Pendaftaran CPNS Khusus Guru Garis Depan (GGD) 2018/2019 - Bingkai Berita

Pendaftaran CPNS Khusus Guru Garis Depan (GGD) 2018/2019

Advertisement

GGD adalah salah satu program pemerataan guru di Indonesia dari Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANR sebagai salah satu program unggulan di tahun 2015 sebagai salah satu apresiasi dari lulusan sarjana strata satu untuk berada paling depan sebagai pegawai negeri sipil. Hal ini bermula dari cikal bakal progrma Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau disebut dengan SM-3T.

SM-3T merupakan salah satu program dari Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktoral Jendral pendidikan yang dimulai dari Kampus untuk perekrutannya sehingga pada tahun-tahun mendatang guru sangat dibutuhkan dipedalaman dan daerah terluar Indonesia. Kemenristek dalam hal ini akan mempersiapkan calon-calon guru dari universitas negeri dari Ilmu Keguruan, dan juga sudah dipersiapkan bagaimana guru harus mengajar.
Seperti yang diungkapkan oleh presiden Jokowi, mengapa program ini harus dilakukan di negara kita? Sebab kita tahu Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau, baik dari pulau yang kecil sampai dengan besar. Banyak daerah Indonesia yang masih teringgal jauh dari masyarakat kota, daerah yang masih belum memiliki banyak guru, daerah yang masih belum ada jaringan komunikasi handphone dan beberapa ketertinggalan lainnya seperti kurangnya listrik di daerah khususnya setiap kabupaten yang memerlukan tenaga pendidik.

Memang daerah semacam itu, masih minim guru pengajar. Pendidikan untuk anak-anak masih minim karena keterbatasan sarana dan prasarana beserta tempat yang jauh dari transportasi darat sehingga belum banyak warga masyarakat yang mampu untuk bekerja menjadi guru di pedalaman. Dalam hal ini kebutuhan guru sangat diperlukan sehingga tidak hanya GGD untuk angkatan pertama namun akan ada GGD selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan guru di masyarakat terpencil.

Guru Garis Depan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kebutuhan guru di tempat 3T yaitu terluar, terpencil, dan Terdepan yang sudah diresmikan oleh Mentri Anies Baswedan pada bulan Mei 2015 yang mana para guru harus mau ditempatkan di daerah daerah terpencil dan dimanapun berada. Status guru yang ditematkan tersebut tidak hanya bersistem kontrak namun mereka akan diangkat sebagai PNS. Namun, mereka harus mengikuti terlebih dahulu program SM-3T yang masih bersistem kontrak.

Dalam hal Ini Guru Garis Depan akan dijanjikan tunjangan Fungsional dan Asuransi Untuk Guru Garis Depan dengan proses yang telah diinformasikan sebelumnya. Adapun GGD bukan hanya sebagai pengabdian saja akan tetapi sebagai Penghargaan Bagi Guru yang mampu berdedikasi di wilayah 3T. Adapun proses pendaftaran guru Garis Depan sebaga salah satu Pendaftaran CPNS Khusus Guru adalah sebagai berikut ini:

1. Seorang yang mau mendaftar menjadi Guru Garis Depan dipersyaratkan adalah lulusan dari LPTK
2. Sudah mengikuti program seleksi SM-3T selama setahun dan mengikuti tes Admistrasi, wawancara, prakondisi dan lainnya
3. Mengabdi selama satu tahun ditempat 3 T dengan uang gaji bulanan sebesar 2,5 juta
4. Setelah mengabdi ditempat 3 T, Harus mengikuti PPG Pasca SM-3t Selama 1 tahun diasramakan dengan uang saku bulanan sebesar 400 ribuan.
5. Mendapatkan sertifikat pendidika dan juga ikut test UTL dan UTN
6. Melakukan Test CPNS untuk Formasi Khusus SM-3T, Jika lolos seleski maka akan dinobatkan sebagai salah satu Guru Garis Depan yang akan bersetatus CPNS dengan gaji sampai dengan 4 jutaan.

Bagi Alumni SM-3T, bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengikuti Test PPG selama satu tahun diasramakan dan mendapatkan uang bulanan, Dengan program ini pemerataan pendidikan akan terwujud dari sabang sampai dengan Merauke Selamat berjuang bagi seluruh Guru Garis Depan seluruh Indonesia, Masa depan pendidikan ada di tangan anda . Inilah salah satu gambaran sepak terjang perjalan GGD 2015 Urbinasopen.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2017| Official Topik Web|Wisata Indonesia |Harga Hp | Harga Mobil Toyota

Pendaftaran CPNS Khusus Guru Garis Depan (GGD) 2018/2019 | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply