Malam Nisfu Syaban 2019 Kapan? Simak dan Catat Tanggalnya

Advertisement

Bingkaiberita.com- Nisfu Sya’ban diambil dari bahasa arab yang berarti pertengahan bulan syaban yang memiliki keistimewaan dari pada bulan lainnya, Malam nisfu sya’ban sendiri memilik fadhilah dan keutamaan bagi yang menjalankannya, pertengahan bulan sya’ban yang jatuh pada tanggal 15 bulan sya’ban setiap tahunnya, menjadi moment berharga untuk mendapatkan keutamaan ataupun fadhilah yang ada. Setiap muslim pasti sangat menginginkan untuk mendapatkan fadhilah dan keutamaan malam nisfu sya’ban.

Bagi Muslim yang berkeinginan mendapatkan keutamaan dan fadhilah malam nisfu sya’ban diwajibkan untuk memperbanyak amalan kebaikan diantaranya adalah doa pembuka kelapangan dan kunci keberhasilan selain itu juga sunnahkan untuk berpuasa karena nabi muhammad sering menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan mengerjakan puasa di bulan sya’ban.

Kapan Malam Nisfu Sya’ban Tahun 2019?

Nisfu Sya’ban Jatu pada hari Sabtu, 20 April 2019 sampai dengan malam tanggal 21 April 2019. DI hari itulah umat muslim dianjurkan untuk berpuasa dan amalan ini sering dilakukan Rasullulah SAW karena di malam ini Allah akan mengampuni dosa-dosa pengikut nabi Muhammad, dan Allah Ta’ala tidak mengampuni dosa yang berbuat syrik atau menyekutukan nabi.

Berapa Hari Puasa Nisfu Sya’ban ?

Seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa di pertengah bulan Nisfu Sya’ban satu hari, namun Rasullulah sering berpuasa sebelum bulan Ramadhan untuk meningkatkan amal dan kebaikannya.┬áDalam hal ini Rasulluah banyak berpuasa di Bulan Sya’ban karena pada bulan ini amalan diangkat kepda Allah Ta’ala dan Rasullulah senang berpuasa ketika amalannya diangkat kepada Allah. Dan bulan ini juga sebagai salah satu bulan persiapan dalam menghadapi bulan Ramadhan.

Do’a Malam Nisfu Sya’ban

Pada malam ini kita dianjurkan untuk berdo’a kepada sang pencipta degan do’a agar di murahkan rezeki, umur yang panjang dan ketetapan iman dan disela-sela do’a tersebut biasanya disela 3 kali surat Yasin. Adapun do’a malam Nsfu Sya’ban seperti yang tertulis dalam kitan Maslakul Akhyar karya Mufti Betawi Sayyid ustman adalah sebagai berikut ini:

Semoga amalan-amalan kita dapat diterima oelh Allah SWT, ketika kita menjalankan ibadah di Bulan Sya’ban maupun Malam Nisfu Sya’ban karena malam inilah Rasullulah selalu berdo’a dan menjalankan amalan-amalan kebaikan lainnya karena bulan sya’ban adalah salah satu bulan pengangkatan amal ke Allah SWT

Other articles you might like;

5/5 (1)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Malam Nisfu Syaban 2019 Kapan? Simak dan Catat Tanggalnya | Topik Nugroho | 4.5