Tragedi Papua, Insiden Pembakaran Masjid Saat Idul Fitri

 

Tragedi Papua

Tragedi Papua/detik.com

Bingkaiberita.com – Insiden Pembakaran masjid ditanah papua saat idul fitri di Tolikara, Papua menimbulkan kericuhan dan kerusuhaan. Aksi pembakaran masjid oleh masyarakat Papua dinilai mengurangi kerukunan dan toleransi anatar umat beragama. Para jamah yang akan menunaikan sholat Idul Fitri tercengang ketika masjidnya dibakar. Para jama’ah langsung diungsikan ke Koramil 1702 seperti yang iungkapkan oleh Komjen Agus Rianto.

” Aksi kekerasan yang terjadi di Papua ini berlangsung saat Idul Fitri dengan diwarnai pembakaran Masjid sebelum jama’ah menunaikan Sholat Idul Fitri. Kemudian para Jama’ah diungsikan ke Koramil Terdkat, Ungkap Komisaris Jendral Agus Rianto Sebagai Kepala pada devisi penerangan Mabes Polri, Jum’at (17/7/2015).

Tidak ada korban saat pembakaran masjid itu, namun hal itu dapat menyulutkan warga yang berama muslim terhadap warga non muslim, dan aparat kepolisian telah melakukan penjagaan saat ini.

Dalam hal ini belum diketahui mengapa masjid yang berada di Tolikara dibakar, Aparat kepolisian masih menunggu konfirmasi dan laporan yang lebih lengkapnya. Aksi pembakaran ini juga banyak dibicarakan di media sosial, dan komentarpun banyak berdatangan, semoga hal itu tidak dicatat sebagai provokasi persoalan dan menimbulkan kericuhan.

Imbauan juga datang dari Din Syamsudin agar kerusuhan yang terjadi di papua ini tidak meluas dan juga agar pembakaran masjid yang terjadi di papua untuk diserahkan kepada pihak kepolisian. Semoga penyerangan yang terjadi di Papua dapat diusut segera oleh pihak kepolisian.

Tragedi Papua, Insiden Pembakaran Masjid Saat Idul Fitri | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5