Denda Google, Sepanjang Masa Hingga Sediakan Lebih 5 ribu Beasiswa Digital, Ini Kesalahannya

Bingkaiberita.com – Siapa yang tidak mengetahui salah satu mesin pencari terbesar dalam sejarah memiliki kesalahan yang membuatnya didenda hingga 85 juta dollar AS.

Perusahaan yang berasal dari Mountain View California AS ini telah melanggar undang-undang privasi dengan mengumpulkan data lokasi pengguna android yang diklaim dilakukan secara ilegal dengan melacak pengguna untuk iklan yang tertarget. Peristiwa ini sangat bersejarah karena tidak ada entitas perusahaan yang kebal hukum.

Namun, meskipun google terkena denda mereka masih menyelenggarakan program google carier certificates dengan menyediakan 5.500 Beasiswa bagi siswa maupun mahasiswa yang ingin mengembangkan potensinya dalam bidang digital kreatif yang bekerjasama langsung dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di indonesia

Pelatihan ini akan dimulai pada bulan oktober hingga Desember yang diselenggarakan oleh para pakar dan praktisi senior di Google.

Program sertifikasi tersebut dibuat untuk membekali para mahasiswa dan siswa dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata, baik dibekali pada pengetahuan teoritis maupun praktis yang disampaikan dalam bentuk tutorial, kursus, latihan dan pembelajaran yang berbasis project dengan dukungan para praktisi seniol dan mentor yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Denda Google Sepanjang Masa tersebut tidak menyurutkan bagi google untuk mengimplementasikan program-programnya kepada masyarakat. Meskipun saat ini google harus membayar denda jika dirupiahkan sekitar Rp 1,2 Trilyun yang disebut sebagai denda terbesar sepanjang sejarah google. Namun google akan berkomitmen memiliki fokus dalam menghadirkan produk yang berguna untuk penggunanya meskipun iklan tertarget atau fitur pelacakan sudah dimatikan.

Sementara itu untuk mendukung perekonomian Indonesia dibidang digital dan kreatif, Google akan memberikan program yang bersertifikasi dengan rincian 3 ribu beasiswa untuk Sertifikat IT Support dan sertifikat Analisis Data, Sedangkan beasiswa Android Developer sebanyak 1.250 dan Machine learning sebanyak 1.250 sehingga total program beasiswanya sebanyak 5.500 beasiswa.

Denda Google, Sepanjang Masa Hingga Sediakan Lebih 5 ribu Beasiswa Digital, Ini Kesalahannya | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5