Asam Urat Dapat Dinormalkan dengan Wortel, Begini Caranya! - Bingkai Berita

Asam Urat Dapat Dinormalkan dengan Wortel, Begini Caranya!

Advertisement

Bingkaiberita.com – Penyakit asam urat merupakan penyakit yang umum dirasakan masyarakat. Asam urat adalah sejenis penyakit yang disebabkan kelebihan batas kewajaran kandungan asam dalam tubuh. Biasanya asam urat terjadi dimana kondisi nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas dipersendian. Semua persendian di dalam tubuh memang bisa terkena asam urat. Akan tetapi, yang paling sering terkena adalah persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Bagian tersebut rentan dengan serangan asam urat yang kebanyakan dialami masyarakat pada umumnya.

Berbeda dengan sendi perempuan, sendi laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat ini. Terutama saat melewati batas usia 30 tahun ke atas. Sedangkan perempuan jarang sekali yang terkena asam urat. Walau terkena pun biasanya timbul setelah memasuki masa menopause.
Biasanya orang yang terkena serangan asam urat akan merasakan perkembangan gejala sakit yang berat. Masa ini terjadi dalam beberapa jam pertama setelah gejala. Rasa sakit ini bisa berlangsung sampai 3-10 hari. Persendian dalam tubuh akan semakin membengkak. Tidak hanya itu, pembengkakan juga terjadi di sekitar persendian yang ditandai dengan warna kulit yang memerah. Memasuki fase ini penderita biasanya tidak bisa secara leluasa menggerakkan persendian tersebut.

Banyak orang yang salah dengan menyamakan penyakit asam urat dan reumatik. Padahal keduanya secara medis merupakan dua hal yang berbeda. Reumatik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Sedangkan asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian.

Terdapat satu lagi pernyataan salah yang beredar di masyarakat. Banyak orang yang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan dapat terkena asam urat (gout). Pernyataan ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisema yang terkena asam urat (gout).

asam-urat-dapat-dinormalkan-dengan-wortel-begini-caranya

Titik penyakit asam urat

Untuk mengetahui secara lebih jauh apa asam urat dan cara penyembuhan alami dengan wortel. Berikut ulasannya secara singkat
1.Penyebab Penyakit Asam Urat
Secara medis gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan-tusukan kristal tajam di sekitar sendi. Kristal-kristal tersebut terbentuk karena adanya penumpukan zat asam urat. Hal ini terjadi karena gemar mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya jeroan, hidangan laut, daging merah. Selain itu, peningkatan asam urat tidak hanya ada di dalam makanan. Kegemaran mengonsumsi minuman beralkohol juga akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Tidak hanya itu, penyakit asam urat juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi atau penyakit ginjal kronik.
Terdapat pula penelitian yang menyimpulkan bahwa penyakit asam urat dapat terkena pada keluarga yang terkena asam urat. Dengan kata lain asam urat merupakan penyakit genetik atau turun-menurun.

2.Diagnosis Asam Urat
Seseorang yang terkena penyakit asam urat dapat mendiagnosis sendiri sakitnya. Diagnosis dapat diketahui melalui pengetahuan gejala-gejala penyakit asam urat. Selanjutnya untuk memastikan sakitnya, seseoran yang terkena asam urat dapat pula memeriksakan ke dokter. Biasanya dokter melakukan diagnosis secara bertahap dengan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Prosedur ini perlu dilakukan untuk memastikan sakit yang diidap. Terkadang ada pula penyakit lain dengan gejala-gejala yang menyerupai penyakit asam urat. Dokter biasanya melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah sebelum melakukan tes. Dalam tes tersebut biasanya dokter mengajukan pertanyaan tentang lokasi sendi yang terasa sakit, seberapa sering mengalami gejala, seberapa cepat gejala tersebut muncul, obat-obatan tertentu yang sering dikonsumsi, adanya penyakit asam urat di keluarga.

3.Komplikasi Asam Urat
Asam urat memang jarang terjadi komplikasi dengan lainnya. Meskipun begitu tetap patut diwaspadai asam urat ini. Ada beberapa kemungkinan asam urat terjadi komplikasi. Pertama, munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang. Kedua, kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan ini biasanya terjadi karena penyakit asam urat yang diabaikan selam bertahun-tahun. Ketiga, batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.

4.Penanganan Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat dalam penanganannya sebenarnya dapat dilakukan secara sederhana. Penanganan asam urat biasanya memiliki dua sasaran utama. Pertama cara meringankan gejalanya. Kedua cara mencegah serangan asam urat terulang kembali.
Untuk meringankan gejala asam urat dapat dilakukan dengan menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Selain itu, dapat pula mengonsumsi obat-obat pereda rasa sakit.

Untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kadar asam urat. Tidak hanya itu, makan makanan yang menjadi pemicu penyakit asam urat harus dijauhi secara frontal. Sementara bagi yang memiliki kelebihan berat badan wajib untuk segera turunkan berat badan agar kadar asam urat ikut turun.

Meskipun begitu terdapat satu cara tradisional yang ampuh untuk meredakan dan menormalkan asam urat secara alami. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah untuk didapatkan. Dengan bahan utamnya adalah sayuran wortel yang banyak ditemukan di sekitar kita.
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
-2 batang wortel
-1 buah timun
-8 lembar daun sledri
Petunjuk pengolahan bahan :
-Siapkan blender. Campurkan 3 bahan tersebut (wortel, timun, dan daun sledri) kemudian diblender. Tujuannya untuk menghaluskan dan menyatukan ketiga bahan tersebut.
-Setelah ketiga bahan diblender dan telah tercampur, tuangkan bahan tersebut ke dalam suatu wadah atau gelas. Lalu sajikan
-Jus penormal asam urat siap untuk dinikmati. Untuk pecinta dingin, dapat pula ditambahkan es batu agar lebih segar dan nikmat dalam meminumnya.

Untuk hasil yang lebih baik minuman ini dianjurkan rutin untuk dikonsumsi selama 15 hingga 20 hari tanpa putus. Sedangkan waktu yang disarankan dan paling bagus adalah di pagi hari. Hasilnya akan terlihat setelah rutin meminum ramuan ini. Ramuan jus ini bermanfaat menormalkan kadar asam urat yang berlebih dan juga akan membantu tubuh selalu sehat dan fit. Selain itu, ramuan ini juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Inilah beberapa ulasan tentang penyakit asam urat dan cara penyembuhannya. Baik penyembuhan secara medis maupun secara tradsional atau alami. Untuk menghindari penyakit asam urat sebaiknya lakukan pola hidup sehat. Cara yang dilakukan yakni dengan tidak mengonsumsi makanan yang berisiko menyebabkan penyakit asam urat. Selain itu, lakukan olah raga secara rutin. Olah raga dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala-gejala penyakit seperti asam urat. Selain itu, sebaiknya kurangi konsumsi obat-obatan. Pengganti obat dalam penyakit asam urat dapat dilakukan dengan membuat ramuan tradisional dan alami, seperti wortel, timun dan sledri. Dengan bahan utamanya adalah wortel. Dengan ramuan alami ini makan risiko terkena penyakit asam urat akan berkurang.

Other articles you might like;

Asam Urat Dapat Dinormalkan dengan Wortel, Begini Caranya! | Husnul Khatimah | 4.5

Leave a Reply