor ini sebesar 730 ribu dengan rincian uang makan setiap bulannya sebesar 350 ribu dan untuk uang asrama dan sekolah sebesar 380 ribu. Perlu diingat bahwa setiap tahunnya harga biaya bulanan akan berbeda sesuai dengan harga indeks kebutuhan pokok.

NB: Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pesantren.

Untuk biaya kegiatan dan lainnya seperti biaya organidasi, kepanitiaan, kertas, sumbangan pembangunan dan lainnya dibayarkan setahun sekali

Syarat Masuk Pendaftaran Gontor

Bagi orang tua wali yang ingin anaknya masuk di pesantren gontor mereka harus mempersiapkan dan melengkapi berbagai dokumen

– Calon santri adalah lulusan sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah maupun berijazah sekolah menengah pertama (SMP) atau Madrasah Ibtidaiyah. Untuk yang masuk menggunakan ijazah SD masa belajarnya selama 6 tahun, sedangkan yang menggunakan ijazah SMP sederajad maka masa belajarnya 4 tahun

– Calon santri telah mampu dalam membaca alqur;an dengan baik, mengerjakan ibadah sehari-hari dan mampu menulis arab

– Calon santri berhak mengikuri ujian masuk KMI dan psicotes dan sanggup untuk bertempa tinggal di asrama

– Calon santri sehat jasmani maupun rohani

Yang berhak mengikuti ujian adalah bagi mereka yang telah melakukan pendaftaran secara online dan melunasi biaya pendaftaran dengan melengkapi seluruh formulir pendaftaran dan mendapatkan nomor ujian. Mencetak berkas dari halaman pendaftaran dan menyerahkan dokumen pendaftaran saat tiba dilokasi ujian.

Berkas Dokument Pendaftaran Gontor

Adapun berkas yang harus diserahkan kepada panitia sebelum mengikuti ujian adalah sebagai berikut

– Bukti pendaftaran calon pelajar
– Menyerahkan Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar
– Menyerahkan surat pernyataan wali yang dibubuhi materi 10 ribu
– Menyerahkan Akta kelahiran sebanyak 2 lembar
– Menyerahkan kartu keluarga sebanyak 2 lembar
– Menyerahkan KTP orang tua/ wali 2 lembar
– Menyerahkan hasil tes kesehatan di Balai kesehatan Pondok (BKSM)
– Menyerahkan pasfoto yang berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dan 3×4 sebanyak 8 lembar dengan ketentuan sebagai berikut
Putra: Menggunakan kemeja putih dengan berground berwarna merah
Putri Menggunakan jilbab putih dengan latar background berwarna biru

NB: Surat permohonan santri bisa didaprkan melalui website resmi saat pendaftaran online setelah melakukan pelunasan biaya.

Persiapan Materi Ujian Pendaftaran Gontor

Bagi yang belum tau apa saja yang akan diujikan untuk masuk di Gontor adalah dengan dua materi ujian yaitu materi ujian lisan dan materi ujian tulis.

Untuk Ujian lisan terdiri dari Phsycotes atau tes wawancara, baca alqur’an dan praktik ibadah baik qauliyah maupun amaliyah

Untuk ujian tulis yang akan diujikan adalah imla’ atau dikte tulisan arab, Berhitung angka dan soal matematika dasar dan Bahasa Indonesia.

Berikut beberapa pernyataan dari beberapa wali murid untuk ponpes Gontor.

Apakah di Gontor ada Loundry? Bagi anak pejabat yang memang jarang mencuci sendiri, mereka bisa meloundry pakaian mereka menggunakan jasa loundry yang telah dikoordinir oleh para pengurus OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern). Dengan biaya yang telah ditentukan oleh bagian Loundry. Namun, pondok sendiri tidak menyediakan secara gratis pencucian pakaian

Apakah di Pondok Gontor Boleh Bawa HP?

Di Pondok Gontor tidak diperbolehkan membawa hp, namun mereka diberikan fasilitas komunikasi berupa warung telpon atau wartel yang menjadi salah satu media komunikas dengan kedua orang tua. Orang tua juga bisa menelpon anaknya ke pengasuhan santri jika memang rindu berat dengan anaknya.

Apakah di Gontor Mengajarkan Kitab Kuning?

Tidak seperti pesantren-pesantren salaf yang mengajarkan kitab kuning, Gontor tidak mengajarkan kitab kuning namun lulusannya mampu membaca kitab gundul. Kitab yang digunakan oleh gontor dari pertama sampai saat ini tidak berubah, masih menggunakan kitab yang sama yang dibuat oleh para ustadz yang mumpuni dibidangnya.

Apa saja yang dipelajar di pondok pesantren gontor?

Kurikulum yang digunakan oleh pondok adalah kurikulum KMI, yang mana secara garis besar mereka memiliki kurikulum sendiri atau mu’adalah yang telah diakui negara dengan memadukan antara pembelajaran umum dan pombelajaran pesantren yang mana ada pelajaran fiqh, hadist, tauhid, tafsir, nahwu, sorof, bahasa arab, ski (sejarah Islam) dan masih banyak lagi.

Apakah Lulusan SMA dan Perguruan tinggi bisa masuk pesantren Gontor?

Tentu bisa, karena tidak ada batasan usia untuk masuk pesantren gontor.

Kenapa Harus GONTOR?

Perlu diketahui bahwa gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren untuk semua golongan dan tidak berafiliasi dengan partai politik maupun ormas apapun, menerapkan dedikasi dan penerapan disiplin yang tinggi dalam penguasaan bahasa asing baik arab maupun inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Biaya Bulanan Pondok Pesantren Gontor | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5