Universitas Surya Terlilit Utang Kepada Pihak Bank Mandiri Sebesar Rp. 16 Miliar

Bingkaiberita.com– Yohanes Surya sebagai pendiri universitas surya masih antusias bahwa kampusnya tersebut dapat bangkit kembali, Professor Fisika terkenal yang mampu mencerdaskan anak papua ini merasa antusias walaupun sejulah mahasiswa dan dosen telah meninggalkannya. Beberapa orang tua mahasiswa telah memindahkan anaknya lantaran kampus tersebut terlilit utang seperti yang dikatakan oleh Sri.

Sri suri tak sendiri memindahkan anaknya ke kampus lain, ada beberapa orang tua wali mahasiswa yang juga turut memindahkan anak-anak mereka untuk pindah kampus karena kawatir melihat masa depan anaknya. Jikalau kampus tersebut gulung tikar.

Kampus tersebut telah memulai perkuliahan sejak tahun 2013 bulan september, kewajiban kampus membayar sebesar Rp 16 Milyar kepada pihak bank mandiri tersebut dari hasil kredit tanpa agunan yang pengajuannya dilakukan eh orang tua mahasiswa yang berupa student loan.

Dari data yang telah dirangkum oleh pihak Bank Mandiri sendiri bahwa student loan tersebut mencapai Rp 43, 5 milyar dari 300 orang tua. Seperempat dari total mahasiswa di Universitas Surya sebanyak 1.247 orang. Sehingga tidak hanya kampus yang membayar, orang tuapun ikut terseret karena kredit tanpa anggunan atas peersetujuan orang tua.

Danang sebagai salah seorang orangtua mahasiswa mengaku bahwa pihak kampus dan bank Mandiri mengatakan pengajuan KTA ini merupakan sebuah formalitas, namun kampuslah yang berutang kepada pihak bank, untuk membayar semua tagihan karena penandatangan Kredit tanpa anggunan senilai Rp 144 juta yang diberikan mahasiswa merupakan beasiswa penuh dan persyaratan wajb adalah penandatangan kredit tanpa anggunan tersebut.

Doktor lulusan College of Willian and Mary Virginia, Amerika Serikat Yohanes Surya ini merasa optimis akan dapat mengatasi masalah lembaga perguruan tingginya dan sebentar lagi masalah keuangan lembaga universitas surya akan bangkit. Semoga optimisme Yohanes Surya dapat membuahkan hasil, dan universitasnya dapat kembali bangkit. Universitas surya ini terletak di kawasan Serpong, Tangerang selatan, Banten.

Universitas Surya Terlilit Utang Kepada Pihak Bank Mandiri Sebesar Rp. 16 Miliar | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5