Berapa Biaya Bantuan Porter di Stasiun?

Bingkaiberita.com – Barang bawaan di stasiun kereta api, merupakan tanggung jawab masing-masing penumpang, namun jika barangnya banyak bisa meminta bantuan ke porter yang ada di Stasiun. Namun, sebuah unggahan di facebook mempertanyakan apakah porter yang ada di stasiun harus bayar?

Inilah Penjelasan dari PT Kereta Api Indonesia.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta memberikan informasi bahwa setiap penumpang agar membawa barang sesuai dengan kemampuannya namunjika ada permintaan bantuan pihak lain yang akan membawakan barang seperti porter maka harus memberikan timbal balik atas bantuan yang diberikan kepada penumpang

Ketentuan barang bawaan penumpang

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari stasiun atau dari PT Kereta Api Indonesia bahwa setiap penumpang akan diberikan bagasi gratis maksimal sebesar 20 kilogram dan Volume maksimum 100 dm3 (dimensi maksimal 70x48x30 cm).

Namun, jika seorang penumpang kedapatan membawa bagi melebih dari ketentuan yang berlaku dengan berat dan volume yang telah ditentukan maka akan dikenakan tarif per kilogramnya sebagai berikut

Untuk Kelas Eksekutif dengan besaran Rp 10 ribu rupiah
Untuk Kelas Bisnis dengan besaran Rp 6 ribu rupiah
Untuk Kelas Ekonomi dengan besaran Rp 2 ribu rupiah

Berapa Biaya Porter Stasiun?

Untuk penumpang yang memang dibantu oleh porter yang ada di stasiun memang harus memberikan timbal bali atas jasa yang diberikan oleh porter. Dan anda biayanya tergantung dari kebijakan anda sebagai penumpang.

Sementara barang bawaan yang dibawa harus ditaruh dibagai rak atas yang ada di tempat duduk atau bisa juga diletakkan ditempat lain yang tidak membahayakan atau menganggu penumpang lainnya.

Berapa Biaya Bantuan Porter di Stasiun? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5