Latihan Test Toefl Bersertifikat Online

Bingkaiberita.com, Test Toefl Online – Hegemoni dunia global telah melekat pada kehidupan sekarang. Ditambah dengan perkembangn  ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu kontributif di setiap bidang, secara tidak langsung telah menuntut manusia untuk terus update sehingga tidak ketinggalan pemikiran. Siapa yang lemah diprediksi akan amat sulit untuk sekedar bernafas. Fakta menunjukkan, pada jaman kapitalisme ini kepandaian akan menjadi raja untuk menguasai semua aspek tanpa mengenal sosial. Tendensi yang sangat tinggi ini akan terus berlangsung dan tidak terelakkan lagi. Solusinya, diharapkan setiap individu wajib terus belajar tanpa mengenal kata malas.

Dari realita tersebut memicu timbulnya banyak sekali regulasi seakan untuk menyeleksi kemampuan manusia agar dapat bertahan hidup. Salah satunya yang paling besar terjadi pada bidang komunikasi. Dewasa ini, hubungan antar negara yang tiada batas muntlak membuat masyarakat harus bisa memahami bahasa negara lain. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling penting untuk dipelajari karena menjadi bahasa pemersatu dunia. Peraturan untuk mengetahui individu mana yang menguasai bahasa Inggris juga sudah terapkan, salah satu yang paling kredibel adalah tes TOEFL.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan dalam bidang bahasa Inggris style Amerika yang difungsikan untuk syarat masuk ke universitas, perusahaan, atau lembaga lain. Lebih jauh saat ini TOEFL juga diperlukan untuk sesi kenaikan pangkat, acuan kelulusan, mekanisme rekrutmen, dan lain sebagainya.

Pada intinya ujian ini sangat disarankan bagi peserta yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris termasuk Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh, perlu diketahui bahwa tes TOEFL ini berpusat di kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia. Di Indonesia, waktu ini hanya beberapa universitas dan lembaga resmi yang dipercaya untuk mengadakan test TOEFL.

TOEFL dikenal sangat sulit serta mempunyai tingkatan level diatas tes-tes bahasa Inggris lain. Hal ini dikarenakan materi yang diujikan murni sesuai dengan budaya bahasa Inggris gaya (Amerika). Keakuratan test ini tidak diragukan lagi dengan sistem tes yang dibagi dalam beberapa model. Tes TOEFL terdiri dari dua model yaitu Computer-based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-based Testing merupakan tes yang memakai media komputer. Skor penilaian model ini berada pada kisaran 216-677. Sedangkan Paper Based Testing yaitu tes yang mamakai kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan model ini berada pada kisaran 450-550 ke atas. Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum), versi PBT (Paper-Based Test).

Pada umumnya tes ini berdurasi sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 sesi, yaitu:

  • Listening comprehension,
  • Grammar structure and written expression
  • Reading comprehension
  • Writing

Peserta dituntut untuk mendapat skor yang tinggi karena semua lembaga memasang grade masing-masing, tergantung kebutuhan universitas atau tempat kerja. Hal inilah yang membuat para peserta wajib belajar mempersiapkan ketrampilan dan pengetahuan bahasa Inggris.

Ternyata ada rahasia besar untuk mencapai skor tinggi. Metode ini murni berkualitas tanpa pakai cara-cara manipulasi ataupun rekayasa. Berikut metode yang dimaksud dan telah terbukti jenius untuk meningkatkan skor TOEFL berdasakan penelitian dan pengalaman.

  • Mempelajari soal-soal TOEFL yang pernah diujikan
  • Menganalisa jenis-jenis soal disertai pembahasannya
  • Menguasai tips dan trik untuk menjawab soal
  • Berlatih menggunakan media pembelajaran

Untuk mempermudah teknik-teknik tersebut sekarang telah banyak disediakan buku-buku panduan soal atau latihan TOEFL. Buku yang terbilang bagus bahkan menyediakan CD Software dan Audio Listening sebagai simulasi mengerjakan TOEFL. Beberapa trik juga diajarkan untuk mempermudah dalam menjawab soal.

Buku-buku tersebut dapat ditemukan di Gramedia dan percetakan lain. Khusus pembelian buku secara online juga telah tersedia, salah satu yang paling terkenal dan lengkap di bukupanduansoal.com

test toefl

test toefl

Latihan Test Toefl Bersertifikat Online | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5