Satu Sehat Mobile Pengganti Peduli Lindungi Tanpa hapus Aplikasi

Aplikasi Peduli Lindungi yang menjadi salah satu aplikasi wajib yang diperlukan saat penanganan Virus Covid 19 berubah nama menjadi Satu Sehat Mobile.

Satu sehat mobile ini menjadi salah satu layanan masyarakat yang nantinya akan merekam seluruh data rekam medis melalui aplikasi.

Sebelumnya masyarakat menggunakan aplikasi ini untuk vaksinasi, layanan bepergian ketika ada pembatasan sosial atau PSBB.

Karena memang sudah tidak ada lagi PSBB, maka namanya dirubah menjadi Satu Sehat Mobile. Pengguna akan mendapatkan notifikasi di layar ponsel masing-masing tanpa perlu menghapus peduli lindungi atau tidak perlu lagi melakukan registrasi ulang.

Hanya aplikasi namanya saja yang berubah, sementara itu masyarakat tak perlu khawatir akan fitur layanan kesehatan tersebut ditiap fiturnya karena sudah ada layanan konsultasi kesehatan di dalamnya yang sudah berlisensi dari rumah sakit

Sementara itu untuk keamanan data yang ada pada aplikasi tersebut dijamin aman, karena kementerian kesehatan sudah menggandeng Badan Siber dan Sandi negara dan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo untuk melakukan sertifikasi aplikasi dalam bentuk sistem keamanan, registrasi manajemen sumber daya manusainya

Kemudian Kementerian juga akan melakukan integrasi data rekam medis ke fasilitas layanan kesehatan sebagai perwujudan dari pilar keenam transformasi sistem kesehatan

Dan kemenkes telah mengadopsi model infrastruktur platform as a service yang mana sebagai salah satu platform yang digunakan untuk menciptakan satu data kesehatan dan menjadi penghubung antar aplikasi platform di industri kesehatan seperti Aplikasi yang digunakan layanan kesehatan pemerintah, swasta, puskesmas, posyandu, laboratorium, klinik hingga apotik

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi kesehatan terbesar di Duni dengan lebih dari 104 juta download atau pengguna yang mengunduh dan telah menjadi penghubung untuk 228.000 merchant. Karena memang awalnya digunakan pemerintah untuk melacak temuan varian kontak erat orang yang positif Covid-19 dan melacak orang yang bepergian kemanapun.

Sampai akhirnya semua mercent juga telah banyak terdaftar di aplikasi tersebut karena untuk memasuki fasilitas umum seperti tempat perbelanjaan mall, tempat bepergian seperti stasiun, terminal hingga bandara menjadi tempat untuk skrining masyarakat apkah sudah vaksinasi atau belum sebagai salah satu kontrol pemerintah akan penyebaran virus yang terjadi di dunia.

Satu Sehat Mobile Pengganti Peduli Lindungi Tanpa hapus Aplikasi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5