Contoh Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani Untuk CPNS

Bingkaiberita.com – Apa beda dengan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter di fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta. Berbeda dengan surat keterangan sehat yang dilakukan untuk melihat kesehatan fisik saja, Namun untuk keterangan sehat jasmani dan rohani harus dilakukan oleh seorang spesialis kejiwaan. Dan Ada beberapa instansi yang memang memberi syarat untuk mengunggah surat keterangan sehat jasmani dan rohani

Surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini akan diberikan dua lembar dengan biaya yang sedikit lebih mahal dibangdingkan dengan surat kesehatan yang bisa didapatkan di klinik, puskesmas maupun rumah sakit dan seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

Pengertian Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini berbeda dengan surat keterangan sehat dari satu dokter , melainkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini dibedakan menjadi dua macam pertama adalah surat keterangan sehat dan kedua adalah surat keterangan sehat jasmani

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Silahkan anda kunjungi ke Rumah Sakit Umum daerah yang fasilitasnya lebih lengkap biasanya di RSUD di daerah anda sudah ada dokter spesialis yang nantinya akan memberikan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Anda harus menyiapkan berkas dokumnet seperti Kartu tanda penduduk, SIM atau surat domisili bagi yang saat ini sedang berada diluar daerah.

Kemudian anda datang ke rumah sakit umum daerah dan mengambil nomot antrian yang nantinya anda akan diarahkan ke bagian administrasi. DI bagian administrasi silahkan anda memberikan maksud dan tujuan anda datang ke RSUD tersebut.

Anda akan diarahkan ke ruang pemeriksaan dokter umum dan mengambil antriannya kemudian akan dilakukan pemeriksaan seperti tekanan darah, tinggi badan, berat badan dan seputar pertanyaan masalah sakit dan lainnya anda bisa berikan jawaban yang sebenar-benarnya.

Selanjutnya anda harus antri kembali ke bagian dokter spesialis kejiawaan untuk diperiksa dengan menggunakan sebuah angket yang berisi pertanyaan tentang kejiawaan dan pertanyaan lainnya dan anda serahkan kembali ke spesialis kejiwaan untuk mendapatkan hasilnya.

Dan anda membayar sesuai dengan administrasinya dan hasil akan diberikan oleh pihak administrasi dan biayanya tergantung dari rumah sakit tersebut

Biaya Pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Untuk biaya pembuatan surat keterangan sehat jasmani dan rohani lebih mahal dibandingkan dengan surat keterangan sehat karena pemeriksaan dilakukan oleh dua dokter yaitu dokter umum dan spesialis yang harganya mulai dari 100 ribu sampai dengan 200 ribu sesuai dengan masing-masing daerah.

Nah, berikut surat keterangan jasmani dan rohani yang diberikan oleh dua dokter tersebut

Contoh Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Bagi yang penasaran bagaimana bentuk dari surat kesehatan jasmani dan rohani yang selanjutnya akan ditandatangi oleh dokter umum dan dokter spesialis kejiwaan anda bisa lihat contohnya seperti berikut:

Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Jangan sampai anda salah surat ya, nanti jika anda salah surat kesehatan jasmani dan rohani anda tidak lolos administrasi. Untuk mendapatkan surat sehat tersebut seorang harus mengisi sebuah angket yang berisi pertanyaan yang nantinya diperiksa untuk mendapatkan hasilnya dan biayanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan surat kesehatan biasa.

Masa berlaku surat KETERANGAN sehat jasmani dan rohani

Untuk masa berlaku surat keterangan ini berlaku selama anda melakukan pendaftaran persyaratan administrasi cpns diawal dan tidak bisa digunakan kembali untuk hal lainnya tergantung dari hasil pemeriksaaan bisa hanya satu atau dua minggu atau satu bulan dibulan tersebut

Demikianlah contoh surat keterangan sehat Jasmani dan rohani yang saat ini anda masih penasaran dengan surat biasa.

Contoh Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani Untuk CPNS | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5