Jadwal Puasa Ramadhan 2015/2016| Imsakiyah, Buka dan Sahur

Advertisement

Bingkaiberita.com (Ramadhan) Jadwal Puasa Ramadhan 2015/2016 Puasa Ramadhan tinggal menunggu bulan dan hari lagi masalah perbedaan agama islam di Indonesia akan menjadi salah satu celah dalam persatuan umat beragama. Perbedaan tersebut kerap terjadi oleh beberapa organisasi-organisasi masyarakat islam dan ormas islam terbesar di Indonesia adalah Ormas Nahdatul ulama yang sering kita sebut dengan Nu dan Ormas Muhammadiyah dimana ormas NU sering menggunakan cara hisab untuk penentuan awal bulan ramadhan dan akhir bulan ramadhan. Ormas Muhammadiyah mengunakan cara rukyatul hilal atau melihat bulan beberapa drajad. Inilah yang menjadi salah satu perbedaan yang sering diperdebatkan ketika menjelang awal ramadhan dan berkhirnya ramadhan.

Jadwal Puasa Pemerintah dan Muhamadiyah 2015/2016

Meskipun pemerintah belum menetapkan awal ramadhan pada tahun 2015 ini, Organisasi Muhammadiyah sudah mendeklarasikan penetapan awal bulan ramadhan yang akan jatuh pada hari minggu, 17 juni 2015 sedangkan akhir ramadhan jatuh pada hari selasa, 17 Juli 2015. Pemerintah biasanya mengikuti organisasi nahdatul ulama karena nu merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia  dan masih banyak lagi organisasi-organisasi lain yang menentukan awal dan akhir ramadhan sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Puasa Ramadhan 2013

Adakah Perbedaan Penentuan Awal dan Akhir Ramadhan antara Muhammadiyah dan Pemerintah?

Pertanyaan diatas sering dan kerap terucap pada umat muslim di Indonesia, tentang penentuan awal dan akhir ramadhan dimana anatar ormas muhammadiyah masih berbeda pendapat mengenai perbedaan penentuan awal dan akhir bulan ramadhan. Dalam hal ini masih banyak dari ormas yang sudah memulai puasa dari Ormas besar Muhammadiyah namun hal itu dianggap biasa saja.

Islam mengajarkan akan pentingnya perbedaan karena dalam islam perbedaan pendapat adalah rahmat, jadi antara ulama 4 madzhab mempunyai pemahaman yang berbeda beda tentang tata cara fiqihnya.Adapun pada tahun 2015 ini, apakah akan seperti bulan -bulan ramadhan yang lalu, karena pada bulan lalu awal dan akhir ramadhan terjadi perbedaan antara ormas NU dan Muhammadiyah.

Ormas memiliki peran penting dalam tegaknya dakwah Islam di Indonesia, namun dengan adanya ormas -ormas islam dan paham yang berbeda diharapkan juga tidak memecah belah umat islam dalam hal paham islam sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu contoh. Namun dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Islam akan terbagi dalam 72 golongan dan hanya satu golongan yang bisa masuk syurga yaitu yang mengikuti ajaran islam Al-Qur’an dan As-sunnah.

Kita akan selalu melihat Jadwal lengkap bulan Puasa Ramadhan 2015 baik untuk Sahur maupun pada jadwal Imsakiyahnya. Beberapa hal terkait dengan sholat taraweh dan manfaatnya banyak ketika anda sudah memiliki jadwal buka tersebut dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat yang belum mengetahuinya maka anda akan mendapatkan pahala. Sebarkanlah informasi yang berguna dan bermanfaat sehingga pahala anda akan mengalir terus menerus seperti amal jariyah ketika dakwah islam sudah tersebar.

Islam mengajarkan anda untuk tidak salaing bermusuhan atau disebut tasamuh (toleransi) antara umat beragama lain, ketika Rasulluah SAW di Madinah Islam dan beberapa agama lainnya tetap jaya sampai dibuat Piagam Madinah Dalam membangun Madinah Rasulullah SAW mempersatukan Golongan di Madinah seperti Bani Qoinuqo, Bani Quraidah, Bani Nadhir dan Golongan Yahudi. Hal itu dibangun oleh Nabi untuk melindungi Hak Azazi Manusia sehingga dikenal dengan Piagam Madinah yang berisikan sebagai berikut ini:

  • Perjanjian piagam amdinah ini sebagai salah satu hal yang wajib diketahui oleh semua muslim diseantero Indonesia yaitu mempersatukan Kamu Yahudi  dengan kaum Muslimin harus wajib dan turut serta dalam peperangan.
  • Perjanjian Piagam Madinah ini tidak mewajibkan orang yahudi untuk masuk Islam akan tetapi Kaum Yahudi tetap dengan agama mereka dan umat muslim juga sama yaitu mempertahankan agama mereka
  • Bani Auf dari golongan Kaum Yahudi juga diperlakukan sama seperti kaum Muslim di Madinah.
  • Antara golongan satu dengan Golongan lainnya harus memiliki sifat tolong menolong dlm memerangi  dan menghadapi musuh.
  •  Kota madinah harus dipertahankan oleh kaum muslim dan yahudi dari serangan dari luar
  • Semua masyarakat yang menduduki kota Madinah ini dijamin keselamatannya namun pengecualiannya bagi orang yang berbuat jahat.
  • Kaum Muslim dan Kaum Yahudi harus saling mengingatkan dalam kebajikan dan berbuat baik apabila ada yang berbuat penganiayaan harus tetap  dilaporkan.
  • Persatuan dan kesatuan harus di jaga utuh sehingga akan menimbulkan efek keharmonisannya.

Begitu pula dengan umat muslim Indonesia, harus bersatu seperti yang diungkapkan dalam piagam madinah yang melandaskan sifat toleransinya,  sehingga akan terjalin keharmonisan antara umat beragama baik bergama islam, katolik, kristen, hindhu, budha dan konghucu. Seperti layaknya hak azazi manusia yang selalu digembor-gemborkan. Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa hal terkait dengan Jadwal Puasa Bulan Ramadhan tahun ini yang dapat anda lihat dibawah ini:

Jadwal Puasa Ramadhan 2015



Kapan Ormas Indonesia Bersatu?

Perbedaan pendapat adalah sebuah rahmat, tidak ada perbedaan maka manusia tidak ada, adanya siang dan malam,  cewek-cowok, baik- buruk adalah salah satu hal kodrati alam, sesuai dengan hukum alam yang ada  perbedaan akan selalu ada sampai dengan akhir zaman, karena hal itu merupakan salah satu ketetapan hukum alam. Terjadinya ketetapan hukum alam ini sudah sesuai dengan yang telah ditetapkan sesuai dengan perintah yang ada. Dengan banyaknya golongan paham maka ana terjadi  perbedaan pendapat sehingga ketetapan awal dan akhir bulan selalu berbeda.

Ormas Indonesia apakah bisa mempersatukan pendapatnya ?  Jadwal Puasa Ramadhan merupakan salah satu unsur yang bisa mempersatukan antara umat muslim karena jikalau salah satu ormas islam berbeda dan antara yang satu da yang lain tidak bersatu maka akan terjadi kesenjangan sosial. Ormas A sudah berpuasa dan Ormas B masih belum berpuasa maka antara kedua ormas tersebut terjadi kesenjangan sosial masyarakat. Maka solusi yang tepat adalah bisa mempersatukan antara setiap ormas islam di masyarakat indonesia ini. Jika islam dipegang oleh satu pemimpin khilafah dunia maka semua umat muslim akan tunduk terhadap apa yang di perintahkan oleh pemimpin tersebut.

Jadwal Puasa Ramadhan 2015/2016| Imsakiyah, Buka dan Sahur | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply