Mengenal Apa itu Line Haul Darat, Line Haul Udara Pada Sicepat Halu

Bingkaiberita.com – Bagi sebagian orang yang baru saja yang mengenal bisnis online, mereka pastinya sangat antusias dalam memilih beberapa pengiriman yang saat ini telah menjamur sukses dalam bidang pengiriman barang.

Namun, beberapa orang telah mencoba jenis pengiriman dan mulai membuat pertanyaan kecil dengan jasa pengiriman tersebut terutama pada pengiriman sicepat yang akhir-akhir ini banyak digunakan dalam pengiriman shopee marketplace. Pengiriman yang digunakan oleh marketplace ini ada dua jenis yaitu udara dan darat. Apabila Udara menggunakan Pesawat sedangkan darat menggunakan transportasi laut. Yuk, Kita mengenal apa itu sicepat selanjutnya dibawah ini

Daftar isi

Apa itu Sicepat?

Sicepat merupakan salah satu jenis pengiriman barang yang ada di Indonesia yang telah bekerjasama dengan e commerce seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia yang menyediakan berbagai macam keuntungan seperti Gratis Ongkir yang menjadi ikonnya.

Sicepat halu menjadi ikonnya karena HALU sendiri singkatan dari Harga Mulai dari Lima Ribu. Dengan estimasi pengiriman 1-3 hari untuk seluruh kota di indonesia sesuai dengan situs resmi Sicepat

Namun, dalam kenyataannya pengirimannya lebih dari 3 harian apalagi jika menggunakan “line haul darat” sehingga kita harus mencari tahu dari makna itu.

Sesuai dengan pengalaman kami ketika mengirimkan barang dengan menggunakan sicepat keluar pulau jawa, dari Jawa ke Lombok menggunakan Sicepat namun ketika dilakukan pengecekkan ada kata “line Haul Darat” dan sekitar sebulan baru sampai ditempat tujuan yang diinginkan. Semenjak itu kami mencari tahu apa makna dari Line Haul Darat Tersebut

Apa Itu “Line Haul Darat”?

Istilah yang digunakan dalam jasa pengiriman si cepat ketika tracking barang sesuai dengan nomor resinya. Ada istilah “line haul darat” berarti paket yang anda kirimkan atau yang anda beli sedang berjalan dengan menggunakan jalur darat atau menggunakan transportasi darat. Bisa menggunakan trukc barang atau bisa juga menggunakan kapal laut dalam pengirimannya untuk ke luar pulau jawa.

Kami sampaikan contoh berikut ini pengriman dari Yogyakarta ke Kupang

Paket telah di terima di Sidoarjo [Line Haul Darat MP Surabaya]

Selasa

26 Apr 2022
10:15

Terima permintaan pick up dari [Shopee]

17:34

Paket telah di drop di gerai [Bantul Sanden]

17:51

Paket telah di input (manifested) di Bantul [SiCepat Ekspres Bantul Sanden]

22:37

Paket keluar dari Bantul [Bantul Pendowoharjo]

Rabu

27 Apr 2022
02:19

Paket telah di terima di Bantul [Line Haul DIY]

05:01

Paket keluar dari Bantul [Line Haul DIY]

14:41

Paket telah di terima di Karanganyar [Line Haul Darat MP Solo]

14:52

Paket keluar dari Karanganyar [Line Haul Darat MP Solo]

Kamis

28 Apr 2022
19:51

Paket telah di terima di Sidoarjo [Line Haul Darat MP Surabaya]

20:04

Paket keluar dari Sidoarjo [Line Haul Darat MP Surabaya]

Rabu

04 May 2022
17:42

Paket telah di terima di DKI Jakarta [Line Haul Darat MP Jakarta]

19:06

Paket keluar dari DKI Jakarta [Line Haul Darat MP Jakarta]

Kamis

05 May 2022
22:13

Paket keluar dari Sidoarjo [Line Haul Darat MP Surabaya]

22:14

Paket keluar dari Sidoarjo [Line Haul Darat MP Surabaya]

Rabu

18 May 2022
16:42

Paket telah di terima di Kupang [Kupang Sortation]

17:32

Paket keluar dari Kupang [Kupang Sortation]

Kamis

19 May 2022
07:10

Paket telah di terima di Kupang [Kupang Oebufu]

08:08

Paket dibawa [SIGESIT – Dominikus Dominggo]

11:22

Paket diterima oleh [Anak – (KEL) Keluarga Serumah]

Line Haul Darat

Line Haul Darat Sicepat 2

Adapun Alasan Paket dikirim dengan menggunakan line haul darat karena sebagai berikut

Ongkos kirim yang terbilang cukup ekonomis inilah mengapa barang anda dikirimkan dengan menggunakan sicepat

Selanjutnya barang yang tidak bisa diangkut dengan menggunakan pengiriman udara seperti baterai laptop, cairan, benda tajam ini harus dikirim melalui jenis pengiriman transportasi darat

Saat ada event besar seperti menjelang lebaran, hari natal karena oveload pengiriman jalur udara maka pengirimannya diganti ke jalur darat.

Apa itu “line haul udara”

Berbeda dengan line haul udara, karena memang tidak ada permasalahan barang yang hendak diterima, maka perjalanan barang akan cepat sampai ditangan yang menandakan bahwa barang anda sedang berjalan menggunakan jalur udara, dan itu bisa antar kota sampai dengan antar pulau.

Sicepat ini diberi nama sicepat BEST atau besok sampai tujuan dengan menggunakan sicepat REG.

Kesimpulan

Sicepat HALu menggunakan layanan yang ekonomis atau murah, bahkan layanan jasa pengiriman yang ada di Marketplace tanpa harus membayar alias Gratis jika belanja di Marketpalce kesayangan.

Nah, anda bisa memperhitungkan jarak dari pengiriman, jika anda berada di luar pulau jawa sudah semestinya menggunakan jalur udara, namun untuk yang diwilayah sama antar kota dan provinsi bisa menggunakan jalur darat sesuai dengan perhitungan jarak.

Untuk urusan pengiriman ini adalah murni dari jasa pengiriman barang. Jika memang barang anda tidak sampai ditujuan dengan cepat jangan menyalahkan ke penjual barang karena memang penjual telah mengrimkan barang sesuai dengan pilihan anda disaat membeli barang tersebut.

Mengenal Apa itu Line Haul Darat, Line Haul Udara Pada Sicepat Halu | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5