Info Pendaftaran Siswa Baru (PSB) PPDB SMP/SMA/SMK Ta 2019/2020

Advertisement

PPDB Merupakan perpanjangan dari Kata Pendaftaran Peserta Didik Baru atau yang dikenal dengan PSB atau yang disebut sebagai Pendaftaran Siswa Baru, Ini merupakan salah satu Metode baru bagi pemerintah dalam mengupayakan pendaftaran melalui sistem Online Bagi para siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi baik dari SD yang akan Ke SMP atau SMP yang akan melanjutkan Ke SMA atau SMK .

INFO PPDB

 

Info PSB PPDB 2019

Sistem baru ini memudahkan para guru dan siswa karena telah dirancang sedemikian rupa sehingga seorang pelajar tak perlu lagi harus bersusah payah untuk datang ke tempat sekolah yang dituju. Sistem ini sudah otomatisasi dari mulai pendaftaran, seleksi penerimaan siswa sampai dengan hasil seleksi melalui portal resmi online. Dengan adanya pendaftaran online akan sangat memudahka para orang tua. Namun, apakah hal itu benar adanya! Pendaftaran Siswa baru untuk Jenjang SMA/SMK dan SMP yang dilakukan secara sistem zonasi menimbulkan beberapa permasalahan dan kritik dari nitizen, karena beberapa hal seperti berikut:

Dengan diterapkannya sistem zonasi pada sejumlah daerah terjadi perubahan atau dinamika sosial masyarakat pada penerimaan peserta didik baru, mereka antre demi mendapatkan zona utama untuk mendapatkan sekolah favorit. Bahkan para orang tuapun menginap di halaman sekolah sebelum pendaftaran dibuka.

Pemerintah menerapkan kebijakan zona utama yang berada di lingkunga tempat tinggal berdasarkan jarak dari sekolah. Zona utama ini menjadi salah satu peluang bagi para peserta didik baru karena sekolah akan menerima anak tanpa melihat nilai. Siapa cepat ia akan dapat, bahwa aturan zona utama ini memberlakukan bagi para calon peserta didik yang paling cepat menyelesaikan verifikasi berkas maka akan otomatis akan masuk pada Zona utama dan otomatis akan tutup apabila kuota sudah penuh.

PPDB Online

Orang Tua ingin anak anak mereka masuk jalur sekolah negri unggulan, baik SMA Negri 1 maupun SMP Negri 1 yang berada di daerah anda diseluruh Nusantara.  Kami akan memberikan sebuah Informasi Terkait dengan PPDB  SMA/SMK/SMP online yang berada di Seluruh Indonesia seperti berikut ini:

PPDB Yogyakarta

  • ppdb yogyakarta beralamat  website di https://diy.siap-ppdb.com/

Jogja telah siap menerima peserta didik baru dengan mengawal proses sampai tuntas sehingga tidak ada jalur khusus seperti tahun lalu yang ditemukan sejumlah siswa dapat diterima meskipun waktu pendaftaran sudah habis sehingga tidak ada dugaa praktik yang tidak sesuai dengan prosedur.

Ada juga beberapa kota di Magelang yang masih banyak sekolah yang kekurangan siswa melalui sistem ppdb ini karena jumlah penduduk pada usia sekolah yang sedikit atau dibilang yang masuk ke jenjang berikutnya lebih sediit dari pada daya tampung sekolah.

PPDB Sidoarjo

  • ppdb sidoarjo website resmi PPDB di  alamat https://www.ppdbsda.net/

Semua informasi, baik itu jadwal ppdb sidoarjo, pengumuman hasil dan lainnya dapat anda lakukan pada website resmi diatas.

PPDB Surabaya

  • ppdb surabaya dengan website resmi di https://ppdbsurabaya.net/

Info PPDB Surabaya melalui beberapa jalur yaitu melalui peringkat smesntara PPDB jalur Zonasi, Peringkat akhir Jalur prestasi bai itu dari nilai prestasi USBN dan prestasi Lomba. PPDB surabaya sendiri melalui Jalur Zonasi Umum sudah melakukan tahap pendaftaran mulai tanggal:

Kegiatan Tanggal
1. Pendaftaran online ppdb dan Verifikasi  18 s/d 20 juni
2. Pengumuman seleksi  21 juni
3. Daftar Ulang  21 s/d 22 juni
4. Pengumuman dan daftar ulang pagu  24 juni

Dengan adanya sistem Zonasi ini, Agatha Retnosari sebagai anggota Komisi E DPRD Jatim Fraksi PDI Perjuangan sempat mengkritik penerapan sistem yang merugikan siswa tertentu, Hal itu seperti yang diungkapkan pada jatimnow. Menilai bahwa sistem zonasi menimbulkan ketidakadilan bagi siswa yang telah belajar serius, sehingga hanya mampu mendaftar di jarak sekolah terdekat hal itu dinilai sebagai perbandingan kepadatan populasi penduduk yang tidak seimbang sehingga ada sekolah yang kebanyakan menerima peserta didik, dan ada juga sekolah yang kekurangan peserta didik.

PPDB Bandung

  • ppdb bandung website resmi PPDB di alamat www.ppdbkotabandung.web.id

PPDB Solo

  • ppdb solo  website resmi PPDB di alamat www.ppdbsolo.net

PPDB Sukoharjo

  • ppdb sukoharjo  website resmi PPDB di alamat ppdbsukoharjo.net

PPDB Depok

  • ppdb depok  website resmi PPDB di alamat depok.siap-ppdb.com

PPDB Banten

  • ppdb banten  website resmi PPDB di alamat ppdb.bantenprov.go.id

PPDB Banten yang kurang tersosialisasikan dengan baik ini banyak peserta didik dan orang tua mengeluhkan terkait informasi PPDB, mereka tidak tahu kalau sekolah sudah bukan Penerimaan Peserta didik baru, mereka tahu tersebut dari tetangga bukan dari pihak sekolah.

PPDB Bekasi

  • ppdb bekasi  website resmi PPDB di alamat bekasi.siap-ppdb.com

PPDB Jakarta

  • ppdb jakarta  website resmi PPDB di alamat  jakarta.siap-ppdb.com

 

  • Masih Update Info PPDB Online

PPDB online ini dimaksudakan agar penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan mudah, dan dimaksudkan agar penjaringan peserta yang memiliki prestasi sesuai dengan yang diharapkan oleh guru selanjutnya, Beberapa daerah sudah melaksanakan Sistem PPDB ini secara online mulai dari pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Hingga sampai dengan Sekolah Menengah Atas, Namun saat ini perlu kita tahu bahwa bukan hanya universitas saja yang sudah dionleinkan akan tetapi sudah dilakukan pendaftaran secara online untuk beberapa perguruan tinggi dan instansi-instansi lainnya.

PPDB atau sering disebut dengan pendaftaran Peserta Didik Baru sudah diataur dalam Undang-Undang Republik Indonesia pada nomer 17 untuk tahun 2018 terkait dengan pengelolaan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan sehaingga pendafataran dapat dilakukan dengan transparana dan Untuk Jadwal Penerimaan Peserta didik Baru untuk dibeberapa daerah sesuai dengan Diknas Terkait.

Jadwal PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru ) 

Biasanya pendaftaran peserta didik baru dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dilakukan ketika bulan Juni sampai dengan Juli tergantung dari Peraturan Pemerintah Daerah, Untuk anda yang sedang mencari sekolah bisa anda cari beberapa sekolah yang unggul dan Islami untuk orang yang beragama Islam , namun akan lebih baik mencari sekolah yang unggul dari aspek akademis dan dari aspek psikomotorisnya juga karena sekarang Indonesia sangat kehilangan orang-orang yang mampu memimpin dunia ini.

Beberapa pendaftaran penerimaaan peserta didik baru  untuk seluruh wilayah Indonesia memang sangat dicari oleh peserta didik baru, pemerintah sudah merealisasikan hal ini sejak tahun 2009 yang lalu terkait dengan sistem penyelenggaraan pendidikan terkait tentang standar mutu pendidikan  sebagai salah satu upaya epemrintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga tidak terjadi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, sehingga penerimaan pendidikan dapat dilakukan sevara cepat, transparan dan akurat dan memudahkan peserta didik dalam mendaftarkan diri sebagai murid baru di sekolah yang akan dituju.

Info Pendaftaran Siswa Baru (PSB) PPDB  SMA/SMK/SMP  2018 Untuk Seluruh Indonesia masih akan kami update  sesuai dengan Info PPDB yang telah disepakati oleh masing-masing daerah dan wilayah. Semoga anda dapat diterima disekolah yang anda idam-idamkan selama ini tetap semangat dan jangan lupa untuk belajar.

Other articles you might like;

5/5 (1)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Info Pendaftaran Siswa Baru (PSB) PPDB SMP/SMA/SMK Ta 2019/2020 | Topik Nugroho | 4.5
close