Apa Mazhab yang dipakai di Ponpes Al Fatah Temboro

Bingkaiberita.com – Kampung Madinah yang ada di Desa Temboro Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan Jawa Timur Tak hanya berasal dari warga negara Indonesia. Pondok pesantren yang dikenal dengan ponpes temboro ini santrinya yang jumlahnya ribuan berasal dari berbagai negara seperti Brunei, Malaysia,Thailand, Singapura,  Australia, Somalia, Filipina,Papua Nugini , Brunei Darussalam, , Timor Leste, Bangladesh dan masih banyak lagi namun pertanyaannya disinya Madzhab apa yang dipakai sehingga sebanyak 19 ribuan santri dari lokal Indonesia dan luar negeri rela untuk belajar di Ponpes Temboro

Apa Mazhab yang dipakai di Ponpes Al Fatah Temboro

Ponpes Temboro sendiri didirikan oleh KH. Sarbun Sidik tahun 1939 yang berawal dari sebuah Masjid yang bernama Alfatah. Masjid tersebut sebagai pondasi dan soko guru awal berdirinya pesantren, setelah itu KH. Sidik membongkar rumahnya sendiri untuk dibangun sebuah pondokan yang digunakan untuk rumah santri karena jumlah santri yang belajar sekitar 50.

Selanjutnya berkembang pendirian gedung madrasah, gedung pondok, dan beberapa gedung lainnya yang digunakan untuk dakwah islamiyah, sementara itu ponpes temboro juga membangun program usaha perluasan dakwah Islamiyah untuk menghidupkan sunah-sunah nabi Dan hingga kini wilayahnya berkembang ditanah seluas 50 hektar.

Pondok Pesantren Alfatah Temboro ini menggunakan Madzhab Fiqih Syafi:iyah dengan aqidah ahlu sunnah waljamaah mengikuti imam asy’riah. Namun berkembang di masyarakat bahwa pesantren Temboro adalah salah satu ponpes terbesar yang dikatikan dengan Komunitas Islam Jama’ah Tabligh terbesar seasia Tenggara.

Jama’ah Tabligh sendiri bukanlah sebuah organisasi melainkan sebuah komunitas gerakan dakwah yang benar-benar terjun ke masjid untuk berdakwah sehingga tujuan dari ponpes ini adalah berilmu, berdakwah seperti dakwahnya nabi, melakukan penyebaran agama islam melalui kegiatan Khuruj sehingga santrinya tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan sampai keluar negeri, karena khuruj jama’ah tablig bukan hanya lintas daerah melainkan sudah lintas dunia.

Sehingga ponpes ini terkenal diseantero dunia bagi komunitas jama’ah tabligh. Sementara itu lulusan dari pondok pesantren temboro selain memiliki hafala Qur’an mereka juga dibekali hafalan hadist nabi sebagai bekal ilmu dakwah

Tidak salah jika di ponpes temboro disebut dengan Kampung Madinah yang ada di jawa Timur dan disematkan sebagai kampung madinah sejak 1980 an, dan desa inipun ramai aktivitas mengaji dan menghafal Qur’an.

Apabila anda penasaran dengan Ponpes Alfath Temboro anda bisa datang saat bulan Ramadhan akan digelar pengajian rutin selesai salat tarawaih dan Juga anda yang ingin mengikuti murojaah hafalan Qur’an bisa datang ke Temboro untuk datang mengikuti shalat tarawih menghabiskan 30 juz dalam semalam.

Atau anda tertarik menyekolahkan anak didik anda ke pesantren ini silahkan anda lihat rincian biaya masuk pesantren temboro

Apa Mazhab yang dipakai di Ponpes Al Fatah Temboro | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5