Tragedi Perang Kesultanan Sulu VS Malaysia

Tragedi Perang Kesultanan Sulu VS Malaysia – Secara historis bahwa wilayah yang diperbutkan antara kesultanan sulu dan malaysia merupakan salah satu bagian dari wilayah kesultanan brunai yang diberikan kepada kesultanan sulu filipina, karena telah meredakan gejolak warga sipil di wilayah sabah.

Kesultanan sulu  filipina tetap Memperjuangkan negri yang telah menjadi warisan ribuan tahun dari kesultanan brunai. Negri jiran Malaysia ini merupakan salah satu negara yang adikuasa yang ingin merebut beberapa wilayah negara-negara tetangga salah satu contohnya yaitu wilayah perbatasan indonesia dengan malaysia, sipadan ligitan yang merupakan wilayah indonesia yang direbut oleh malaysia pada waktu lalu. dan sekarang kesultanan sulu filipina dijajah dan direbut oleh Malaysia Akan tetapi kesultanan sulu filipina berjuang habis-habisan untuk memperjuangkan wilayah mereka.

kesultanan sulu vs malaysia

Tragedi Perang Kesultanan Sulu Vs Malaysia ini menyebabkan beberapa orang diantaranya mati, diakibatkan penembakan yang terjadi terhadap pasukan malaysia terhadap pasukan filipina dan diduga atau diklaim bahwa pasukan yang telah tewas akibat tragedi perang tersebut ada 61 pasukan dari kesultanan sulu dan 8 polisi militer dari negri jiran  sejak dari 1 maret terakhir.

Tragedi ini telah berlanjut selama bertahun tahun karena negri jiran telah mengakui wilayah kesultanan suku filipina sebagai sabah dan serawak pada masa sekarang akan tetapi kesultanan filipina tidak mau kalau wilayah mereka diakui oleh bangsa lain yang telah menjadi satu satunya warisan dari kesultanan brunai .

Apakah indonesia juga akan seperti filipina? apabila indonesia terjajah dan diambil sebagian dari wilayahnya akan berjuang mengambil haknya dan mengangkat martabatnya seperti orang-orang filipina yang pemberani ini, meskipun harus berjuang mati matian demi negara dan wilayahnya ini.

 

 

Tragedi Perang Kesultanan Sulu VS Malaysia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5