Gagal Jadi Polisi Karena Buta Warna Parsial, Mengenal Apa Itu Buta Warna Parsial?

Bingkaiberita.com – Sebuah unggahan calon bintara viral di media sosial melalui curhatannya. Calon binatara tersebut gagal pada tes seleksi pertamanya karena memiliki buta warna persial.

Apa Itu Buta Warna Parsial?

Kondisi tersebut dapat diketahui sebelum dilaksanakannya pendidikan. Nah, dibawah ini kita akan mengetahui terkait dengan buta warna parsial yang menggagalkan seseorang untuk masuk pada pendaftaran bintara.

Dalam tahap seleksi fisik menyuluruh seorang calon bintara polri akan diperiksa bagian tubuh secara mnyeluruh baik itu dari jumlah gigi, kesehatan mata, dan bagian tubuh lainnya yang memang menjadi salah satu syarat masuk polisi.

Buta warna parsial merupakan keadaan dimana seseorang tidak mengalami buta warna secara menyeluruh melainkan buta warna sebagian dalam membedakan corak warna hanya sebatas pada warna tertentu saja misalnya tidak bisa melihat warna merah, hijau, biru ataupun kuning.

Buta warna parsial ini tidak terjadi pada banyak orang dan biasanya seorang pria cenderung memiliki potensi mengalami buta warna daripada seorang wanita.

Penyebab Buta Warna Parsial

Buta warna ini hanya disebabkan karena gen keturunan, namun adapula yang beranggapan bahwa seseorang yang mengalami buta warna parsial ini disebabkan oleh cedera mata seperti

Kerusakan Fisik pada mata
Merusak sara optik
Kerusakan pada bagian otak yang memproses warna
Katarak pada lensa mata
Karena aktor usia

Sementara itu ada beberapa jenis buta warna yang terjadi yang umumnya mereka tidak dapat melihat warna merah-hijau biru ataupun kuning.

Jenis Buta Warna parsial

Ada beberapa jenis buta warna sebagian yang memang diakibatkan karena rusak atau hilangan dalam retina mata nah berikut penjelasan singkat mengenati buta warna merah hijau atau biru kuning.

Buta Warna Merah-Hijau

Jenis buta yang seperti ini memang paling umum terjadi dan buta warna yang seperti ini memiliki empat jenis yaitu

Red Blind atau seseorang yang susah mengindentiikasi warna merah karena tidak memiiki kerucut warna merah

Merah lemah seseorang yang bisa melihat jenis warna merah tertentu saja dan masih adanya kerucut warna merah

Green Blind yaitu seseorang yang tidak memiliki warna kerucut hijau dan tidak bisa melihat warna hijau sama sekali

Hijau Lemah yaitu seseorang yang masih bisa meihat warna hijau tertentu namun masih memiliki kerucut warna hijau.

Buta Warna Biru Kuning

Jenis buta warna yang seperti ini ada dua jenisnya yaitu warna

Blue Blind atau seseorang yang tidak dapat membedakan warna biru dan tidak memiiki kerucut warna biru

Biru Lemah yang mana seseorang masih bisa mengidentiikasi warna biru tertentu karena masih adanya kerucut warna biru tersebut.

Cara Menguji Buta Warna parsial

Ada beberapa metode atau tes yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis mata terhadap buta warna parsial yang terjadi oleh sebagian orang dengan cara sebagai berikut

Cambridge Color Test

Tes ini menggunakan metode layar komputer yang mana dalam praktiknya seseorang akan disuruh untuk mencari huruf C dengan baground warna asli. Huruf ini muncul secara acak sehingga yang melakukan tes harus menekan tombol secara acak yang telah disediakan oleh penguji.

Tes Ishihara

Salah satu tes yang digunakan untuk melakukan pengujian terhadap pendrita buta warna dengan bentuk tes yang berupa kartu dengan titik yang memiliki warna dan ukuran yang berbeda.

Kartu tersebut membuat titik titik yang terhubung sehingga membuat dan membentuk angka dan huruf, jika seorang yang buta warna maka mereka tidak dapat mengidentiikasi angka atau huruf dalam bentuk titik titik tersebut.

Anomaloscope

Untuk melakukan pengecekkan buta warna merah hijau maka seorang penderita yang mengalami buta warna merah hijau ini akan diuji dengan menyamakan kedua potongan warna menjadi satu dengan kecrahan yang sama.

Farnsworth Munsell

Selanjutnya untuk penderita buta warna parsial bisa diuji dengan menggunakan balokbaok kecil yang sudah diberikan gradasi warna yang berbeda yang disusun sesuai dengan warna balok.

Apakah Buta Warna Parsial dapat sembuh?

Buta warna parsial adalah buta yang diturunkan karena faktor keturuan yang mana belum ada obat yang bisa menyembuhkannya.

Namun, apabila penyakit yang diderita karena disebabkan oleh penyebab cidera mata atau lainnya maka dapat menggunakan kacamata khusus yang bisa mengoptimalisasikan kemampuan penglihatan.

Nah, bagi yang mengalami buta waran parsial ini harus melakukan penyesuain penglihatan dengan memberi label pada pakaian dengan tulisan warna khusus dan mengurutkan urutan lampu lalu linta sehingga tidak salah dalam mengenali warna berhenti atau jalan. Anda bisa melihat pentingnya arti warna dalam kehidupan sehari-hari

Gagal Jadi Polisi Karena Buta Warna Parsial, Mengenal Apa Itu Buta Warna Parsial? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5