Buat Refrensi Tahun Depan Nih, Inilah Instansi Paling Sedikit Pelamar CPNS! Mana yang Terbanyak

Bingkaiberita.com – Pendaftaran Seleksi CPNS sudah selesai tahun ini dan sudah ditutup dan tercatat pelamar yang melakukan pendaftaran cpns kali ini mencapai 4,5 juta jiwa yang telah mengisi formulir.

Dan 4 juta pelamar sudah melakukan menyelesaikan pendaftaran dengan melakukan submit dan unggah dokumentnya. Pendaftaran online dilakukan melalui lamn portal sistem seleksi calon aparatur sipil negara di portal sscasn.bkn.go.id

Adapun setidaknya ada 10 instansi yang memang sedikit orang yang berkeinginan untuk melamar ada di daera Papua antara lain di kabupaten berikut ini:

Pemerintah Kabupaten Maybrat (85 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan (74 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (70 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Puncak (59 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Waropen (52 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Lebong (45 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Yahukimo (41 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Deiyai (37 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya (36 pelamar)
Pemerintah Kabupaten Yalimo (34 pelamar)

Meskipun memang pemerintah sudah melakukan perpanjangan batas waktu pendaftaran cpns, namun instansi diatas belum banyak yang melamar, karena mungkin mereka mengharapkan lebih dari PNS dan manfaat menjadi pns dibandingkan dengan pegawai swasta.

Sedangkan dibeberapa instansi memang ada jumlah permintaan pendaftar yang relatif banyak yang tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan. Dan sebagai calon pendaftar umumnya harus jeli mana yang sedikit pelamarnya supaya nantinya mendapatkan kesempatan dan peluang menjadi calon pegawai negeri sipil.

Adapun 10 instansi yang paling banyak dilamar pada tahun ini adalah sebagai berikut:

Kementerian Hukum dan HAM (627.144 pelamar)
Kementerian Perhubungan (140.659 pelamar)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (136.414 pelamar)
Kementerian Agama (117.556 pelamar)
Kejaksaan Agung (116.665 pelamar)
Pemerintah Provinsi Jawa Timur (66.493 pelamar)
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (62.915 pelamar)
Pemerintah Provinsi DKI (52.946 pelamar)
Kementerian Kesehatan (46.822 pelamar) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN (44.166 pelamar)

Semoga dengan refrensi diatas bisa dijadikan sumber refrensi untuk melamar instansi mana yang memiliki kesempatan untuk menjadi calon pegawai negeri sipil. Nah, sebagai pengetahuan saja untuk beberapa pemerintah kabupaten yang ada di Papua dan Papua Barat terkhusus mereka memang mengkhususkan diri untuk membuka peluang bagi orang asli papua atau OAP. Untuk yang lama tinggal dan memiliki KTP Papua mereka diberikan kesempatan hanya 20 persen dari jumlah total kebutuhan biasanya.

sumber: https://www.bkn.go.id/

Buat Refrensi Tahun Depan Nih, Inilah Instansi Paling Sedikit Pelamar CPNS! Mana yang Terbanyak | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5