Inilah Pembalut Aman Yang Tidak Mengandung Klorin

Pembalut Herbal

Pembalut Herbal

Bingkaiberita.com – desas desus pembicaraan tentang pembalut yang tidak aman untuk digunakan  disinyalir mengandung zat berbahaya seperti klorin yang dapat menimbulkan resiko terhadap reproduksi pada perempuan, hal lain yang akan terjadi apabila sebuah pembalut menimbulkan klorin adalah iritasi, keputihan, gatal-gatal hingga dapat menyebabkan kanker.  Hal tersebut diungkapkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang menemukan sebuah kandungan zat berbahaya pada 9 merek pembalut dan juga terdapat pantyliner  yang beredar di pasaran Indonesia, Selasa (7/7/2015)

Pemberitaan terhadap pembalut ini bukan salah satu informasi baru yang dapat menimbulkan beberapa efek hal tersebut sudah diternagkan dalam sebuah Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 472/MENKES/PER/V/1996 tentang kimia yang digunakan dalam pengaman wanita yang disinyalir berbahaya untuk tubuh. Klorin ini adalah sebuah zat ang digunakan untuk pemutih pada sebuah proses produksi kertas, pakaian dan sejenisnya.

“BPOM Amerika menyarankan kepada masyarakat agar tidak menggunakan klorin sebagai sebuah material dalam pembalut ataupun pantyliner, dan seharusnya dalam sebuah pembalut yang digunakan adalah bebas dari kandungan klorin.” Ujar tulus Abadi sebagai salah seorang pengurus dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

Dalam pembahasannya bahwa YLKI telah menggunakan sebuah metode spektrofotometri untuk analisis kimia di lanoratoriumnya dan telah menggunakan sampelnya pada Desember 2014 sampai dengan Januari 2015. Adapun beberapa sampel yang telah diuji coba yang sudah disinyalir sebagai salah satu produk pembalut yang mengandung klorin adalah
1. Softex 2. Kotex, 3.Laurier, 4. Nina Anion, 5. My Lady, 6. Charm, 7. V Clas Ultra 8. Sotness Standard Jumbo, 9. Hers Protex.
dan adapun beberapa Pantyliner yang mengandung klorin adalah 1. Laurier active fit, 2. v class, 3. pure style , 4. kotex fresh liners, 5. Carefree superdry, 6. My lady, 7. Softness Panty.

Orang sering menyebutkan pembalut wanita dengan kata softex, ternyata yang namanya softek juga termasuk urutan yang mengandung zat berbahaya seperti klorin. Akan tetapi anda dapat melihat sisi lain yang berbeda dari pembalut yang aman untuk digunakan seperti Avail yang disinyalir merupakan salah satu produk herbal alami dari bahan yang tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaannya.

Inilah Pembalut Aman Yang Tidak Mengandung Klorin | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5