Inilah Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

Advertisement
bulan malam lailatul qodar

bulan malam lailatul qodar

Malam Lailatul Qodar atau disebut dengan lailatul Al-Qodar adalah malam seribu bulan yang berarti banyak kebaikan pada malam tersebut, suatu malam yang paling dinantikan di 10 hari terakhir bulan ramadhan. Banyak orang yang belum tahu, karena pada hari terakhir bulan ramadhan ini pada mulai sibuk untuk membeli baju untuk persiapan lebaran atau sedang mempersiapkan mudik lebaran tiba.

Pada bulan ramadhan yang akan datang telah dinantikan oleh banyak muslim diseluruh dunia. hal itu dinyatakan dalam surat al-Qadr ayat satu sampai 1-5. Sesungguhnya Allah akan menurunkan Lailatul Qodr pada akhir bulan ramadhan pada hari ganjil antara tanggal 21, 23, 25,27, dan tanggal 29 bulan ramadhan. Pentingnya mengetahui tanggal turunnya ini karena memang dalam suroh alqadar disebutkan pada hari malam tersebut turun malaikat-malaikat yang membawa berkah Atas izin Allah mereka diperkenankan untuk turun ke bumi.  Kesejahteraan dan keselamatan dan berkah lainnya pada malam hari sampai dengan datangnya fajar menanti.

Tidak da yang mengetahui kapan turunnya lailatul qodar. Namun ada tanda-tanda terkait dengan datangnya malam lailatul qodar.

1. Pada pagi hari udara terasa sangat tenang.
Dalam sebuah riwayat yang dikatakan oleh At thoyalisi dari Ibnu Abbas dikatakan bahwa malam lailatul qodar adalah malam yang tidak begitu panas, dingin, dan sangat lembut, dan pada pagi harinya matahari bersinar sangat lemah kemerah-merahan. (HR. Ath Thoyalisi).
2. Cahaya matahari yang lemah, Tidak begitu bersinar pada keesokan harinya.
Pada keesokan harinya matahari muncul tidak begitu panas, matahari muncul tanpa bersinar terang pada hari-hari sebelumnya. Rasullulah SAW bersabda, ” Pada malam Lailatul Qodar, Keesokan harinya menjulang tinggi dan matahari yang bersinar memanasi bumi, namun yang terjadi matahari mengeluarkan sebuah cahaya yang lembut dan lemah”.
3. Masuk ke dalam mimpi
Tanda mendapakan lailatul Qodar adalah bagi siapa saja yang mendapatkan mimpi ketika malam tersebut seperti yang diungkapkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapatkan malam lailatul qodar ketika terlelap tidurnya.
4. Ketika bulan hanya nampak separuh bulatan.
Ketika datangnya malam lailatul Qodar , Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa tanda datangnya malam lailatul Qodar adalah tandanya adalah bulan terlihat hanya separuh nampan atau bulatan. Sehingga nampaka bahwa bulan tersebut sangat jelas dengan semburatan hanya separuh yang dilihat begitu menawan.
5. Angin dan Udara yang berhembus sangat tenang.
Malam lailatul Qodar digambarkan dalam al-Qur’an bahwa kedatangan malamnya penuh dengan berkah dan ketenangan. Pada malam lailatul qodar inilah suasan tenang, tidak terlalu panas, sejuk, tidak hujan, tidak dingin dan tidak ada meteor. Suasana keluarga terasa nyaman tidak seperti malam-malam sebelum datangya bulan ramdahan.
6. Malam lailatul Qodar ditandai oleh Hari yang ganjil.
Rasullulah SAW pernah bersabda bahwa, malam lailatul Qodar ini ditandai dengan malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sehingga hari ganjl dibulan ramadahan seperti malam tanggal 21 dini hari, 23 dini hari, 25 dini hari, 27 dni hari dan terakhir malam tanggal 29 adalah tanggal-tanggal yang benar-benar akan turunnya lailatul qadar.

Itulah beberapa tanda-tanda turunnya lailatul qadar di bumi, semoga apa yang anda harapkan dan impikan untuk meraih lailatul qadar dapat terwujud, amin…..

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Inilah Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar | Topik Nugroho | 4.5