Do’a Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Advertisement

Bingkaiberita.com– Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 mei ini memiliki sejarah yang panjang yang dimulai pertama di Yogyakarta oleh Presiden Soekarno dan diketuai oleh Ki Hajar Dewantoro. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai bentuk peringatan atas lahirnya organisasi Budi Oetomo.

Pada tahun 1948 setelah kemerdekaan, presiden pertama Indonesia ini berpidato terkait kebangkitan nasional yang ditandai dengan persatuan dan kesatuan rakyat dalam melawan belanda dan tak terpecahkan oleh kepentingan politik.

Organisasi tersebut lahir karena dorongan mahasiswa untuk kejayaan dan masa depan Indonesia yang memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan, perdagangan, pengethauan, pertanian dan seni budaya. Atau dapat dikatan sebagai organisasi yang mendorong ekonomi, sosial dan politik yang awalnya beranggotakan priyayi pada mei 1908 dan mulai menerima anggota rakyat biasa tahun 1902.

Dapat dikatakan bahwa organisasi ini lahir sebelum Indonesia merdeka dengan melihat semangat para pemuda, budi utomo juga pernah mengirim perwakilannya ke Belanda dan menjadi organisasi pertama di Indonesia dalam pergerakan nasional.

Tokoh Kebangkitan Nasional

Adapun beberapa tokoh kebangkitan nasional budi utomo adalah sebagai berikut ini:

  • Soekarno
  • Soetomo
  • Dr. Cipto Mangnkusumo
  • Suwardi Suryadiningrat (ki Hajar Dewantara)
  • Danudirja Setiabudi (Douwes Deker)
  • Wahidin Soedirohoesodo

Ucapan Doa Selamat Hari Kebangkitan Nasional

Wahai tuhan yang maha mengetahui…

Pada kebangkitan Nasional ini, bimbinglah kami semua warga Indonesia untuk dapat menyatukan hati kami, menyatukan tujuan kami satu tujuan untuk membangun Bangsa Indonesia Maju dan lebih baik lagi. Satukan kami dan bangkitkan kami dalam semangat Juang Merah putih demi membangun negara kami yang lebih maju adil dan makmur.

Berikan kepada kami petunjukmu atas jalan yang benar dan kemampuan untuk menjalaninya, serta berikan kepada kami petunjukmu atas jalan yang salah dan kemampuan untuk menjauhinya

Hindari kami dari sifat dan mudah hasrat, agar kami tidak mudah di adu domba dan terpecah belah, sehingga dapat merusak persatuan kami

Limpahkan kepada kami hikmah kebijakan, agar kami tidak mudah di adu domba dan terpecah belah, sehingga dapat merusak persatuan kami.

limpahkanlah kepada kami hikmah kebijakan, agar kami terhindar dari segala bencana alam yang kami tidak mampu menanggungnya. Curahkan kepada kami hidayah kebenaran, agar kami terhindar dari kesesatan.

Kami menyadari bahwa seluruh nikmat yang engkau anugrahkan kepada kami adalah nikmat yang telah kami peroleh dengan pengorbanan jiwa dan raga putra-putri pejuang bangsa kami. Oleh karena itu curahkan dan limpahkanlah kasih sayang dan ridho-mu kepada para pahlawan dan pejuang bangsa kami, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, kiranya engkau mengampuni dosa-dosa para pahlawan kami, dan berkenan menerima pengabdian dan drama bakti mereka sebagai syuada bangsa dan negara kami.

rabanaa atina fidunya hasanah wa fil akhiroti khasanah waqina adza bannar. Amin….

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Do’a Ucapan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei | Topik Nugroho | 4.5