Beda Daerah Beda Bahasa

Ternyata tiap daerah mempunyai keanekaragaman bahasa daerah  masing-masing , mulai dari bahasa jawa aja antara ngoko lugunya aja tidak sama,  kalau kita bilang “ Kon “ untuk daerah malang, pasuruan, lumajang, Surabaya maka di daerah jawa tengah sudah menggunakan kalimat “jal”, dan sebagainya . Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang efektif  Yang bisa dipahami antara satu orang dengan yang lainnya.

Bahasa merupakan salah satu dasar dan pondasi untuk terjadinya persatuan dan kesatuan bangsa , Lebih jelasnya  bahwa bahasa sebagai pemersatu bangsa, Jikalau bahasa sebagai pemersatu, maka ras dalam suatu daerah lebih erat dari bahasa itu sendiri.

Bahasa daerah tidak boleh lenyap dari bangsa ini, meskipun bahasa daerah tidak lagi diminati oleh anak muda yang tinggal pada daerah tersebut, terlebih jikalau bahasa tersebut mempunyai tingkatan sendiri-sendiri dari kalangan anak muda, orangtua, keluarga dari golongan darah biru. Bahasa komunikasi antar anak muda dan orang tuapun berbeda dengan bahasa komunikasi antar sesama anak muda , harus ada penghormatan lebih terhadap orang yang dituakan  atau bahasa halusnya.

bahasa dunia

 

Bahasa daerah ini mulai ditinggalkan oleh para anak muda  zaman sekarang, Karena di Keluarga mereka menggunakan bahasa Indonesia untuk media komunikasi antar orang tua dan anak, hingga akhirnya  mereka melupakan bahasa daerah ,meskipun mereka tinggal di daerah tanah jawa sekalipun.

Pentingnya bahasa daerah bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah sebagai pemersatu daerah dalam suatu negara dan bangsa. Jikalau seseorang ada dalam suatu negara ,khususnya luar negri dan bertemu dengan  orang yang mempunyai domisili sama dalam suatu daerah maka mereka pasti menggunakan bahasa daerah tersebut.

Bahasa daerah juga sebagai  penghilang rindu dari kesepian yang lama, yang tersenyap dari hilangannya bahasa pada dirinya dan  dari sekian lama tidak menggunakan bahasa  dalam suatu logat tertentu. Orang akan merasa puas jikalau sudah bertemu dengan sesama orang yang berdomisili sama dalam suatu daerah.

Untuk itu bahasa daerah tidak boleh hilang dari peradaban bangsa di setiap daerah , Dalam peradaban sekarang ini  bahasa daerah perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi untuk kedepannya supaya anak muda dapat selalu memperhatikan bahasa agar tidak punah keberadaannya  di suatu daerah atau di dunia.

“Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway

banner-giveaway-aku-cinta-bahasa-daerah-ala-niar-ningrum

Beda Daerah Beda Bahasa | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5