7 Negara yang Tak Wajibkan Protokol Kesahatan dan Penggunaan Masker

Advertisement

Kasus Virus Corona telah terjadi dibanyak negara termasuk Indonesia, sejumlah negara dilaporkan telah bebas dari Virus Corona dengan melepaskan kewajiban tak pakai masker dinegaranya. Sehingga tak wajib lagi menerapkan protokol keseahtan

Selama masa pandemi virus corona di Indonesia masker merupakan salah satu yang wajib digunakan untuk menekan penyebaran virus covid 19 dan menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang selain menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun dan lainnya.

Seiring menurunnya kasus di negara tersebut maka sejumlah negara telah memberikan pelonggaran dimna masker sudah tidak wajiblagi digunakan. Adapun beberapa negara yang telah membaskan diri dari penggunaan masker adalah sebagai berikut

Dilansir dari kompas.com inilah negara yang telah bebas dari Virus Covid 19

1. Israel

Israel adalah negara yang pertama kali menghapuskan aturan dalam penggunaan masker yang dilakukan sejak bulan april 2021 dan menyatakan dirinya telah bebas COVID.

Karena 70 persen masyarakatnya telah divaksinansi dan melaporkan tidak ada kasus COvid 19 Sejak 24 april seteah melakukan tindakan penguncian

2. Bhutan

Bhutan adalah negara yang berada diantara China dan india dan sudah melakukan vaksinasi sebanyak 90 persen dari penduduknya dalam waktu dua minggu dan menjadi negara tercepat dalam melakukan vaksinasi dan juga tak melakukan penguncial total dengan kasus sebanyak 1309 dengan kematian satu orang.

Bhutan tak lagi mewajibkan masker dan tak melakukan penguncian total alias lock down karena memang negaranya adalah negara kecil.

3. Amerika Serikat

Salah satu negara yang telah mencabut aturan penggunaa masker adalah Amerika Serikat bagi yang telah divaksinasi, namun sejumlah negara di Amereka seringkat Seperti Los angles di Californai dan ST Louis di Missisiouri mengeluarkan peringakatan untuk kembali mengenakan masker ketika berada di dalam ruangan karena adanya penyebaran varian delta ini.

4. Selandia Baru

Begitupula negara yang ada di Australia ini telah melonggarkan aturan penggunaan masker di negaranya namun mereka juga masih menerapkan penggunaan masker ditempat -tempat tertentu berdasarkan status level kasus seperti saat mereka menggunakan alat transportasi umum dan lainnya

5. China

Aturan tak mengenakan masker juga ada di Beijeng sebagai ibu kota China yang mana selama 13 hari tidak ada kasus baru dan mengatakan masyarakatnya telah merasa aman dan mereka telah menyesuaikan dengan kondisi sosial yang ada.

6. Spanyol

Negara ini juga talah melongarkan penggunaan masker diluar ruangan karena kasus infeksi telah turun walapun masih ada kekhawatiran akan penyebaran varian delta di negaranya Karena memang kasus infeksi telah turun di negaranya sehingga untuk aturan penggunaan masker di luar ruangan telah dicabut.

7. Hungaria

Selanjutnya negara hungaria juga telah mengumumkan untuk tidak menggunakan masker kecuali mereka yang berkunjung ke rumah sakit karena negara tersebut telah melakukan vaksinasi dengan jumlah 5 juta orang.

Itulah beberapa negara yang memang telah menyatakan dirinya untuk tidak lagi menggunakan masker di luar ruangan. selama ini memang protokol keseahatan masih dilakukan disejumlah wilayah yang benar-benar kasus postifif masih tinggi.

sumber: kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

7 Negara yang Tak Wajibkan Protokol Kesahatan dan Penggunaan Masker | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5