Perubahan Kurikulum 2013 |Tematik Integrated

Perubahan Kurikulum 2013 |tematik integrated-sobat bingakiberita pasti belum tahu jika pedidikan kita akan berubah kurikulmnya pada bulan juni 2013, tepatnya dipertengahan tahun 2013 ini kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia akan di ganti dengan Kurikulum Tematik Integrated.

Perubahan Kurikulum Pendidikan ini akan dilakukan secara bertahap pada taraf kelas yang telah mempunyai kemampuan yang unggul seperti bertaraf internasional dikarenakan pada kurikulum yang dipakai akan lebih simple dari pada kurikulum sebelumnya.

KURIKULUM 2013

Menurut Syamsul Bahri MSc dalam dialog publik TVRI  bahwa kurikulum Tematik Integrated mempunyai defini sebagai kurikulum yang  akan memadukan seluruh mata pelajaran menjadi satu tema atau satu pokok bahasan. Jadi dalam budayapun akan menjadi satu pokok bahasan mulai dari kesenian, bahasa daerah akan menjadi satu pokok bahasan.

Jika sekarang masih memakai kurikulum yang memakai  semua pelajaran dipisah pisah maka nantinya mata pelaran tersebut akan dipadukan menjadi satu dan kurikulum ini sudah dipakai di Negara tetangga yaitu Singapore. Seorang anak tidak akan susah [payah lagi membawa ransel yang diisi dengan buku buku seluruh mata pelajaran untuk sekolah karena besuk akan diterapkan kurikulum yang lebih simple.

Kurikulum ini akan berjangka selama Tiga tahun secara beratahap yang akan dimulai dari anak kelas satu SD, anak kelas empat SD, kelas tujuh atau kelas 1 SMP dan kelas 10 atau kelas 1 SMA.  yang akan dilaksanakan dibeberapa wilayah di indonesia yang cocok untuk diterapkan kurikulum ini , di Indonesia sekitar dari 30 % sekolahan yang ada di Indonesia.

Dalam menerapkan Kurikulum Tematik Integrated ini tentu harus menyiapkan guru-guru yang mengajar dikelas, untuk itu dari setiap kabupaten yang ada di daerah akan dikirim guru yang berkompeten untuk mengikuti latihan training selama kurang lebih 2 minggu di jakarta menurut Ir Sysmsul Bahri di acara publik umum, jadi dari utusan kabupaten tadi dapat melatih guru guru yang di kecamatan untuk di training tentang kurikulum Tematik Intergrated ini.

Berdasarkan Fakta yang ada dilapangan bahwa Kurikulum yang ada sekarang akan membebani siswa karena mereka menggunakan buku pelajaran yang banyak sehingga tidak akan aktive learning lagi dan tidak sesuai dengan anak sekarang dan semoga dengan perubaha kurikulum tematk integrated ini, anak akan lebih suka gaya guru mengajar baik diluar kelas maupun di dalam kelas. Karena Kurikulum ini mengacu pada pembelajaran yang diterapkan di luar kelas  sperti dalam ekstrakulikuler pramuka.

 

Perubahan Kurikulum 2013 |Tematik Integrated | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5