Biaya Bpjs Kesehatan Naik, Kapan Mulai Berlaku?

Advertisement

Biaya BPJS Kesehatan diakabarkan naik 100% dari penetapan biaya awal, hal itu karena memang terjadi masalah keuangan yang terjadi pada BPJS, Defisik keuangan bpjs pada tahun ini mencapai 32,8 trilyun sehingga iuran bpjs dinaikkan. Dan kapan Mulai berlaku?

Kapan Mulai Berlaku Kenaikan Iuran BPJS?

Peserta BPJS Kesehatan Mandiri akan mulai membayar kenaikan iuran bpjs ditahun 2020 hal itu dikarenakan menunggu terbitnya peraturan presiden terbaru. Sedangkan untuk Penerima Bantuan Iuran sekaligus ASN, PNS, TNI, POLRI yang ada di kelola oleh pemerintah pusat dan daerah rencananya untuk PBI APBD ditanggung oleh Pemda yang dahulunya iuran untuk PBI Daeah diselesaikan oleh Pusat dan Hal itu akan menjadi tanggung jawab pemda setempat. Dalam hal ini pemda harus menyiapkan fasilitas kesehatan yang terjamin mutu dan kualitasnya mulai dari alat kesehatan, tenaga medis dan lainnya yang menyangkut terkait dengan kesehatan.

Iuran bpjs Kesehatan Mandiri

Dalam hal ini kenaikan akan mulai diberlakukan pada tahun 2020 dengan biaya kelas yang berbeda-beda sesuai dengan usulan dari dewan jaminan sosial nasional seperti berikut ini:
– Iuran Kelas Satu Semula Rp. 80 ribu Naik Menjadi Rp. 160 ribu
– Iuran Kelas Dua Semula Rp. 51 ribu Naik Menjadi Rp. 110 ribu
– Iuran Kelas Tiga Semula Rp. 25.500 Naik Menjadi Rp. 42 ribu

Defisit anggaran ini mulai terjadi di tubuh bpjs kesehatan mulai dari tahun 2014 dan hingga kini iuran kenaikannya baru dilakukan pada tahun ini.

Cek Iuran Bpjs Kesehatan

cek iuran bpjs

Untuk melakukan tagihan pembayaran BPJS dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik melalui kantor bpjs terdekat di kota anda atau cara offline maupun dengan cara tanpa has datang ke kantor bpjs dengan langkah sebagai berikut ini:

– Pertama melalui website yang dapat dilakukan melalui situs resminya yang ada di alamat daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Setelah itu pada menu paling atas sendiri ada menu cek tagihan pembayaran dengan memasukkan nomer kartu bpjs, tanggal lahir dan validasinya akan tersedia rincian pembayarannya.

– Kedua, melalui Aplikasi JKN yang dapat anda unduh di playstore google di smartphone anda dengan nama Aplikasi JKN Mobile anda bisa login menggunakan nome hp, username, nomer kartu bpjs dengan password dan sekaligus menggunakan validasinya untuk dapat login ke menu dan selanjutnya anda silahkan menekan tombol tagihan pembayaran atau rincian pembayarannya.

Login Bpjs Kesehatan

login bpjs kesehatan

Nah, untuk login sendiri anda bisa menggunakan nomer kartu bpjs yang telah anda daftarkan di aplikasi JKN mobile ataupun dengan cara mendaftar di kantor BPJS terdekat dan pendaftaran bpjs dapat dilakukan melalui cara offline ataupun online.

Cek Keanggotaan Bpjs Kesehatan online

Cek Keanggotaan Bpjs Kesehatan online

Anda juga dapat melakukan pengecekkan anggota keluarga yang sudah masuk menjadi member anggota BPJS. Bagi yang sudah menyampiakan slip gaji PNS dan kartu keluarga dengan cek secara online di aplikasi JKN Mobile. Bagi yang menjadi anggota bpjs mandiri juga dapat dilakukan pengecekkannya menggunakan aplikasi mobile JKN, karena dengan aplikasi tersebut semua hal berkaitan dengan BPJS akan semakin mudah.

Apalagi jika anda tidak membawa kartu BPJS, cukup memperlihatkan kartu keanggotaan yang ada di JKN Mobile untuk mendaftarkan diri di pelayanan unit kesehatan masyarakat baik itu puskesmas, dokter pilihan, ataupun rumah sakit tempat faskes pertama anda untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Nah, semua dapat mudah menggunakan aplikasi jkn mobile mulai dari pendaftaran bpjs, perubahan faskes pertama, perubahan alamat, dan perubahan lainnya yang dapat anda akses melalui aplikasi JKN Mobile.

 

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Biaya Bpjs Kesehatan Naik, Kapan Mulai Berlaku? | Topik Nugroho | 4.5
close