Tunjangan Kemahalan, Tunjangan Profesi Kapan Diterima?

Siapa yang tidak mengenal tunjangan PNS Guru? Pegawai negeri ini memiliki beberapa tunjangan-tunjangan. Apalagi jika mereka berada di daerah terpencil, namun kurangnya adalah pembayaran tunjangan yang selalu telat. Mungkin tidak hanya PNS saja yang mendapatkan tunjangan kemahalan, lauk pauk ataupun profesi, melainkan setiap guru yang statusnya honor daerah, guru bantu yang telah ditetapkan dan sudah tercantum namanya di pemerintah kabupaten berhak mendapatkan honor  tunjangan ini.

Tunjangan kemahalan ini memiliki indeks pembayaran dalam mata uang indonesia sesuai dengan wilayahnya atau daerah masing-masing penugasan seorang guru. Hal ini sesuai dengan harga sembako ataupun makanan pokok yang berada di daerah tersebut. Walaupun anda berada di daerah Indonesia bagian tengah ataupun barat harganya kurang lebih berbeda dengan yang berada di daerah timur.

Demo-Guru

Sistem Penggajian Seorang Pegawai Negeri Sipil (guru) sudah ditetapkan dalam implementasi PP No.7 Tahun 1977 ( tentang, penghasilan sah pns yang terdiri dari gaji pokok yang diterima setiap bulannya dari Pemerintah daerah, kenaikan gaji berkala, kenaikan gaji istimewa, tunjangan, serta honorarium).

Dalam hal ini sistem penggajian yang ada di Indonesia juga berdasarkan atas jabatan struktural dan masa kerja sehingga besar kemungkinan bahwa gaji pokok seseorang ditentukan oleh faktor golongan ataupun jabatan. Sistem penggajian yang seperti ini dirasa sudah sesuai dengan aturan. Seorang guru dituntut menjadi profesional dengan didasari oleh sertifikat pendidik. Namun, apalah daya apakah sertifikat tersebut mampu menjadikan murid dan siswa di Indonesia dapat memenuhi kriteria grade yang sama dengan kota besar di Indonesia.

Bagaimana dengan anda apakah juga ingin mendapatkan tunjangan tersebut? Jika anda ingin mendapatkan tunjangan kemahalan, lauk pauk bisa anda dapatkan di daerah terpencil karena harga kebutuhan pokoknya jauh lebih besar dari pada di Pulau Jawa. Adapun tunjangan profesi dapat diterima ketika anda sudah mengikuti profesi pendidikan guru selama satu tahun.

Besaran gaji Tunjangan Kemahalan & Tunjangan Profesi kapan dibayarkan?

Pembayaran tunjangan kemahalan dan Profesi ini dibayarkan ketika anda sudah ditetapkan sebagai guru sekolah baik mengampu guru bidang studi ataupun mapel dan guru kelas yang sudah tercantum di Dapodik baik Dasar maupun menengah? Bagaimana cara pengisian Dapodik! Pengisiannya bisa mengikuti aturan dari operator sekolah, jika belum ada guru yang menjadi operator anda bisa menyuruh orang lain untuk menjadi operator sekolah yang ditetapkan oleh kepala sekolah melalui Surat Kuasa.

Tunjangan Kemahalan, Tunjangan Profesi Kapan Diterima? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5