Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Advertisement

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Adalah salah satu badan akreditasi yang dimiliki oleh pemerintah dibawah naungan kementerian pendidikan, riset dan teknologi republik Indonesia memiliki fungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. MelaluiĀ  Sertifikat Akreditasi Ban PT di tiap kampus pada masing-masing jurusan.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi juga disebut dengan singkatan BAN PT yang memiliki fungsi penting dalam melaksanakan monitoring mutu terhadap lembaga pendidikan tinggi, dan berupaya lebih jauh untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi baik secara pengelolaannya, relevansi pada dunia pendidikan dan akademisi sehingga dapat terjaga mutu dan kualitas serta memiliki efesinesi yang tinggi dalam keberlanjutan pendidikan tinggi.

Langkah inilah yang diambil oleh kemnristekdikti dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui akreditasi perguruan tinggi yang memiliki batas atau expired masa berlaku dari akreditasi kampus tersebut.

Dalam pendaftaran cpns seorang pelamar diwajibkan untuk menyertakan status akreditasi dari sebuah perguruan tinggi di Ban PT, karena dalam persyaratannya sebuah instansi mempersyaratkan akreditas fakultas maupun jurusan telah berakreditasi minimal A. Sehingga penting harapanya sebagai seorang pelamar cpns ataupun calon mahasiswa untuk mengetahui status akreditas di jurusan yang pernah atau hendak diambil nantinya.

Ban-PT sudah menggunakan stadarisasi sistem online yang mana untuk mengetahui status akreditas bisa dilihat melalui website resminya atau bisa juga dicek dilaman resminya dengan tutorial berikut ini:

Cara Cek Akreditasi Prodi Kampus

– Pertama, silahkan anda langsung menuju situs resmi dari Ban PT yang beralamat di https://banpt.or.id

– Keduaa, silahkan anda mencari menunya di homepagenya dengan kata atau kolom data akreditasi,setelah itu anda pilih institusi sekarang anda dan program studi skearang yang akan anda cek akreditasnya.

– Ketiga adalah dengan melakukan pencarian status akreditas dengan mencari kampus terlebih dahulu yang akan anda lihat statusnya seperti gambar dibawah ini

– Keempat, anda bisa melihat status akreditas prodi pada mesin pencariannya anda bisa lihat dibawah ini:

Nah, itulah bagaimana cara cek akreditasi kampus dan dan cek akreditas prodi terbaru silahkan anda cek akreditas kampus anda untuk mencari tahu saat ini sebagai persyaratan pendaftaran cpns.

Terus setelah kita mengetahui akreditas kampus dan prodi yang dijadikan persyaratan CPNS, selanjutnya bagaimana caranya untuk mendapatakan cetakan sertifikat akreditasi Ban-PT nya.

Cara Mencetak Sertifikat Akreditasi Ban PT

sertifikat akreditasi

Nah, selanjunya adalah mencari tahu bagaimana mendapatkan sertifikat BAN PT, karena memang sebagai calon pelamr cpns dipersyaratkan untuk mencantumkan sertifikat akreditas kampus sesuai dengan prodinya.

Surat keterangan akreditasi kampus ini sebagai salah satu bukti bagi kampus untuk mendapatkan pengakuan Kemenristekdikti sebagai salah satu kriteria dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Berikut cara yang dapat anda ambil untuk mencetak sertifikat akreditasi kampus.
– Surat cetak Akreditasi kampus ini tidak diberikan kepada lulusan mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut akan tetapi seoranmg mahasiswa dapat meminta salinannya.

– Biasanya sebuah lembaga instituti pendidikan tinggi pada program studi sudah memiliki sertifikat akreditas tersebut dan Biro Administrasi Akdemik telah memilikinya.

-Bagi pelamar CPNS silahkan untuk datang ke biro akademik prodi masing masing untuk meminta cetakan surat keterangan Akreditasi BAN PT.

_ Pelamar juga bisa melihat di website resmi kampus, apabila di website kampus tidak menyediakannya silahkan adatang langsung aja ke prodi kampus anda. Apabila anda rumahnya memang jauh dari kampus tersebut dapat meminta tolong kepada teman atau dosen anda untuk menshare salinan pdf sertifikat akreditas kampus

Nah, itulah cara mendapatkan sertifikat akreditasi prodi kampus yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam melakukan pendaftaran cpns

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
close