Wajibkah Ujian Uji Coba di Rekrutmen Bersama BUMN?

Bingkaiberita.com – Rekrutmen Bersama BUMN telah berlangsung sejak bulan lalu, sebelum para peserta dapat melaksanakan Uji tes Kompetensi Dasar secara online mereka terlebih dahulu harus mengikuti tes secara trial atau uji coba.

Jadwal Trial Test Rekrutmen Bersama BUMN

Trial tes atau ujian ujicoba sebelum dilaksanakannya Ujian SKD telah dijadwalkan pada tanggal 14 sampai dengan 17 pada bulan ini secara daring.

Para peserta dapat mengecek jadwal dan link test yang sudah diinformasikan pada pesan masuk di dashboard akun portal FHCI BUMN.

Wajibkah Ujian Uji Coba atau Trial Test di Rekrutmen Bersama BUMN?

Sesuai yang diberitakan oleh kompas.com dari Sofyan Rohadi selaku direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia bahwa trial tes ini tidak wajib melainkan sebagai himbauan kepada para peserta agar nantinya bisa memiliki kesiapan dalam menghadapi tes sesungguhnya.

Para peserta sebaiknya mereka untuk mengikuti uji coba atau tes percobaan terlebih dahulu meskipun tes tersebut tidak berpengaruh pada nilai peserta nantinya saat mereka menjalankan tes kompetensi dasar dan core values BUMN sesungguhnya.

Jadwal TKD Rekrutmen Bersama BUMN

Adapun jadwal tes yang akan dilangsungkan untuk para peserta yang lolos seleksi administrasi akan dijadwalkan atau akan berlangsung pada tanggal 19 sampai dengan 24 Mei mendatang

Dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh BUMN bersama bahawa baik itu trial tes, TKD ataupun core values yang akan dilangsungkan mereka harus memperhatikan beberapa perangkat yang harus dipersiapkan.

Persiapan Perangkat Test Baik Trial Test, TKD dan Core Values

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dimiliki seorang peserta untuk melakukan ujian secara daring adalah sebagai berikut:

Pertama, seorang peserta diwajibkan untuk menggunakan komputer, laptop maupun PC yang dilengkapi dengan web camera yang nantinya dengan kamera tersebut bisa memonitoring langsung para peserta apakah sesuai dengan foto yang mereka kumpulkan

Kedua, Seorang peserta tidak diperkenankan untuk menggunakan perangkat seperti tablet, ponsel maupun smartphone untuk ujian secara daring ini

Ketiga, Software yang dibutuhkan untuk dapat akses ke ujian wajib menggunakan browser terbaru baik itu menggunakan google chrome yang sudah diupdate atau menggunakan firefox pada versi terbarunya.

Status Pekerjaan di Rekrutmen Bersama BUMN

Adapun status pekerjaan nantinya akan disesuaikan dengan apa yang telah dirilis oleh masing-masing BUM, apakah itu akan bekerja sebagai tetap ataupun kontak di Anak perusahaan ataupun cucu perusahaannya

Gajidi Rekrutmen Bersama BUMN

Sementara itu untuk aturan gaji yang diberikan, bagi yang mereka nantinya lulus tes maka akan diinformasikan setelah mereka menandatangani kontrak dan aturan gajinya akan mengikuti aturan perusahaan yang mereka lamar. Selain aturan gaji mereka juga akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal ataupun transportasi bagi mereka yang memang sesuai dengan tanda tangan kontrak dan semua itu mengikuti aturan perusahaan yang tersedia untuk 50 perusahaan dengan 2.700 posisi jabatan.

Wajibkah Ujian Uji Coba di Rekrutmen Bersama BUMN? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5