Pendaftaran Online Beasiswa Santri Berprestasi

Bingkaiberita.com, Pendaftaran beasiswa santri berprestasi merupakan salah satu program dari kementerian agama yang dilakukan sejak 2005 hingga sekarang dan beasiswa ini memiliki artian yang sangat penting pada kondisi siswa berprestasi sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan siswa miskin berprestasi hingga mereka dapat kuliah di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Program ini mulai dibuka kembali selama sebulan mulai dari tanggal…

Beasiswa Santri ini akan diberikan ke beberapa santri yang memiliki kompetensi untuk berkembang dimana kiprah alumni pesantren menjadi salah satu tonggak sejarah dalam pembangunan negara. Apalagi pesantren memiliki kontribusi yang sangat penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah belanda. Kehadiran negara dengan apresiasi PBSB atau pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi menjadi tonggak awal negara dalam membangun dan mendukung kiprah alumni pesantren.

Adapun beberapa bidang yang nantinya dapat digeluti oleh para santri yang ingin melanjutkan perkuliahan adalah sebagai berikut Mereka dapat memilih pada bidang yang diminati seperti ilmu murni, farmasi, ilmu kedokteran, kesehatan, teknologi informasi, agribsinis, pertanian, ilmu agama islam, perkapalan, desain, ilmu pengetahuan budaya, teknik sipil, industri, mesin, fisikan, biologi, matematika dll.

Prestasi santri yang mendapatkan beasiswa ini tidak kalah dengan mereka yang juga mendapatkan beasiswa dengan program hampir 10 tahun berjalan sejak 2005 yang sudah menelorkan hingga 3.428 yang sudah bertitel sarjana dengan jumlah total 4.276 yang telah mendapatkan beasiswa ini, sebanyak 848 lainnya masih bergelut pada bidang masing-masing dalam menjalani perkuliahan. Dalam hal ini Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, dan Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengumungkan terkait pendaftaran beasiswa santri.

1. Pendaftaran calon peserta seleksi PBSB dilakukan secara online dengan link website sebagai berikut: www.pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id
2. Pembukaan pendaftaran akan dimulai pada tanggal
3. Mulai berakhir pendaftaran pada tanggal
4. Calon peserta PBSB akan dilaksanakan pada tanggal .. yang bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Agama.
5. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan pendaftar adalah sebagai berikut ini:
a. Pelamar harus memperhatikan ketentuan dan pelaksanaan umum seleksi.
b. Pelamar harus memperhatikan pilihan kuota dan syrat dari masing-masing Prodi pada jurusan yang diambil oleh peserta.
c. Tidak ada yang memberikan data palsu, bagi yang kedapatan dapat diberikan sanksi.
d. Bagi pelamar yang sudah dinyatakan lulus dalam tahap seleksi, dan yang melanggar ketentuan tersebut maka pesantren dan sekolah asal dimasukkan dalam backlist.
6. Semua pendaftaran seleksi PBSB tidak dipungut biaya ataupun GRATIS.
7. Pelamar harus berhati-hati terhadap bentuk penipuan apapun dengan mengatasnamakan panitia PBSB.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan dan info selengkapnya terkait dengan pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi.

Pendaftaran Online Beasiswa Santri Berprestasi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5