Contoh Soal Test Kompetensi Dasar TKD CPNS 2023-2024

Soal Test Kompetensi Dasar TKD CPNS Menjadi salah satu syarat dalam pelaksanaan Ujian Computer Asisted Test setiap tahunnya, CAT CPNS sendiri memuat beberapa materi yang wajib dipelajari antara lain test potensi akademik atau yang sering disebut dengan TPA, Test Wawasan Kebangsaan (TWK dan Test Intelegensi Umum atau disebut dengan (TIU). Cara mengerjakannyapun dengan menggunakan komputer, yang mana sistem CAT ini akan memudahkan panitia agar bisa langsung melihat nilai hasil Ujian SKD CPNS. Sehingga tidak ada lagi yang namanya tindak kejahatan seperti penyogokkan dan lain sebagainya. Jika ujian SKD tidak lolos maka tidak akan Ke seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Contoh Soal TKD CPNS

Soal Test Kompetensi Dasarpun juga dibuat langsung oleh tim panitia pembuat soal dari BKN pusat. Dan materi soal yang akan keluar pada sistem komputer menggunakan sistem acak, sehingga tidak ada lagi bocoran soal cpns yang akan tersebar di internet dan media lainnya karena sistem komputerisasi telah mengacak semua soal ujian secara otomatis. Dan sistem juga akan menilai jawaban dari sebuah pertanyaan dengan baik tanpa harus menghitung satu persatu.

Contoh Soal Test Kompetensi Dasar ini dibagi menjadi tiga. Untuk fase awal biasanya akan terdiri dari beberapa soal yang terkait dengan Test Wawasan Kebangsaan dengan contoh soal sebagai berikut ini:

1. Dalam bahasa Jepang. Badan Penyelidik usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dikenal dengan nama….

A. Kaibodan
B. Seinendan
C. Dokuritsu Junbi Inkai
D. Dokuritsu Junbi Coosakai

Jawaban D. BPUPKI dalam bahsa Jepang Dokuritsu Junbi Coosakai. Adapun Dokuritsu Junbi Inkai adalan PPKI. Sedangkan Seinendan (barisan Pemuda) dan Keibodan (barisan Pembantu Polisi) merupakan organisasi semi militer bentukan Jepang. Kadang sering terbalik membedakan antara Dokuritsu Junbi Inkai dan Dokuritsu Junbi Coosakai. Pada dasarnya yang membedakan adalah kata yang paling belakang Yaitu Coosakai dan Inkai. Cara mudah membedakan adalah Panjang Untuk Panjang seperti Coosakai berarti BPUPKI dan Pendek untuk pendek seperti Inkai untuk PPKI.

Untuk Fase soal pertengahan biasa anda akan disuguhkan dengan Test Intelegensia Umum (TIU) dengan contoh soal TIU dengan beberapa hal yang harus dipelajari seperti:

a. Sinonim dan Antonim
b. Analogi Kata
c. Kelompok Kata
d. Pemahaman Bacaan
e. Ejaan Yang disempurnakan (EYD)
f. Hitung Cepat
g. Deret bilangan dan Huruf
h. Aljabar
i. Hitung Perbandingan
j. Materi Logika Matematika
k. Penalaran Analitis

Contoh Soal Test Intelegensi Umum (TIU) bisa anda lihat contoh Soal Sinonim seperti berikut:

1. INTERNIS
a. Penyakit Dalam
b. Berhubungan denga
c. Percampuran Antara
d. Bersinggungan dengan
e. Penyakit Syaraf

Jawaban: A Kata Internis dalam KBBI memiliki makna sebutan untuk dokter ahli penyakit dalam.

Dan untuk yang ketiga biasanya materi yang akan dikeluarkan adalah pada materi Test Kompetensi Kepribadian (TKP) adalah sebagai berikut:

1.Sebagai pelayan masyarakat, untuk meningkatkan kualitas kinerja, saya akan…..

a. Melayani dengan ramah.
b. Memberikan informasi sebanyak mungkin.
c. bertidak proaktif dalam pelayanan.
d. Melayani dengan Ikhlas
e. Menjaga perasaan supaya tidak emosi.

Pembahasan:
Jawaban dengan Skor tertinggi adalah Temanteman beranggapan bahwa saya adalah orang yang selalu tuntas jika diberitanggung jawab kerja

Jawaban A dengan Skor 5
Jawaban B dengan Skor 4
Jawaban C dengan Skor 1
Jawaban D dengan Skor 2
Jawaban E dengan Skor 3

Itulah beberapa contoh soal dan pembahasan Test Kompetensi Dasar. Sebagai salah satu refrensi bagaimana anda dapat mengerjakan soal dengan baik ketika dihadapkan dengan Sistem CAT CPNS.

Contoh Soal Test Kompetensi Dasar TKD CPNS 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5